Comscore Tracker

5 Durasi Saat Menumis Sayuran yang Perlu Kamu Perhatikan, Catat Ya!

Tentunya agar hasil tumisanmu matang maksimal

Menumis merupakan salah satu teknik memasak yang dilakukan oleh banyak orang. Teknik ini dilakukan dengan cara menambahkan sedikit minyak atau mentaga ke dalam wajan, selanjutnya memasukan bahan-bahan makanan.

Menumis juga dilakukan dengan cara mengaduknya dengan spatula sampai benar-benar matang maksimal. Namun, sudahkah kamu mengetahui durasi untuk menumis sayuran?

Bila kamu tertarik untuk mengetahui durasi dari menumis sayuran, berikut lima daftarnya. 

1. Asparagus

5 Durasi Saat Menumis Sayuran yang Perlu Kamu Perhatikan, Catat Ya!Unsplash/Markus Spiske

Salah satu bahan makanan yang paling banyak diolah menjadi bahan pelengkap dari suatu olahan ini juga tak luput dari proses penumisan.

Biasanya untuk menumis asparagus dibutuhkan waktu sekitar 4-5 menit hingga asparagus tampak sedikit lebih layu. Tentunya setelah itu kamu dapat mengangkat kembali bahan makanan atau pun mengolahnya dengan bahan-bahan yang lain. 

2. Brokoli

5 Durasi Saat Menumis Sayuran yang Perlu Kamu Perhatikan, Catat Ya!Unsplash/Louis Hansel @shotsoflouis

Siapa yang sering mengolah bahan yang satu ini? Brokoli memang banyak menjadi pilihan untuk menu tumisan yang lezat. Biasanya brokoli juga sering dipadukan dengan sayuran lezat lainnya. Karena memang tekstur brokoli pada dasarnya sudah cukup lunak, kamu tak perlu lama dalam menumisnya. Cukup dengan menumis selama 3-4 menit saja untuk memastikan brokoli matang sempurna. 

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung yang Praktis dan Lezat untuk Hidangan Berbuka

3. Bawang bombay

5 Durasi Saat Menumis Sayuran yang Perlu Kamu Perhatikan, Catat Ya!Unsplash/mayu ken

Seperti aneka bawang lainnya, bawang bombay juga termasuk ke dalam daftar bahan makanan yang paling sering diolah dengan cara ditumis. Bawang bombay yang ditumis biasanya mampu mengeluarkan aromanya yang harum dan khas. Kamu juga tak perlu lama dalam menumis, cukup sekitar 3-7 menit saja hingga aromanya keluar sempurna. 

4. Wortel

5 Durasi Saat Menumis Sayuran yang Perlu Kamu Perhatikan, Catat Ya!Unsplash/David Holifield

Sama halnya dengan brokoli, wortel juga mudah lunak bila sudah terpapar panas. Oleh sebab itu, proses penumisannya hanya memakan waktu sekitar 3-4 menit saja. Jika kamu menumis wortel terlalu lama, maka dikhawatirkan teksturnya akan lembek dan tidak enak saat dikonsumsi. Tentunya dengan durasi yang tepat, maka bahan makanan akan lebih lezat dikonsumsi. 

5. Buncis

5 Durasi Saat Menumis Sayuran yang Perlu Kamu Perhatikan, Catat Ya!abahtani.com

Sayuran berbiji ini juga menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk ditumis. Buncis juga mudah lunak sehingga kamu tak perlu menumisnya dengan durasi yang terlalu lama. Cukup ditumis selama 3-4 menit saja, maka bahan makanan ini sudah lunak dan matang dengan sempurna tentunya. Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan proses memasakmu.

Nah, beberapa bahan makanan di atas dapat ditumis dengan menyesuaikan durasi yang memang semestinya agar hasil tumisan juga dapat matang sempurna. Jangan lupa dicatat, ya!

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Resep dan Cara Membuat Sayur Sop Bening yang Gurih

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya