Comscore Tracker

6 Gorengan Krispi Paling Top dari Jepang, Bisa Jadi Camilan juga Lauk

Makanan Jepang emang selalu bikin penasaran!

Jepang adalah negara yang selalu berhasil bikin jatuh cinta, apalagi soal makanannya. Mulai dari makanan manis sampai gurih, pasti gampang bikin jatuh cinta. Seperti gorengan asal Jepang yang punya tekstur krispi dan gurih, gak jauh beda dengan gorengannya Indonesia.

Di antara banyaknya savory food dan krispi asal Jepang, berikut top 6 gorengan ala Jepang yang wajib kamu coba. Bisa jadi camilan, sekaligus lauk makan!

1. Tonkatsu

6 Gorengan Krispi Paling Top dari Jepang, Bisa Jadi Camilan juga Lauktonkatsu (instagram.com/papamikeskitchen)

Tonkatsu adalah potongan daging babi yang digoreng dengan tepung roti yang pertama kali muncul di akhir abad ke-19. Siapa sangka, tonkatsu adalah yoshoku atau makanan yang dipengaruhi oleh budaya barat, lho.

Dan semakin berkembangnya zaman, tonkatsu jadi makin bervarisi seperti dimakan seperti sandwich, jadi teman makan ramen atau nasi, dan dituang dengan saus miso kental. Ada juga yang makan tonkatsu sebagai katsu karē. 

2. Tempura

6 Gorengan Krispi Paling Top dari Jepang, Bisa Jadi Camilan juga Lauktempura (instagram.com/deannawoo)

Gorengan ala Jepang yang satu ini pasti pernah kamu makan, tempura namanya. Dibuat dari cumi-cumi, kerang, udang, atau sayuran seperti jamur shiitake, terong, asparagus, yang dilumuri adonan tepung kemudian digoreng sampai keemasan.

Kunci dari tempura yang renyah tapi gak bikin sakit gigi adalah adonannya yang terdiri dari tepung, telur, dan air, ditambah dengan aneka penyedap supaya lebih lezat. Tempura pertama kali muncul pada abad ke-16 dan tetap populer sampai sekarang. 

3. Kaarage

6 Gorengan Krispi Paling Top dari Jepang, Bisa Jadi Camilan juga Laukkaarage (instagram.com/beforelisaeats)

Banyak yang mengira bahwa kaarage adalah ayam yang digoreng krispi dengan adonan tepung. Padahal, kaarage adalah teknik memasak itu sendiri. Nah, dan ayam tanpa tulang adalah variasi kaarage yang paling populer.

Biasanya bagian ayam yang digunakan adalah bagian paha yang direndam dengan aneka bumbu, dicelupkan ke tepung kentang, dan dilapisi tepung roti. Dagingnya yang juicy dan bagian luar yang renyah, bikin anak-anak suka banget dengan makanan satu ini. 

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia Ini Ternyata Mirip Kuliner Jepang, Suka Mana?

4. Korokke

6 Gorengan Krispi Paling Top dari Jepang, Bisa Jadi Camilan juga Laukkorokke (instagram.com/dmotoji)

Kalau di Indonesia ada kroket, gorengan yang dibuat dari kentang tumbuk. Di Jepang ada korokke yang mirip kroket tapi merupakan campuran antara kentang tumbuk, daging cincang, aneka seafood, dan sayuran.

Awalnya, korokke diperkenalkan di Jepang pada tahun 1887 dan kian populer sampai sekarang bisa ditemukan dengan mudah di supermarket atau toko makanan pinggir jalan. Harganya yang affordable dengan ukuran besar, banyak mahasiswa Jepang menjadikan korokke sebagai teman belajar yang menunda lapar. 

5. Tendon

6 Gorengan Krispi Paling Top dari Jepang, Bisa Jadi Camilan juga Lauktendon (instagram.com/shermansfoodadventures)

Tendon adalah gorengan yang memadukan antara tempura dan donburi. Hidangan ini biasanya terdiri dari seafood atau sayuran yang digoreng sampai keemasan dan renyah. Umumnya sih terdiri dari udang atau ebi, sementara sayuran yang banyak digunakan adalah terong, lobak, dan labu.

Nah, setelah digoreng sampai matang, tendon akan diletakkan di atas nasi yang masih hangat dan disiram dengan saus umami. Namun, ada juga yang memisahkan antara tendon dan saus, sehingga tinggal dicelup. Yummy!

6. Ebi Furai

6 Gorengan Krispi Paling Top dari Jepang, Bisa Jadi Camilan juga Laukebi furai (instagram.com/kamakoko)

Ebi furai adalah udang besar yang dicelupkan ke dalam adonan telur, tepung panko, lalu digoreng sampai kering. Ebi furai juga termasuk dari yoshoku, makanan yang terinspirasi dari budaya barat dan sudah ada sejak tahun 1860-an.

Bahkan, ebi furai termasuk dalam golongan meibutsu, yaitu makanan terkenal yang berkaitan dengan suatu daerah. Dan udang goreng ini adalah hidangan populer dari Nagoya.

Itulah enam gorengan paling terkenal dan punya cita rasa yang renyah dari Jepang. Beberapa makanan bahkan kini bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Duh, jadi pengin makan semua ya?

Baca Juga: 5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo Jepang

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya