Comscore Tracker

5 Olahan Es Krim Goreng yang Meleleh di Mulut, Buruan Bikin!

Seperti apa ya rasanya es krim goreng?

Es krim senantiasa disajikan dalam kondisi dingin, bersama aneka topping dan waffle cone. Makanan lembut ini sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Menariknya lagi, es krim juga bisa dikreasikan menjadi sajian serba goreng, lho.

Macam-macam es krim goreng tersebut sudah tertuang di dalam lima opsi berikut ini jadi buat kamu yang penasaran dengan kudapan yang dimaksud. Simak sampai tuntas ya!

1. Es krim goreng klasik 

5 Olahan Es Krim Goreng yang Meleleh di Mulut, Buruan Bikin!ilustrasi es krim goreng klasik (pixabay.com/Leonhard Niederwimmer)

Es krim goreng klasik menjadi kudapan yang paling dasar dalam membuat makanan unik ini. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak kalah sederhana sehingga bisa kamu buat kapan saja ketika waktu istirahat sedang senggang.

Untuk membuatnya, es krim perlu dimasukkan ke dalam freezer agar mudah dibentuk serupa bola. Kemudian masukkan ke dalam adonan tepung dan celupkan pada kocokan telur. Terakhir, balurkan ke dalam tepung roti. Masak adonan sampai permukaan menjadi kecokelatan.

2. Es krim goreng roti tawar 

5 Olahan Es Krim Goreng yang Meleleh di Mulut, Buruan Bikin!ilustrasi es krim goreng roti tawar (pixabay.com/TheUjulala)

Kedua, ada olahan es krim goreng yang masih sama-sama menggunakan bantuan dari bahan tertentu untuk mencegah kebocoran adonan ketika dimasak. Meski begitu, sajian ini bakal terasa semakin nikmat karena ada penambahan saus manis yang bikin fresh.

Untuk proses pembuatan, hanya perlu dimasukkan ke dalam roti tawar dan dibalut tepung-tepungan. Kemudian siapkan minyak, lalu masak sampai permukaan keemasan. Selanjutnya, sisipkan gula bubuk serta saus stroberi sebagai pelengkap. 

Baca Juga: 5 Kedai Es Krim di Semarang, Ada yang Eksis Sejak Masa Kolonial 

3. Es krim goreng balut cokelat 

5 Olahan Es Krim Goreng yang Meleleh di Mulut, Buruan Bikin!ilustrasi es krim goreng balut cokelat (pexels.com/Rawan Jo)

Sebagai pencinta makanan serba cokelat, menjadikan bahan baku ini sebagai pendamping es krim bukanlah sesuatu yang berbeda. Justru kombinasi keduanya akan sukses membuat olahan semakin terdepan dan menggugah lidah siapa saja.

Kali ini, es krim yang telah dilumuri tepung dan digoreng juga bisa disajikan serupa. Bedanya, kamu hanya perlu melelehkan cokelat, lalu celupkan es krim goreng yang sudah matang ke dalamnya hingga semua bagian terlapisi dengan baik.

4. Es krim goreng tortilla bowl 

5 Olahan Es Krim Goreng yang Meleleh di Mulut, Buruan Bikin!ilustrasi es krim goreng tortilla bowl (pexels.com/Jeswin Thomas)

Es krim goreng juga punya banyak cara untuk divariasikan biar gak gampang bosan. Tidak cuma langsung dimakan selepas dimasak, melainkan dapat juga dikreasikan terlebih dahulu biar komposisi sajian ini semakin berwarna.

Bila umumnya es krim dimakan bareng waffle cone, sekarang kamu dapat menggunakan bowl dari tortilla sebagai pengganti. Tinggal sisipkan es krim goreng dan es krim aneka rasa, tambahkan saus manis dan buah-buahan biar makin lengkap.

5. Es krim goreng salted caramel

5 Olahan Es Krim Goreng yang Meleleh di Mulut, Buruan Bikin!ilustrasi es krim goreng salted caramel (unsplash.com/Charles "Duck" Unitas)

Perpaduan antara es krim goreng dengan saus manis bakal bikin makanan ini bertransformasi menjadi sangat menarik. Begitu pun apabila hidangan tersebut dipertemukan bersama salted caramel yang punya rasa nano-nano.

Proses pembuatan salted caramel ini didukung dari campuran gula pasir, krim, mentega, dan garam laut untuk menambahkan sensasi asin. Setelah karamel jadi, siram ke atas es krim goreng yang sudah dimasak sebelumnya.

Es krim goreng adalah salah satu terobosan nyentrik dalam dunia kuliner yang menarik untuk dicoba. Selamat mencobanya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Es Krim dan Gelato Paling Enak di Bogor

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya