Comscore Tracker

6 Tips Mengembangkan Tokoh Cerita Fiksimu Agar Lebih Real

Jangan pusing-pusing lagi ya

Kamu gemar menulis cerpen? Senang menulis naskah drama? Atau malah sedang menyelesaikan naskah novel perdana kamu? Setiap penulis fiksi pasti memiliki kesulitan saat merangkai ceritanya sendiri. Apalagi jika dihadapkan untuk mendeskripsikan tokoh-tokoh ciptaanmu.

Seringnya, penulis merasa karakter sang tokoh tidak begitu kuat. Apalagi kalau cerita yang kalian tulis adalah cerita fantasi. Wah, jangan sampai tokoh yang kalian ciptakan malahan klise. Kali ini ada enam tips mengembangkan tokoh fiksimu. Semoga membantu!

1. Deskripsikan ciri-ciri fisiknya dengan detail

6 Tips Mengembangkan Tokoh Cerita Fiksimu Agar Lebih RealUnsplash.com/Kaitlyn Baker

Jangan hanya menulis 'dia berambut pendek berwarna cokelat' atau 'dia memiliki mata berwarna biru'. Cobalah mendeskripsikan ciri-ciri fisik tokohnya lebih spesifik, seperti model rambutnya, bentuk wajahnya, dan ciri khas fisik lainnya. Contohnya, kamu bisa menulis 'rambutnya berwarna cokelat mahoni, agak keriting di bagian bawah, dan berpotongan model bob ber-layer sepanjang pundak'.

Contoh lainnya, kamu bisa menambahkan ciri-ciri fisik khusus seperti tulang pipi yang tinggi, alis tebal, wajah berbentuk hati, atau bahu yang lebar. Kamu bisa juga melibatkan perasaan seseorang saat melihat fisik tokoh ciptaanmu. Misalnya, kamu bisa menulis 'matanya menyiratkan ketakutan yang terselubung meski ia memiliki tatapan yang tegas'.

Atau, kamu bisa menciptakan tokoh yang punya senyum getir setiap saat. Tips ini juga membantu kamu membayangkan tokohmu lebih intens.

2. Buatlah daftar sifat dan sikap tokohmu 

6 Tips Mengembangkan Tokoh Cerita Fiksimu Agar Lebih RealUnsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Buatlah daftar sifat dan sikap tokohmu sebanyak-banyaknya agar kamu semakin menyelami tokohmu sendiri. Sifat dan sikap bisa kamu temukan di dunia nyata. Jangan membuat semua tokohmu terkesan baik. Dalam suatu cerita, pasti ada protagonis dan antagonis. Buatlah perbedaan jelas antara tokoh-tokoh protagonis dan antagonismu.

3. Tambahkan kebiasaan unik tokohmu

6 Tips Mengembangkan Tokoh Cerita Fiksimu Agar Lebih RealUnsplash.com/Aaron Burden
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

Ketika seseorang datang di kehidupan kita, orang itu akan membawa kebiasaan-kebiasaan yang ikut memengaruhi kita. Sejatinya manusia adalah makhluk hidup, maka ia bergerak dan berpengaruh. Tulislah satu atau dua kebiasaan khas tokoh kamu agar dia kelihatan menonjol.

Kamu juga bisa terinspirasi dari orang-orang di sekitarmu. Misalkan, kamu membuat tokoh yang suka mencabuti serat jeruk sebelum memakannya, mendorong gagang pintu dengan siku, atau menepuk-nepuk bantal sebelum tidur.

4. Bisa juga kamu buat gambar visualnya

6 Tips Mengembangkan Tokoh Cerita Fiksimu Agar Lebih RealUnsplash.com/Neven Krcmarek

Bagi kamu yang hobi menggambar atau melukis, langkah ini sangat efektif dalam meenuangkan bayangan tokohmu ke atas kertas. Satu gambar mewakili seribu kata. Kamu bisa membuat ilustrasi sederhana tokohmu agar kamu mengingatnya dengan jelas. Bahkan, kemampuan membuat ilustrasi sangat berguna jika kamu memerlukan cover untuk ceritamu di website. Selain lebih orisinal, kamu pun akan merasa lebih bangga dengan karyamu.

5. Bayangkan kamu adalah 'Dia'

6 Tips Mengembangkan Tokoh Cerita Fiksimu Agar Lebih RealUnsplash.com/Thought Catalog

Berandai-andailah menjadi tokoh fiksimu sendiri. Jika kamu adalah dia, seperti apa dirimu? Bagaimana kamu berbicara? Bagaimana ekspresi wajahmu saat menanggapi orang lain? Istilahnya, kamu berakting menjadi tokohmu. Tuangkan segera hasil imajinasimu ke atas kertas.

6. Gambarkan dalam sebuah dialog

6 Tips Mengembangkan Tokoh Cerita Fiksimu Agar Lebih RealUnsplash.com/Lukas Blazek

Tips yang terakhir adalah langkah alternatif dalam menciptakan karakter tokohmu. Karakter seseorang dapat dikenali dari berbagai tanggapan verbalnya. Tulislah beberapa percakapan yang menggambarkan seperti apa tokohmu dalam sebuah dialog. Apakah dia tokoh yang blak-blakan, teratur dalam menyusun kosakata, atau berbicara seadanya? Melalui dialog, kamu akan dapat merasakan karakter tokohmu lebih dalam.

Sekiranya itulah beberapa tips dalam mengembangkan karakter tokoh fiksimu. Pupuk terus semangat menulismu! Jangan sampai menyerah di tengah jalan! Yakinlah suatu saat cerita fiksimu akan rampung dan berakhir memuaskan!

Haniyafla Photo Community Writer Haniyafla

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You