Comscore Tracker

5 Ragam Olahan Ikan dan Daging Khas Jawa Timur, Rasanya Istimewa!

Cita rasanya maknyus, pasti bikin kamu ketagihan

Makanan khas Jawa Timur sangatlah beragam. Banyak di antaranya yang sukses menarik hati warga yang berada di luar wilayah tersebut seperti olahan ikan dan daging yang memiliki cira rasa yang tak tertandingi.

Olahan ikan ini bisa berupa lele dan wader. Sedangkan olahan dagingnya adalah bebek, ayam, hingga kambing yang diracik dengan bumbu yang membuatnya semakin lezat. Bila penasaran, berikut lima olahan ikan dan daging khas Jawa Timur yang menggugah selera.

1. Lodho ayam

5 Ragam Olahan Ikan dan Daging Khas Jawa Timur, Rasanya Istimewa!lodho ayam (instagram.com/rosita.suroso)

Lodho ayam bisa menjadi makanan pertama asal Jawa Timur yang siap memanjakan lidahmu. Hidangan yang lezat ini sudah sangat populer di seluruh Jawa. Makanan khas Tulungagung, Jawa Timur ini bahkan mudah ditemukan saat menginjakkan kaki ke wilayah ini.

Bahan utamanya dibuat dari ayam yang dimasak dengan resep dan bumbu secara turun temurun dengan cita rasa yang tak perlu diragukan lagi. Hidangan ini terdiri dari dua jenis masakan yaitu dengan menggunakan kuah encer atau kuah kental.

2. Sate madura

5 Ragam Olahan Ikan dan Daging Khas Jawa Timur, Rasanya Istimewa!sate madura (instagram.com/sydhikdeanlimargana)

Sate madura tak hanya terkenal di Jawa Timur saja, di berbagai daerah lainnya juga telah mudah ditemukan. Tak hanya menggunakan daging ayam, hidangan ini juga bisa terbuat dari daging kambing. 

Umumnya proses pemanggangannya memakai batok kelapa. Hal tersebut menghasilkan rasa yang lebih nikmat dan menggugah selera. Untuk menambah rasa, penikmatnya bisa menambahkan bawang merah mentah atau yang telah digoreng yang kemudian ditaburkan di atasnya. 

Baca Juga: Resep Bumbu Sate Madura yang Sedap, Bisa Jadi Ide Jualan Nih!

3. Bebek sinjay

5 Ragam Olahan Ikan dan Daging Khas Jawa Timur, Rasanya Istimewa!bebek sinjay (instagram.com/bebeksinjaymadura)

Hidangan selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah bebek sinjay yang tentu wajib dicoba bagi pencinta bebek. Hidangan ini dapat dinikmati ketika berwisata di Bangkalan, tepatnya di kawasan Madura.

Kuliner ini akan semakin menggoyang lidah saat disantap bersamaan dengan nasi hangat dan kremesan. Selain itu, tambahan mangga muda di dalam sajian juga melengkapi cita rasanya. Tak sampai di situ, dagingnya yang empuk juga menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak wisatawan yang memburunya.

4. Sambel wader

5 Ragam Olahan Ikan dan Daging Khas Jawa Timur, Rasanya Istimewa!sambal wader (instagram.com/sulistyoweni77)

Sambel wader merupakan makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari olahan ikan. Kuliner ini dapat dengan mudah ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur. Wader sendiri adalah salah satu jenis ikan yang dapat ditemukan di sungai.

Ikannya memang berukuran kecil, namun rasanya sungguh nikmat, apalagi dipadukan dengan rasa sambalnya yang sukses bikin ngiler. Di samping itu, terdapat pula beragam ikan-ikan lainnya yang dapat dinikmati dalam satu porsi sajian. 

5. Pecel lele

5 Ragam Olahan Ikan dan Daging Khas Jawa Timur, Rasanya Istimewa!pecel lele (instagram.com/rezabukan)

Pecel lele adalah salah satu hidangan yang dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Biasanya makanan ini dijual ketika malam hari dan mudah ditemukan di warung-warung atau restoran.

Makanan ini sendiri menjadi menu khas daerah Lamongan, Jawa Timur. Penikmatnya akan merasakan kelezatan lele goreng yang ditambahkan dengan nasi dan sambal. Tempe, tahu, dan lalapan bisa menjadi pelengkap hidangan ini.

Sebagin olahan ikan dan daging khas Jawa Timur ini bisa dengan mudah kamu temukan di luar Jawa Timur. Jadi, tak usah jauh-jauh ke sana ya bagi kamu yang tidak berdomisili di wilayah ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pecel Lele Paling Autentik di Jakarta

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya