Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie, Bikin Ketagihan!

Pencinta mie yuk merapat! #LokalIDN

Bangka Belitung bukan saja punya banyak objek wisata menarik tapi juga kuliner khas yang menggugah selera lho. Provinsi yang berdekatan dengan laut ini punya beragam olahan makanan berbahan seafood. 

Salah satu yang unik adalah beberapa pengolahan mie yang juga dikreasikan dengan seafood. Inilah yang buat banyak pengunjung selalu penasaran untuk mencicipinya.

Nah, berikut hidangan berbahan dasar mie yang bisa kamu nikmati di Bangka Belitung. Simak yuk! 

1. Lakso

5 Hidangan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie, Bikin Ketagihan!instagram/eddriantjhia

Hidangan pertama yang terinspirasi dari spagetti ini disebut lakso atau lakse oleh orang bangka belitung. Bentuknya unik dengan mie yang tebal dibentuk menjadi buntel-buntel sebelum dimakan. 

Orang Melayulah yang pertama kali memperkenalkan makanan ini. Namun kemudian dikembangkan oleh orang Tionghoa. Biasanya, lakso akan dinikmati bersama dengan kuah sup gangan. 

2. Mie Ayam Bangka

5 Hidangan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie, Bikin Ketagihan!instagram/mahasiswakulineran

Meskipun sering disamakan dengan mie ayam pada umunya, mie ayam bangka punya keunikan tersendiri lho. Mie yang digunakan bertekstur lebih kenyal dan ditambahkan tauge yang menambah cita rasa unik mie satu ini. 

Ada banyak warung yang menjual mie ayam bangka dan bahkan sudah ada di beberapa daerah di Indonesia. Soal cita rasa, tentu mie ayam bangka akan terasa berbeda dan lebih nikmat lho. 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Bangka Belitung, Nikmat dan Menggugah Selera

3. Pantiaw

5 Hidangan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie, Bikin Ketagihan!instagram/iwanlaksmana

Hampir sama dengan kwetiau, pantiaw punya bentuk mie pipih namun disajikan dengan cara yang berbeda. Bahan yang digunakan untuk membuat mie kenyal pantiaw ini adalah tepung beras atau tepung gandum. 

Pantiaw disajikan dengan bumbu yang terbuat dari ikan giling dan dituang ke atas mie. Biasanya, pantiaw dimakan kering atau bisa juga menggunakan kuah bakwan rebus. 

4. Mie Koba

5 Hidangan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie, Bikin Ketagihan!instagram/yulichia88

Secara tampilan mie koba hampir terlihat sama dengan mie kuah atau mie ayam. Namun rupanya kuah dari mie koba ini menggunakan olahan ikan tenggiri dengan rasa yang gurih banget.

Disajikan dengan bahan pelengkap lainnya seperti bawang goreng, telur, dan perasan jeruk nipis untuk menambah kelezatan kuahnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan mie koba di warung-warung yang ada di bangka belitung lho. Maknyus! 

5. Mie Belitung

5 Hidangan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie, Bikin Ketagihan!instagram/miss_kuliner

Mie belitung ini merupakan sajian mie yang paling favorit di bangka belitung lho. Berbahan dasar mie kuning, kuah dari kaldu ini terbuat dari kaldu udang yang dicampur dengan rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan merica. 

Untuk menambah cita rasa, biasanya mie belitung ditambahkan udang, taburan emping, dan kentang rebus. Siapa saja yang mencicipi pasti gak akan bisa berhenti makan deh! 

Itulah hidangan khas Bangka Belitung berbahan dasar mie yang bisa kamu jajaki kalau berkunjung. Mana nih yang bikin penasaran? 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Makan Mie Kocok di Bandung, Raos Pisan!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya