Comscore Tracker

Hindari Skimming, Ini 6 Tips Simpel & Aman Tarik Tunai di ATM

Mau aman enggak mesti ribet kok guys!

Mengambil uang di ATM pasti menjadi rutinitas yang hampir setiap hari kita lakukan. Walaupun sekarang sudah banyak yang menerapkan pola transaksi cashless, tapi rasanya masih ada yang kurang saja kalau kita enggak megang uang kes di dompet. Enggak salah sih karena di luar sana pun masih banyak warung atau pedagang kaki lima yang cuma bisa bertransaksi secara kes.

Tapi sadar enggak sih kalau sebetulnya rutinitas menarik uang di ATM itu membawa beragam risiko. Selain risiko kartu tertelan atau lupa menarik kartu ATM saat selesai mengambil uang, risiko menjadi korban tindak kejahatan skimming juga bisa terjadi.

Skimming sendiri bukan model kejahatan yang baru. Ini adalah tindak pencurian informasi kartu debit. Biasanya skimming dilakukan oleh penjahat dengan menempelkan alat skimmer atau perekam di slot mesin ATM. Kalau kartu ATM kita sudah terekam oleh alat itu, bisa-bisa si pelaku sangat mudah untuk menguras seluruh uang di rekening kita.

Pastinya kamu enggak mau dong menjadi korban skimming? Makanya, agar terhindar dari hal tersebut kamu perlu untuk mengikuti 6 tips simpel dan aman bertransaksi di ATM .

1. Ambil uang di ATM yang terdapat petugas keamanan

Hindari Skimming, Ini 6 Tips Simpel & Aman Tarik Tunai di ATMPexels.com/Pixabay

Ada banyak mesin ATM yang tersebar. Tapi untuk menghindari berbagai tindak kejahatan carilah mesin ATM yang terdapat petugas keamanan di sana. Paling tidak, terdapat satu security yang bertugas menjaga mesin ATM. Keberadaan petugas tentu akan meminimalisir adanya oknum yang ingin melakukan tindak kejahatan seperti menempelkan skimmer di mesin ATM.

Bila di sekitar tempat tinggal tidak ada mesin ATM yang dijaga oleh petugas, paling tidak carilah yang ramai atau terdapat banyak orang di sana. Dan kalaupun memilih mesin ATM di dalam mini market, lebih baik carilah yang menaruh mesinnya di bagian depan. Bukan bagian belakang yang kadang sangat sepi orang berlalulalang atau jauh dari pengawasan orang-orang.

2. Pastikan tidak ada yang mencurigakan di mesin ATM

Hindari Skimming, Ini 6 Tips Simpel & Aman Tarik Tunai di ATMFestivalcitylink.com

Menjadi manusia peka itu bukan hanya dituntut saat kamu sedang jalan sama gebetan. Tapi juga saat mau ambil uang di mesin ATM. Sebelum memasukkan kartu, enggak ada salahnya buat kamu mengamati dulu mesin ATM. Kira-kira ada yang mencurigakan atau enggak.

Untuk hal-hal yang mencurigakan di ATM bisa kamu lihat mulai dari stiker bank yang ada di mesin ATM. Biasanya setiap mesin ATM akan disertakan call center yang bisa dihubungi bila terjadi masalah. Misalkan Bank BCA yang akan selalu memajang call center 1500888. Kalau ternyata di ATM itu justru tercantum nomor yang berbeda, maka lebih baik segeralah cari mesin ATM lain. Karena bisa jadi mesin itu sudah diotak-atik oleh oknum.

Selain itu, kamu juga bisa mengamati penutup area keyboard. Jika goyang atau keyboard lebih keras saat ditekan, lebih baik pilihlah mesin ATM lain. Begitupun saat memasukkan kartu. Jika kartu agak sulit untuk dimasukkan dan terlalu serat, maka lebih baik segera cancel transaksi kamu.

Baca Juga: Hilang Kartu ATM? Mulai Go Cardless Pakai Fitur Terbaru BCA Mobile!

3. Tutup seluruh area keyboard saat akan menekan PIN ATM

Hindari Skimming, Ini 6 Tips Simpel & Aman Tarik Tunai di ATMlivingworld.co.id

Mungkin kebiasaan menutup area keyboard masih dianggap tidak penting dilakukan oleh sebagian orang. Padahal, hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya aksi pencurian data. Tentunya akan lebih mudah melakukan pencurian data ketika orang lain tahu PIN ATM kita.

4. Jangan pinjamkan kartu ATM kepada orang asing

Hindari Skimming, Ini 6 Tips Simpel & Aman Tarik Tunai di ATMPexels.com/Pixabay

Ada banyak modus kejahatan di luar sana yang dapat mengelabuhi kita. Karena itu kita haruslah waspada. Kewaspadaan bisa dimulai dengan tidak sembarangan memberikan kartu ATM kepada orang asing apabila terjadi kendala di mesin ATM. Apalagi kalau sampai memberikan kombinasi PIN ATM.

Karena perlu diingat bahwa tidak ada yang boleh tahu PIN ATM selain diri kita sendiri. Bahkan petugas bank pun tidak akan pernah menanyakan PIN ATM kita apabila terjadi kendala. Makanya, jangan asal percaya ke orang lain yang bermaksud memberikan bantuan sekalipun mengatasnamakan petugas bank dengan meminta PIN ATM.

5. Gantilah PIN ATM secara berkala

Hindari Skimming, Ini 6 Tips Simpel & Aman Tarik Tunai di ATMPexels.com/Black ice

Salah satu cara untuk bisa menghindari kasus pencurian data adalah dengan rutin mengganti PIN ATM. Paling tidak rutinlah mengganti PIN ATM setiap 3 bulan. Kenapa perlu rutin mengganti PIN ATM? Karena kita tidak tahu di manakah potensi orang lain dapat mencuri data kita setiap kali kita menggesekkan kartu ATM ke mesin EDC maupun memasukkannya ke mesin ATM.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pun pernah mengatakan bahwa rutin mengganti PIN ATM adalah hal paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindari pencurian data.

6. Manfaatkan fitur Cardless di BCA Mobile

Hindari Skimming, Ini 6 Tips Simpel & Aman Tarik Tunai di ATMYouTube.com

Tapi selain cara-cara di atas, ada satu cara yang paling simpel dan aman. Di mana tarik tunai bisa #DibikinSimpel karena enggak perlu pakai kartu lho! Jadi sekarang bukan cuma zamannya cashless di gerai tapi juga sudah Cardless di ATM. Wow! Keren, ‘kan?

Sebagai informasi, Bank BCA menjadi salah satu bank yang sudah bisa menerapkan Cardless sehingga bikin kamu bisa benar-benar lebih aman untuk tarik tunai di ATM. Enggak cuma tarik tunai, tapi setor tunai juga bisa lho.

Untuk bisa mengambil uang atau tarik tunai tanpa kartu ini juga mudah. Yang pasti kamu harus terdaftar dulu sebagai nasabah Bank BCA. Kemudian sudah mengunduh dan menginstall aplikasi BCA Mobile di smartphone kamu. Setelah itu ikuti langkah berikut ini:

Masuk ke aplikasi BCA Mobile -> pilih menu Cardless -> pilih menu Tarik Tunai -> pilih rekening sumber dana dan nominal uang yang dingin ditarik -> masukkan PIN mBCA dan kamu akan mendapatkan pesan berisi 6 digit kode transaksi.

Kemudian pergilah ke ATM BCA terdekat. Setelah berada di depan ATM, kamu cukup menunggu tulisan “Transaksi Tanpa Kartu” muncul pada layar. Setelah itu, masukkan nomor handphone yang kamu daftarkan untuk BCA Mobile dan 6 digit kode transaksi. Ingat ya, kode transaksi ini tidak boleh diketahui orang lain sebelum kamu gunakan. Karena itu kode untuk menarik uang dari ATM. Hal lain yang perlu diingat, kode transaksi hanya berlaku selama satu jam setelah kamu mendapatkan kode tersebut dari BCA mobile.

Terus bagaimana cara untuk setor tunai tanpa kartu? Caranya gampang juga kok. Langkahnya seperti ini:

Masuk ke aplikasi BCA Mobile -> pilih menu Cardless -> pilih menu Setor Tunai -> pilih rekening yang akan dituju -> input PIN mBCA dan kamu akan mendapatkan 6 digit kode transaksi -> setelah itu pergilah menuju ATM BCA terdekat. Untuk langkah di mesin ATM BCA sama seperti saat kamu akan terik tunai.

Dengan Cardless ini pastinya transaksi tarik tunai maupun setor tunai kamu semakin aman. Karena sudah enggak ada lagi kecemasan kartu ATM tertelan atau menjadi korban skimmer. Malahan, Cardless ini juga bisa jadi solusi bagi kamu yang mau tarik tunai tapi lupa enggak bawa dompet. Jadi sudah enggak ada lagi tuh bikin malu diri sendiri di depan gebetan karena kelupaan bawa dompet.

BCA memang benar-benar tahu banget fitur yang cocok untuk generasi simpel seperti kita. So, masih mikir apalagi? Buruan install aplikasi BCA Mobile dan #JoinGenerasiSimpel dengan manfaatin beragam fitur yang menawarkan kemudahan dari BCA sekarang guys!

Baca Juga: Praktis & Anti Ribet, 5 Keuntungan Buka Tabungan Baru via BCA Mobile

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya