Comscore Tracker

5 Sandwich Populer Prancis yang Nikmat dan Nyaman di Perut

Porsi pas untuk menu sarapan yang lezat!

Sandwich adalah salah satu varian olahan roti yang paling terkenal di Eropa. Biasanya, hidangan satu ini disantap sebagai menu sarapan. 

Sandwich juga mempunyai isian yang beragam dan terkadang disesuaikan dengan selera pembuatnya. Salah satu negara yang mempunyai beraneka ragam sandwich untuk dicicipi adalah Prancis.

Berikut 5 sandwich populer Prancis yang nikmat dan nyaman di perut. Bisa kamu buat juga di rumah, lho!

1. Croque-monsieur

5 Sandwich Populer Prancis yang Nikmat dan Nyaman di Perutcroque-monsieur (papillesetpupilles.fr)

Croque-monsieur merupakan sandwich klasik yang terdiri dari irisan tipis ham dan keju leleh yang diselipkan di antara dua potong roti.

Jika ingin mencicipi croque otentik, keju yang digunakan adalah jenis gruyere. Selanjutnya, sandwich perlu ditumis dengan mentega sampai berwarna cokelat keemasan. 

2. Jambon-beurre

5 Sandwich Populer Prancis yang Nikmat dan Nyaman di Perutjambon-beurre (instagram.com/sandwich.tv)

Jambon-beurre merupakan salah satu sandwich paling populer di Prancis. Bahkan lebih dari 1 miliar sandwich ini dijual di Perancis pada tahun 2013 saja.

Bahan utama pembuatan sandwich adalah baguette, ham, dan mentega terbaik. Berkat sandwich ini, Prancis adalah satu-satunya negara di dunia, di mana sandwich dapat menandingi atau bahkan melampaui penjualan hamburger.

Baca Juga: 5 Sandwich Khas Kuba yang Bikin Ketagihan Sekali Coba!

3. Merguez frites

5 Sandwich Populer Prancis yang Nikmat dan Nyaman di Perutmerguez frites (instagram.com/dghennie)

Merguez frites merupakan street food yang cukup populer di Prancis. Sandwich ini terdiri dari baguette yang diisi dengan sosis domba merguez yang dipanggang. Sosis tadi dicampur dengan jinten, harissa, dan tumpukan pommes frites. 

Selain bahan-bahan tersebut, beberapa orang juga suka menambahkan saus tomat atau mustard dijon sebagai tambahan agar sandwich lebih nikmat.

4. The welch

5 Sandwich Populer Prancis yang Nikmat dan Nyaman di Perutthe welch (leitesculinaria.com)

The welch atau welsh merupakan sandwich  yang dibuat dengan merebus bir dan keju cheddar dalam panci. Campuran tersebut ditambahkan di atas sepotong roti panggang dan ham.

Untuk menambah kelezatan pada sandwich, biasanya ditambahkan dengan satu sendok teh mustard dan telur goreng di atasnya.

5. Pan-bagnat

5 Sandwich Populer Prancis yang Nikmat dan Nyaman di PerutPan-bagnat (instagram.com/panbagnatfesta)

Pan-bagnat merupakan sandwich khas Nice. Sandwich ini terdiri dari roti bundar dengan bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut.

Bagian dalam ini diisi dengan salad niçoise yang juga merupakan makanan khas lainnya dari Nice. 

Selain disantap sebagai menu sarapan, sandwich ini juga menjadi makanan pokok makan siang di Nice maupun di seluruh Prancis.

Selain dijadikan menu sarapan, sandwich asal Prancis ini juga nikmat dijadikan camilan untuk menemani waktu bersantai. Dari kelima roti isi di atas, mana yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: 5 Sandwich Khas Portugal untuk Inspirasi Menu Sarapan, Simpel!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya