Comscore Tracker

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Buah Salak

Bisa mencegah pikun juga lho guys

Salak adalah buah milik keluarga Arecacea yang merupakan tanaman asli Sumatra Selatan dan Jawa barat daya. Buah salak ini, dibudidayakan di daerah lain sebagai tanaman pangan lho, dan ternyata telah dinaturalisasi di beberapa daerah, seperti Sulawesi, Bali, Lombok Timur, Maluku.

Buah salak juga dilaporkan dinaturalisasi oleh negara tetangga lho, yaitu Malaysia. Buah dengan nama ilmiah Salacca zalacca ini, tekstur kulit buahnya bersisik seperti kulit ular, dan berwarna coklat kemerahan. Namun, salak memiliki rasa yang cukup unik, yaitu daging buahnya rasanya manis melebihi rasa madu, namun juga sedikit asam, seperti nanas.

Terlepas dari fakta bahwa daging buahnya memiliki rasa yang cukup unik, ternyata buah salak merupakan sumber nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik, seperti beta-karoten, vitamin C, zat besi, serat makanan, fosfor, kalsium, karbohidrat, antioksidan, dan bahan aktif, yang secara keseluruhan mampu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Nah, berikut ini 5 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah salak.

1. Membantu meningkatkan daya ingat

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Buah Salakhealthncure.org

Selain terkenal dengan sebutan snake fruit, karena kulit buahnya yang bersisik seperti ular, ternyata buah salak juga mendapat sebutan 'Memory fruit ' lho. Ada sebabnya lho mengapa buah salak mendapatkan sebutan 'Memory of fruit'. Yaitu karena kandungan mineral, dan bahan aktif yang terdapat di dalam buahnya, seperti beta-karoten, pektin, dan potasium yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak, yang ternyata dapat meningkatkan kognisi dan juga daya ingat (memori). Selain itu, buah salak juga mampu menurunkan resiko penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson dan Alzheimer.

2. Menurunkan resiko degenerasi makula dan menghambat perkembangan katarak

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Buah Salakplimbi.com

Buah salak gak hanya dapat membantu meningkatkan daya ingat saja, namun juga baik untuk kesehatan mata, sehingga dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan perkembangan katarak. Kandungan beta-karoten yang terdapat pada daging buah salak, berperan sebagai antioksidan yang mampu untuk meningkatkan kesehatan mata, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit degenerasi makula yang biasa terjadi karena faktor usia lanjut, dan juga mampu untuk menghambat perkembangan penyakit katarak.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinya

3. Mengontrol kadar gula darah

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Buah Salakfool.com

Kandungan serat alami yang tinggi pada buah salak, mampu untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, meski mengandung banyak karbohidrat (gula), namun serat alami tersebut mampu melawan efek dari karbohidrat tersebut, sehingga dapat terhindar dari lonjakan gula darah. Selain itu, kandungan Pterostilbene yang terdapat pada daging buah salak, mampu untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Mencegah anemia

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Buah Salakdraxe.com

Buah salak juga kaya akan zat bezi, yang merupakan mineral yang sangat penting, yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat anemia, kelelahan yang cukup parah dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, konsumsilah buah salak dengan jumlah secukupnya agar dapat terhindar dari anemia, kelelahan, dan penyakit lainnya.

5. Meningkatkan stamina

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Buah Salakmedicalnewstoday.com

Ternyata, mengonsumsi buah salak gak hanya mampu untuk mencegah anemia saja, namun juga mampu lho untuk meningkatkan stamina. Kandungan kalium dan protein yang terdapat pada buah salak, mampu untuk meningkatkan stamina.

Nah, itulah lima manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari buah salak. Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetap konsumsi yang sewajarnya saja, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahui

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You