Comscore Tracker

Beda dari Biasanya, Ini 6 Jenis Roti Tawar Berdasarkan Bahannya

Dari yang terbuat dari tepung gandum hingga tepung jagung  

Roti tawar merupakan pengganti menu utama di berbagai manca negara, bahkan ada yang menggunakannya sebagai menu utama untuk sarapan di setiap pagi hari. Walaupun di Indonesia roti tawar bukanlah menu utama, tapi tak jarang juga yang memilihnya sebagai konsumsi keseharian tatkala sibuk ataupun sedang diet. Mungkin sebagian orang ada yang mengira roti tawar hanya dibuat dari tepung gandum saja. 

Eits, roti tawar juga menyajikan beberapa jenis yang menggunakan bahan utama selain tepung gandum loh. Beberapa roti tepung juga ada yang dibuat dari tepung hitam, barley, dan tepung jagung, dan bahan dasar lainnya.

Terkadang beberapa negara menggunakan bahan dasar sesuai yang dihasilkan dari negara tersebut dan memodifikasi rasa ataupun teksturnya. Lalu ada berapa jenis roti tepung yang ada di planet bumi ini? Yuk simak penjelasan di bawah.

1. Multigrain bread

Beda dari Biasanya, Ini 6 Jenis Roti Tawar Berdasarkan Bahannyaplantd.co

Ada banyak jenis roti multigrain karena berbagai kombinasi biji-bijian yang dapat digunakan untuk membuat roti tersebut. Biji-bijian sehat yang bisa digunakan untuk membuat roti ini seperti biji rami, biji labu, dan biji bunga matahari.

Berbagai biji-bijian dalam roti ini merupakan sumber vitamin dan serat kelompok B yang baik. Kamu tidak hanya mendapatkan banyak serat, vitamin, dan mineral yang dimiliki dalam roti ini, tapi kamu juga bisa mendapatkan aroma dan rasa yang bervariasi karena berbagai biji-bijian di dalamnya.

2. Sourdough bread

Beda dari Biasanya, Ini 6 Jenis Roti Tawar Berdasarkan Bahannyawww.thekitchn.com

Sourdough adalah jenis roti gandum yang menggunakan teknik “starter” atau proses fermentasi agar adonan roti lebih mengembang lagi. Starter itu sendiri adalah ragi yang terbuat dari tepung terfermentasi dan air yang mengandung ragi dan bakteri lactobacilli.

Roti ini memiliki rasa asam yang berasal dari efek asam laktat yang terbentuk selama proses fermentasi. Yang unik dari roti ini adalah teksturnya kenyal yang menambah kelezatan saat menyantap.

3. Gluten-free bread

Beda dari Biasanya, Ini 6 Jenis Roti Tawar Berdasarkan Bahannyawww.veganricha.com

Jika kamu sedang diet gluten, roti jenis ini bisa jadi pilihan terbaik untukmu. Roti tanpa gluten tersedia dalam berbagai jenis dan terbuat dari berbagai tepung seperti tepung jagung, almond, nasi, kelapa, hingga tepung kentang.

Roti bebas gluten mungkin lebih sehat daripada roti putih tradisional. Namun, beberapa jenis roti non-gluten mengandung zat aditif atau tambahan gula. Jadi, saat kamu mencari jenis roti bebas gluten ini perlu kamu periksa bahannya terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Flatbread, Roti Pipih yang Populer dan Lezat

4. Ciabatta bread

Beda dari Biasanya, Ini 6 Jenis Roti Tawar Berdasarkan Bahannyathecutlerychronicles.com

Roti tepung yang satu ini adalah salah satu jenis roti Italia yang populer diolah menjadi sandwich, panini, atau camilan panggang. Perbedaan antara roti Italia dan roti putih Prancis ini adalah penggunaan minyak zaitun dalam bahan-bahannya.

Biasanya, ciabatta memiliki kerak renyah berwarna cokelat muda dengan bagian tengah yang lembut. Karena memiliki kerak yang renyah, tidak jarang melihat lubang besar pada roti saat kamu memotongnya menjadi beberapa irisan.

5. Soda bread

Beda dari Biasanya, Ini 6 Jenis Roti Tawar Berdasarkan Bahannyathehealthytart.com

Roti soda merupakan jenis roti tepung terigu dengan campuran buttermilk. Ciri khas dari jenis roti ini adalah menggunakan soda bikarbonat sebagai pengganti ragi yang berfungsi untuk mengembangkan adonan.

Roti ini juga memiliki rasa yang unik, yaitu rasa asam yang terbentuk karena adanya penggabungan antara buttermilk dan soda. Jika beberapa roti tepung ada yang tidak aman untuk dipanggang, untuk roti ini aman kamu panggang di oven atau dengan memasaknya di wajan.

6. Rye bread

Beda dari Biasanya, Ini 6 Jenis Roti Tawar Berdasarkan Bahannyawww.goodtoknow.co.uk

Karena kandungan gandum hitamnya, roti ini merupakan jenis roti yang lebih sehat dibandingkan dengan roti yang lainnya. Dibandingkan dengan roti putih pada umumnya, rye bread memiliki karbohidrat kompleks yang baik dan kandungan seratnya yang tinggi. Oleh karena itu, makan roti ini tidak menyebabkan lonjakan tajam kadar glukosa darah karena indeks glikemiknya yang lebih rendah.

Dari semua banyak jenis roti tersebut, kamu lebih pilih yang mana nih? Selain berbeda bahan dasar pembuatannya, beberapa roti di atas juga berbeda teknik pembuatannya.

Baca Juga: Resep Roti Sobek Cokelat ala Sari Roti, Cara Bikinnya Gampang 

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Penikmat kopi pekat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya