Comscore Tracker

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk Menjalankannya

Apakah kamu cocok menjadi seorang entrepreneur?

Entrepreneur adalah seseorang yang mampu memberikan ide baru dan inovasi baru sehingga mampu membuat perubahan baru terhadap usaha yang sedang digeluti. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat menjadi entrepreneur, karena tidak semua orang memiliki karakter yang kuat untuk menghadapi kesulitan di awal-awal membangun sebuah usaha.

Selain itu, menjadi seorang entrepreneur pun harus memiliki bakat tertentu karena modal berupa uang saja tidaklah cukup. Untuk mengetahui apakah kamu dapat menjadi seorang entrepreneur atau tidak, ketahui terlebih dahulu delapan tipe entrepreneur berdasarkan bakat yang cocok untuk menjalankannya. Mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Adviser Entrepreneur

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk MenjalankannyaUnsplash/Hunters Race

Tipologi yang masuk ke dalam entrepreneur tipe ini antara lain pengacara, akuntan, dan perencana keuangan. Untuk bayarannya akan didapatkan setelah mereka memberikan nasihat. Tidak sampai situ, diperlukan pula status pendidikan yang tinggi dan pengalaman yang banyak. Seseorang yang cocok untuk menjalankannya adalah ia yang memiliki bakat command, discipline, analytical, relation, responsibility, dan deliberative.

2. Caretaker Entrepreneur

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk MenjalankannyaUnsplash/Andrew Neel

Seseorang dapat dikatakan sebagai Caretaker Entrepreneur apabila memiliki passion dalam melanjutkan bisnis yang telah dirintis. Walaupun begitu, diperlukan pula kesabaran dan kemampuan mendidik serta memelihara. Jadi, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang cocok untuk menjalankannya adalah ia yang memiliki bakat discipline, belief, dan responsibility.

3. Broker Entrepreneur

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk MenjalankannyaUnsplash/Annie Spratt

Kemampuan yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang Broker Entrepreneur adalah mampu berkomunikasi dengan baik, karena tugasnya adalah membantu orang lain dalam menemukan produk atau layanan yang dibutuhkan. Untuk bayarannya yaitu berdasarkan jam kerja, biaya flat, atau persentase dari harga jual produk atau layanan tersebut. Salah satu contohnya yaitu agen real estate. Seseorang yang cocok untuk menjalankannya adalah ia yang memiliki bakat input, relation, command, dan responsibility.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jadi Pengusaha Dibandingkan Pekerja Kantoran, Tertarik?

4. Social Entrepreneur

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk MenjalankannyaUnsplash/Annie Spratt

Sesuai dengan namanya, tipe entrepreneur ini diisi oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan dan kepedulian terhadap isu-isu sosial namun dibarengi oleh semangat dalam membangun usaha. Kemampuan paling utama yang harus dimiliki ialah mampu membuat rencana secara detail dan mampu mengajak orang lain untuk bergabung. Seseorang yang cocok untuk menjalankannya adalah ia yang memiliki bakat command, relation, dan communication.

5. Owner Entrepreneur

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk MenjalankannyaUnsplash/Icons8 team

Tipe entrepreneur ini diisi oleh orang-orang yang memiliki keyakinan tinggi terhadap kemampuannya dalam melipatgandakan modal kerja. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan melakukan investasi. Seseorang yang cocok untuk menjalankannya adalah ia yang memiliki bakat self-assurance, analitycal, dan input.

6. Seller Entrepreneur

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk MenjalankannyaUnsplash/Austin Distel

Ketika mendengar namanya, sudah dapat dipastikan bahwa entrepreneur tipe ini diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dalam mempromosikan produk. Tetapi di samping itu, diperlukan pula kesabaran dan konsistensi. Seseorang yang cocok untuk menjalankannya adalah ia yang memiliki bakat command, communication, relation, achiever, dan responsibility.

7. Builder Entrepreneur

7 Tipe Entrepreneur Berdasarkan Bakat yang Cocok untuk MenjalankannyaUnsplash/Li Lu

Orang-orang yang membuka usaha dengan memanfaatkan kemampuannya adalah pengisi entrepreneur tipe ini. Contohnya seperti tukang kayu, tukang pipa, dan tukang listrik. Seseorang yang cocok menjalankannya adalah ia yang memiliki bakat activator, achieve, maximizer, dan responsibility.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jadi Pengusaha Dibandingkan Pekerja Kantoran, Tertarik?

Sipa Aryanti Photo Writer Sipa Aryanti

Writing is one way to be known to the world.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya