Comscore Tracker

Tips Investasi Kripto saat Harganya Anjlok, Jangan Langsung Panik!

Jangan langsung angkat kaki dari kripto

Jakarta, IDN Times – Dalam beberapa waktu terakhir, harga koin kripto anjlok. Bahkan, koin Terra Luna hancur lebur karena sempat tidak bisa diperjualbelikan karena nilainya yang turun drastis.

Co-Founder Ternak Uang Timothy Ronald, berbagi ilmunya untuk menghadapi kondisi tersebut ketika diwawancarai oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno di kanal YouTube miliknya.

Menurut Timothy, ada sejumlah alasan mengapa harga kripto bisa anjlok. Salah satunya yakni karena dipengaruhi oleh kesadaran para pemain kripto itu sendiri.

“Jadi dulu orang menilai kripto merupakan aset kelas lain untuk diversifikasi. Tapi yang terjadi sekarang ini, mereka mulai menyadari bahwa kripto itu erat kaitannya dengan visi dan teknologi. Jadi kalau NASDAQ jatuh, kripto pasti ikut jatuh. Jadi artinya, kripto sangat berkorelasi dengan NASDAQ,” jelas Timothy.

Berikut adalah sejumlah hal yang perlu dilakukan ketika harga kripto anjlok menurut Timothy.

Baca Juga: Apa itu Stablecoin? Aset yang Mengguncang Pasar Kripto

1. Jangan langsung angkat kaki

Tips Investasi Kripto saat Harganya Anjlok, Jangan Langsung Panik!ilustrasi cryptocurrency (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Timothy, meskipun pasar kripto saat ini sedang anjlok, ia tetap melihat masih ada peluang investasi di sektor ini. Hanya saja, ia menyebut cara ‘bermainnya’ harus berbeda.

Namun, ia juga mengatakan bahwa seperti di bursa investasi lainnya, tidak ada jaminan jika para pemain kripto selalu mendulang cuan.

2. Pilih waktu pembelian

Tips Investasi Kripto saat Harganya Anjlok, Jangan Langsung Panik!ilustrasi cryptocurrency (IDN Times/Aditya Pratama)

Atas dasar tidak adanya jaminan itu, Timothy mengatakan ada strategi yang perlu dilakukan, yakni mencoba melakukan pembelian di waktu yang tepat.

Timothy menyebut pemilihan waktu untuk membeli dan menjual aset kembali menjadi penentu keuntungan yang didapat.

Baca Juga: Jumlah Perempuan yang Investasi Kripto di Indodax Meningkat

3. Ada potensi kripto bangkit

Tips Investasi Kripto saat Harganya Anjlok, Jangan Langsung Panik!Ilustrasi Bitcoin (Twitter.com/bitcoin)

Timothy berpendapat Bitcoin adalah koin kripto paling aman yang saat ini bisa dijadikan sebagai investasi. Pasalnya, mata uang kripto yang satu ini sudah bisa dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah di dalam kehidupan nyata.

Ia juga menyebut bahwa meskipun saat ini pasar kripto tengah lesu, kemungkinan kripto untuk bangkit masih terbuka, meski dengan kondisi tertentu.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan saat Harga Kripto Anjlok

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya