Comscore Tracker

5 Jajanan Khas Cilacap yang Enaknya Kebangetan!

Kamu akan dibikin jatuh cinta meski sekali coba #LokalIDN

Jajanan menjadi salah satu kuliner yang bisa digunakan untuk mengganjal perut. Setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai camilan khas, salah satunya adalah Cilacap.

Beragam kuliner khas Cilacap dapat kamu nikmati dan tentunya mempunyai rasa yang nikmat. Sajian ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas untuk dibawa pulang. Penasaran apa saja camilan khas Cilacap? Yuk, simak artikel di bawah ini.

1. Lanthing khas Cilacap

5 Jajanan Khas Cilacap yang Enaknya Kebangetan!lanthing khas Cilacap (instagram.com/missyuusnack)

Lanthing adalah kuliner sejenis makanan ringan dengan rasa yang gurih dan renyah. Jajanan ini berbentuk kecil dan menggunakan singkong sebagai bahan utamanya.

Sajian ini dikatakan sebagai makanan unik karena biasanya bahan singkong dipakai untuk membuat keripik atau makanan tradisional. Tetapi produsen menyulapnya menjadi camilan dengan rasa yang lezat dengan cara membentuk adonan kecil-kecil, kemudian melubangi bagian tengahnya.

2. Thempleng Cilacap

5 Jajanan Khas Cilacap yang Enaknya Kebangetan!thempleng Cilacap (instagram.com/komukinofest)

Thempleng adalah nama lain rempeyek. Ini adalah makanan ringan yang pas banget menemanimu ketika bersantai dengan keluarga ataupun menjadi lauk makanan.

Bahan-bahan pembuatannya antara lain tepung beras yang dikombinasikan dengan bumbu khas yang nikmat, kemudian digoreng dengan menggunakan api yang sedang. Rasanya yang gurih dan renyah, tentu bikin ketagihan sekali coba. 

Terdapat banyak jenis rasa thempleng yang bisa menjad pilihan seperti rasa kacang, teri, kedelai, rebon, dan kacang hijau. Tiap rasa tentu mempunyai ciri khas tersendiri.

Baca Juga: Wisata Havana Hills Cilacap: Lokasi, Rute, Harga, dan Aktivitas Seru

3. Tempe dages

5 Jajanan Khas Cilacap yang Enaknya Kebangetan!tempe dages (instagram.com/karangpucunginfo)

Tempe dages berasal dari olahan tempe seperti mendoan, namun berbeda pada bahan utamanya. Tempe yang digunakan berbahan dasar ampas tahu yang berbentuk kotak, dengan warna keabuan yang dibuat dari kedelai untuk olahan tahu. Sementara mendoan dibuat dari tempe pada umumnya.

Untuk cara membuatnya, tempe dilumuri dengan tepung yang telah dicampur bumbu rempah, yang mencakup bawang putih, garam, ketumbar dan kunyit. Kemudian digoreng hingga teksturnya kering atau krispi.

4. Manggleng singkong

5 Jajanan Khas Cilacap yang Enaknya Kebangetan!manggleng singkong (instagram.com/kartikakatering)

Banyak camilan khas Cilacap yang terbuat dari singkong, salah satunya adalah manggleng. Selain dijadikan camilan, kuliner ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Dalam proses pembuatannya, singkong direbus terlebih dahulu, kemudian diiris tipis-tipis, lalu dijemur sampai kering. Setelahnya singkong dikombinasikan dengan bumbu racik, lalu digoreng hingga matang.

Terdapat dua macam varian rasa yang dapat dipilih, yaitu rasa gurih asin dan manis pedas.

5. Tempe mendoan Cilacap

5 Jajanan Khas Cilacap yang Enaknya Kebangetan!tempe mendoan Cilacap (instagram.com/dimitryutami)

Mendoan menjadi salah satu camilan yang banyak ditemukan di berbagai daerah. Cilacap pun mempunyai tempe mendoan khas yang tentunya tak kalah lezat dengan daerah lainnya.

Kuliner ini mempunyai rasa yang gurih dan membuat orang ingin terus mengunyahnya, apalagi bila dinikmati bersamaan dengan sambal. Hidangan ini dibuat dengan tempe, tepung, dan bumbu rempah pilihan. Proses pembuatannya pun sederhana seperti menggoreng gorengan pada umumnya.

Nah, beberapa jajanan khas Cilacap di atas, bisa menjadi inspirasi untuk camilan di rumah. Enaknya kebangetan, lho!

Baca Juga: 5 Tempat Angker di Cilacap yang Terkenal Dengan Cerita Hantunya

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya