Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! 

Belum ke Probolinggo kalau gak beli ini #LokalIDN

Probolinggo merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Timur. Kota ini tidak hanya dikenal dengan beragam destinasi wisatanya yang menakjubkan, tetapi juga oleh-oleh khasnya yang lezat, mulai dari sayuran, buah-buahan, camilan, lauk, hingga minuman.

Nah, untuk informasi lebih lengkap, yuk simak informasi oleh-oleh khas Probolinggo berikut ini.

1. Anggur Prabu Bestari

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! ayahzakky.wordpress.com

Probolinggo merupakan salah satu kota penghasil buah anggur di Indonesia. Jadi, saat berkunjung ke kota ini jangan lupa untuk membeli jenis buah anggur prabu bestari ya.

Anggur ini rasanya manis dan sedikit asam. Harganya kurang lebih Rp60.000 per kilogram.

2. Bawang Merah

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/v.mundisari

Bawang merah khas Probolinggo lebih mengkilap dan rasanya lebih pedas dibandingkan bawang merah dari daerah lain. Terdapat 3 jenis bawang merah yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh, yaitu bawang merah mentah, bawang merah goreng, dan sambal bawang merah.

Kamu bisa mendapatkannya di pasar bawang Probolinggo. Harganya sekitar Rp22.000 per kilogram untuk bawang merah mentah, Rp25.000 per 100 gram untuk bawang merah goreng, dan Rp35.000 per 140 gram untuk sambal bawang merah.

3. Keripik Kentang

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/ikicemilankuh

Keripik kentang khas Probolinggo terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kentang, tepung terigu, dan bumbu rempah-rempah. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Keripik kentang memiliki kandungan kolesterol jahat yang sangat rendah.

Dapat dibeli di toko oleh-oleh, harga keripik kentang ini dibanderol Rp15.000 per bungkus.

4. Keripik Jahe

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/likha_sari

Seperti namanya, keripik jahe terbuat dari jahe yang telah diiris tipis terlebih dahulu lalu digoreng hingga teksturnya mengering. Memiliki banyak manfaat, keripik jahe ini aman dikonsumsi oleh semua orang. Harganya Rp15.000 per 150 gram.

5. Rengginang Ikan Teri

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/toko_bunda_wiwien

Rengginang ini terbuat dari beras ketan yang diberi tambahan potongan daging ikan teri dan bumbu-bumbu khusus lalu digoreng hingga garing. Rasanya gurih dan renyah. Harganya sekitar Rp25.000 per 200 gram.

Baca Juga: Resep Soto Kraksaan Khas Probolinggo yang Gurih dan Nikmatnya Mantap

6. Snack Ulat Sutra

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/delly_92

Snack ulat sutra memiliki bentuk yang menyerupai ulat sutra. Terbuat dari campuran tepung ketan, telur, keju, dan rempah-rempah. Oleh-oleh khas Probolinggo yang rasanya gurih ini dibanderol dengan harga Rp20.000 per 150 gram.

7. Tape

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/ika.ahmaliahz

Tape merupakan makanan yang dihasilkan dari fermentasi singkong dan ragi. Tape memiliki rasa manis yang berasal dari singkong dan rasa asam dari ragi. Dapat ditemukan di toko oleh-oleh di Probolinggo, harga tape berkisar Rp30.000 per besek.

8. Abon

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/swalayan89pusatoleholeh

Abon terbuat dari suwiran daging sapi, daging ayam, ataupun daging ikan segar pilihan dan menggunakan rempah-rempah alami, seperti bawang putih, ketumbar, serta daun serai. Dapat bertahan lama dalam kemasan, harga abon khas Probolinggo dibanderol sekitar Rp30.000 per bungkus.

9. Proll Tape

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/yuliafoods

Proll tape khas Probolinggo terbuat dari singkong yang telah difermentasi menjadi tape lalu dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti tepung terigu, telur, dan keju. Dapat diperoleh di semua toko oleh-oleh di Probolinggo dengan harga Rp25.000 per kotak.

10. Sirup Pokak

10 Oleh-oleh Khas Probolinggo Paling Populer, Enaknya Bikin Nagih! instagram.com/bany_nur_usman

Kerap dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit, sirup pokak khas Probolinggo terbuat dari bahan-bahan alami, seperti jahe, kayu manis, cengkeh, jeruk purut, daun pandan, dan daun serai. Sirup ini dipercaya ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus dan radikal bebas. Harganya Rp45.000 per botol.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Probolinggo yang bisa kamu beli untuk keluarga di rumah. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya.

Baca Juga: Ke Probolinggo Akan Gak Lengkap Jika Tidak Mengunjungi 6 Wisata Ini

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya