Comscore Tracker

5 Olahan Kepala Ikan Khas Masakan Nusantara, Bikin Makan Nambah Terus!

Ada sayur asam khas Banjar yang terbuat dari kepala ikan!

Ikan merupakan salah satu hewan laut yang terkenal dengan sejuta manfaat yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu tidak heran apabila banyak sekali rujukan untuk mengonsumsi ikan agar tubuh kita memiliki vitamin yang terpenuhi.

Meski demikian biasanya nelayan atau pemasok ikan hanya menggunakan daging mereka untuk dijual di pasaran, sementara beberapa bagian lebih banyak disingkirkan atau dijual dengan harga di bawah rata-rata.

Padahal Indonesia sendiri memiliki kekayaan kuliner yang bahkan bisa menjangkau berbagai bagian dari ikan, salah satunya adalah kepala ikan. Ada lima olahan kepala ikan yang cocok disajikan sebagai teman makan nasi yang bikin makan nambah terus. Apa saja?

1. Gulai kepala ikan kakap

5 Olahan Kepala Ikan Khas Masakan Nusantara, Bikin Makan Nambah Terus!unileverfoodsolutions.co.id

Ikan kakap merupakan salah satu hasil laut yang banyak dicari di Indonesia. Selain dikonsumsi oleh warga lokal, ikan kakap kerap menjadi media perputaran ekonomi untuk diekspor ke luar negeri. Ikan jenis ini memiliki banyak tipe dan yang paling populer ialah kakap merah.

Sebagai ikan yang melimpah di dalam negeri, kakap senantiasa mudah ditemukan terutama jika kita berkunjung ke kawasan yang dekat dengan aktivitas nelayan atau di sekitaran pantai. Daging ikan sendiri sering diolah menjadi masakan seperti asam manis atau pindang.

Nah, sudah bukan rahasia bahwa keseluruhan dari ikan kakap adalah kesukaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan tidak cuma dagingnya, kepala ikan kakap pun sering menjadi buruan terutama di restoran-restoran khas Sumatera.

Kawasan tersebut dikenal dengan makanan penuh rempah-rempah dengan cita rasa bumbu amat pekat, maka enggak heran kalau kepala ikan kakap cocok disajikan berdasarkan olahan asal Sumatera, seperti dijadikan gulai.

Dengan proses pemasakan seperti ini, kepala ikan yang terkenal amis tidak perlu menjadi kekhawatiran lagi. Sebab, gulai cenderung akan meresap sampai ke dalam bagian kepala ikan sehingga gulai tetap nikmat dikonsumsi bersama nasi tanpa takut bau amisnya akan tercium.

2. Mangut kepala manyung

5 Olahan Kepala Ikan Khas Masakan Nusantara, Bikin Makan Nambah Terus!cookpad.com/Tutik_bundaananhaydar

Ikan manyung adalah salah satu hewan air yang biasanya sering diawetkan dengan cara pengasinan. Hasil pengawetan tersebut akan berbuah menjadi ikan asin yang kita kenal sebagai jambal roti, yaitu salah satu ikan asing paling mahal yang ada di Indonesia.

Sementara dagingnya diasinkan, maka kepala ikan mayung biasanya akan disisihkan untuk diasap agar kemudian bisa diolah menjadi hidangan lain yang tidak kalah enak, salah satunya adalah dibuat sebagai mangut.

Mangut sendiri merupakan cara pemasakan khas Jawa Tengah yang serupa dengan gulai. Namun mangut lebih memiliki cita rasa antara pedas dan sangat pedas sebagai ciri khas kuah yang menyelimuti kepala ikan tersebut.

Jadi, hidangan ini sangat cocok disantap oleh kamu pencinta makanan penuh cabai. Konsentrasi kuah mangut dapat disesuaikan dengan selera, bisa kental bisa juga agak cair. Begitu pun dengan warna kuah mangut, semakin merah maka akan semakin tinggi tingkat kepedasan kuah yang disantap.

Baca Juga: 5 Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara Dipecak, Tertarik Mencoba? 

3. Asam pedas kepala ikan tongkol

5 Olahan Kepala Ikan Khas Masakan Nusantara, Bikin Makan Nambah Terus!cookpad.com/Cici

Ikan tongkol menjadi salah satu ikan paling terkenal di Indonesia. Hasil laut yang satu ini biasanya dijual dalam kondisi segar, sudah diasinkan, diasap, atau dipindang. Beragam olahan ikan tongkol juga senantiasa menghiasi dapur-dapur keluarga di Tanah Air, maka tidak heran kalau ikan tongkol menjadi bahan pangan ekonomis yang mudah ditemui.

Jika selama ini kita hanya dikenalkan pada dagingnya yang padat serta lembut, maka dalam dunia kuliner, kepala ikan tongkol juga menjadi sebuah bahan penting yang bisa diolah menjadi aneka masakan khas Nusantara.

Minangkabau merupakan tempat lahirnya aneka teknik masak yang membumi di Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah asam pedas atau asam padeh. Teknik pemasakan asam padeh biasanya hanya memiliki sedikit kuah dibanding teknik pemasakan lain. Namun meski sedikit, kuah tersebut tetap kaya rasa.

Nah, ketika membeli ikan tongkol berukuran besar, biasanya pembelian tersebut sudah sepaket dengan daging serta kepala ikan. Daripada kepala ikan terbuang percuma, lebih baik kamu olah menjadi asam manis kepala ikan tongkol yang cocok disajikan bersama nasi hangat di musim hujan.

4. Sup kepala salmon

5 Olahan Kepala Ikan Khas Masakan Nusantara, Bikin Makan Nambah Terus!maggi.ph

Salmon adalah ikan yang lahir di air tawar sebelum akhirnya bermigrasi ke laut dan merupakan salah satu target buruan nelayan. Ikan salmon dikenal dengan segudang manfaat yang menyertai, sehingga tidak heran apabila ikan ini dipatok dengan harga cukup tinggi di pasaran.

Daging salmon sendiri banyak digunakan untuk masakan-masakan Asia dan Eropa, beberapa yang paling terkenal adalah sashimi, salmon steak lemon sauce, mentai, sampai salmon grilled.

Namun ada bagian penting dari ikan yang gemar bermigrasi ini dan biasanya diedarkan dengan harga lebih murah dibanding dagingnya sendiri, baik itu di pasar ikan maupun supermarket, bagian tersebut adalah kepala salmon. 

Olahan kepala salmon yang populer di dalam negeri adalah sup kepala ikan salmon, berbeda dari ketiga olahan yang telah disinggung sebelumnya, sup kepala ikan salmon biasanya tidak mengandung santan sehingga kuahnya lebih bening dan encer.

Selain itu, kebanyakan sup kepala ikan salmon lebih cenderung memuat rasa gurih dan segar karena banyak menggunakan bahan-bahan penambah rasa asam seperti lemon, jeruk nipis, dan tomat.

5. Gangan asam kepala patin

5 Olahan Kepala Ikan Khas Masakan Nusantara, Bikin Makan Nambah Terus!cookpad.com/Lingga Kitchen

Ikan patin ialah salah satu jenis tangkapan laut yang paling digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya untuk mereka yang tinggal di kawasan pesisir. Patin sendiri memiliki tekstur daging yang lembek dan ringan sehingga ia cocok diolah dengan cara disup.

Selain daging ikan, bagian dari kepala ikan patin juga tidak kalah populer terutama di kalangan pencinta makanan laut. Hal ini ditunjukkan dari terkenalnya olahan kepala ikan patin yang salah satunya masih eksis di kawasan Kalimantan.

Gangan asam kepala ikan patin, gangan asam adalah sebuah prosesi pemasakan khas Kalimantan dengan menggunakan aneka bumbu dan air agar bahan baku yang dimasak menjadi berkuah.

Bisa dibilang, gangan asam sendiri adalah sayur asam khas Kalimantan, terutama daerah Banjar. Cita rasa yang disuguhkan oleh gangan asam sendiri cenderung gurih, asam, dan segar, cocok buat kamu yang tidak terlalu suka kuah yang berat.

Nah, itu dia kelima olahan kepala ikan khas Nusantara yang bikin makan nambah terus, berbagai olahan Nusantara memang selalu menyajikan hidangan yang menitikan air liur, ya. Kira-kira dalam waktu dekat ini kamu hendak coba mengolah kepala ikan menjadi masakan apa?

Baca Juga: 5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Mudah Hancur dan Matangnya Merata

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya