Comscore Tracker

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya 

Pisang apa yang paling sering kamu konsumsi?

Pisang memang dekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Selain untuk konsumsi, pisang juga jadi komoditi pertanian yang bernilai jual tinggi.

Banyak sekali jenis-jenis pisang yang tumbuh di Indonesia. Apakah kamu sudah mengetahui pisang apa saja yang paling populer di Indonesia di bawah ini?

1. Pisang ambon 

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya tanamanbibit.com

Pisang jenis ini adalah pisang asli Indonesia. Kulitnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning ketika sudah matang. Pisang ambon mempunyai rasa manis dan banyak dijadikan bahan baku membuat kue oleh masyarakat Indonesia.

2. Pisang kepok

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya batamfresh.com

Pisang kepok tidak terlalu enak jika dimakan langsung. Masyarakat di Indonesia biasanya mengolah terlebih dahulu pisang jenis ini, baik direbus atau digoreng. Daging buah pada pisang ini lembut dan kenyal dengan warna kuning.

3. Pisang mas 

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya Dok. Humas Ditjen Hortikultura

Bentuk dari pisang mas kecil-kecil dan berwarna kuning polos tanpa bintik-bintik. Pisang jenis ini cocok dimakan langsung karena daging buahnya yang lembut dan manis. Pohon pisang mas cenderung lebih rendah dari pohon pisang yang lain.

Baca Juga: Resep Pisang Karamel Krispi, Camilan Manis untuk Kumpul Keluarga

4. Pisang cavendish 

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya i.pinimg.com

Pisang yang berasal dari Filipina ini banyak sekali ditemui di supermarket Indonesia. Pisang ini berwarna kuning dengan kulit tipis dan daging buah yang tebal. Dengan rasanya yang manis, pisang ini cocok untuk langsung dimakan ataupun untuk dijadikan bahan membuat kue.

5. Pisang tanduk 

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya Shutterstock.com

Sesuai namanya pisang ini memang berbentuk seperti tanduk. Pisang ini juga merupakan pisang yang paling panjang di antara pisang-pisang lainnya.

Pisang jenis ini merupakan pisang olahan. Karena daging buahnya yang keras sering kali masyarakat indonesia mengolahnya terlebih dahulu.

6. Pisang uli 

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya heytheresia.com

Pisang uli paling sering dijadikan pisang goreng oleh sebagian masyarakat Indonesia. Daging buahnya yang manis serta lembut membuatnya menjadi salah satu pisang terpopuler di Indonesia. Tidak jarang pisang jenis ini juga dijadikan bahan dasar untuk membuat kue.

7. Pisang raja 

7 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaannya garutexpress.id

Pisang raja memiliki kulit yang tebal dan kasar serta buahnya yang melengkung ke atas. Pisang raja memiliki rasa yang manis dan legit serta mengeluarkan aroma harum. Jika sudah matang kulit pisang raja akan berwarna kuning oranye.

Itu tadi pisang-pisang paling populer di nusantara. Pisang mana saja yang membuat kamu tertarik untuk menanamnya?

Baca Juga: 5 Olahan Berbahan Pisang dari Berbagai Negara di Dunia, Lezat!

shamsul bahri Photo Writer shamsul bahri

Seorang amatiran yang mencoba hobi baru sebagai penulis. Harap dimaafkan jika banyak kekurangan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya