Comscore Tracker

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!

Karbohidrat tetaplah dibutuhkan tubuh meski sedang diet

Makanan dengan kandungan karbohidrat rendah dan protein tinggi populer dijadikan menu makanan diet. Alasannya karena makanan tinggi protein lebih lama dicerna, sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama dan karbohidrat yang rendah membuat tambahan lemak di tubuh tidak banyak.

Jika ingin memilih diet tinggi protein dan rendah karbohidrat, namun masih bingung makanan apa yang dikonsumsi, berikut ini rekomendasi 7 makanan tinggi protein yang rendah karbohidrat.

1. Dada ayam

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!besthealthmag.ca

Dada ayam sudah sangat terkenal sebagai makanan yang memiliki protein tinggi. Dalam 300 gram dada ayam terdapat sekitar 20 gram protein dan tanpa adanya karbohidrat.

Agar semakin bagus, untuk menu diet dada ayam bisa dimasak tanpa digoreng bisa dengan di kukus, rebus, atau panggang.

2. Telur

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!amindfullmom.com

Telur bisa dijadikan menu sarapan diet yang bagus dengan direbus. Satu butir telur rebus mengandung 6 gram protein dan hampir tidak ada karbohidrat.  Protein yang ada pada telur merupakan jenis protein yang mudah diserap tubuh. Selain itu telur juga kaya akan kandungan gizi.

3. Kacang kenari

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!exclusive.multibriefs.com

Dalam 100 gram kacang kenari ada sekitar 15 gram protein dan karbohidrat yang dimiliki hampir sama dengan protein. Kacang kenari kaya akan lemak yang menyehatkan jantung, yang membuatnya bisa jadi cemilan sehat.

Baca Juga: Tidak Melulu Sayur, 7 Makanan Enak Ini Boleh Dikonsumsi Saat Diet!

4. Brokoli

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!besthealthmag.ca

Ingin sayuran hijau yang kaya akan protein? Brokoli bisa jadi pilihan. Meskipun kandungan karbohidratnya lebih banyak, tapi brokoli memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin C, A, E , dan K, serat dan glukorafanin yang merupakan senyawa alami pencegah kanker.

5. Tahu

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!v-spot.co.uk

Tahu yang berasal dari kacang kedelai ini banyak mengandung protein dan tahu bisa diolah jadi berbagai hidangan lezat. Dalam 100 gram tahu terkandung 10 gram protein dan hampir tidak ada karbohidrat.

6. Ikan tuna

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!therecipecritic.com

Tuna salah satu ikan tanpa lemak terbaik, karena tidak memiliki kandungan karbohidrat. Dalam 100 gram tuna terdapat 30 gram protein.

7. Edamame

7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!pennmedicine.org

Edamame kacang jenis polong yang kaya akan protein cocok sebagai tambahan di sebuah hidangan atau cemilan. Menikmati edamame bisa dilakukan dengan mudah bisa direbus atau dikukus dan ditamburkan garam. Dalam 100 gram edamame terkandung 12 gram protein dan 10 gram karbohidrat.

Nah, itulah rekomendasi 7 makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat yang bisa jadi menu diet. Namun, bagi yang memiliki masalah dengan kesehatan jantung dan ginjal harus menghindari diet ini. Sebaiknya berkonsultasilah lebih dahulu dengan ahli gizi sebelum melakukan diet.

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Manfaat yang Bisa Didapat dari Diet Basa atau Diet Alkaline

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya