Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan Pisang

Sudah tahu belum? 

Pisang merupakan jenis buah yang sering kamu jumpai sehari-hari. Pisang juga biasa menjadi buah wajib setelah mengonsumsi nasi. Namun, berapa banyak nih kamu makan pisang dalam sehari? Satu, dua, atau lebih dari itu? 

Berdasarkan anjuran dari United States Department of Agriculture, mengonsumsi pisang sebaiknya dua buah dalam sehari. Jika lebih dari itu, maka lima hal ini bisa terjadi! 

1. Konstipasi

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan PisangMedicalnewstoday.com

Konstipasi atau susah buanh air besar bisa timbul jika mengonsumsi pisang berlebihan, apalagi pisang yang belum matang sempurna. Hal ini karena pisang mengandung banyak pati yang sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu pisang juga mengandung banyak serat pektin yang menyerap air dari usus sehingga bisa bikin sembelit. 

2. Ketidakseimbangan nutrisi

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan PisangUnsplash.com/@tomgruenbauer

Tubuh membutuhkan banyak asupan nutrisi yang saling melengkapi agar demi terciptanya metabolisme tubuh yang baik. Jika konsumsi pisang melebihi nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan. Menurut pedoman United States Department of Agriculture, sebaiknya pisang dikonsumsi dua buah per hari. 

Baca Juga: 5 Resep Camilan Bahan Dasar Pisang Hanya dengan 2 Bahan, Mudah!

3. Gangguan pencernaan

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan Pisanghealth.harvard.edu

Selain konstipasi yang telah disebutkan di atas, beberapa masalah pencernaan lain juga bisa terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi pisang. Serat yang terlalu banyak bisa membuat perut keram, menambah volume gas, hingga kembung. Selain itu, serat yang berlebihan juga mengganggu penyerapan mineral seperti kalsium dan besi. 

4. Berat badan bertambah

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan PisangInsider.com

Makan banyak pisang ternyata bisa membuat berat badan makin bertambah, lho. Hal ini karena pisang termasuk buah tinggi kalori. Mengonsumsi lebih dari dua buah pisang sehari bisa menambah 300 kalori. Bagi kamu yang punya masalah dengan berat badan, cukup dua buah sehari saja. 

5. Membuat kantuk

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan PisangUnsplash.com/Miikka Luotio

Mengonsumsi pisang terlalu banyak, maka hal lain yang bisa terjadi adalah kamu mudah merasa kantuk. Hal ini karena pisang mengandung triptofan, yaitu asam amino yang membantu proses tidur. Triptofan juga dapat memicu peningkatan produksi serotonin yang membuat mudah kantuk. 

Itu dia lima hal yang dapat terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi pisang. Yuk, ikuti anjuran mengonsumsi pisang dua buah sehari aja. 

Baca Juga: 5 Olahan Berbahan Pisang dari Berbagai Negara di Dunia, Lezat!

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya