Comscore Tracker

5 Bagian dari Sapi yang Dapat Dikonsumsi Selain Dagingnya, Lezat!

Kalau kamu berani mencicipi gak, nih? 

Sapi merupakan hewan yang sangat sering dikonsumsi oleh banyak orang. Tentunya secara umum bagian sapi yang paling sering dikonsumsi adalah dagingnya. Namun, tahukah kamu bahwa sapi memiliki bagian-bagian lain yang tak kalah lezat dan dapat dikonsumsi?

Untuk kamu yang penasaran apa saja bagian-bagian sapi tersebut,  berikut lima daftarnya. 

1. Kulit

5 Bagian dari Sapi yang Dapat Dikonsumsi Selain Dagingnya, Lezat!beefplus.com.ng

Tak seperti menu berbahan daging sapi lainnya yang berupa makanan besar, untuk yang satu ini jelas berbeda. Bagian kulit sapi biasa diolah menjadi camilan lezat seperti kerupuk kulit. Setelah melalui proses yang panjang, tak heran bila kulit sapi pun bisa berubah menjadi olahan kerupuk yang renyah. 

2. Babat

5 Bagian dari Sapi yang Dapat Dikonsumsi Selain Dagingnya, Lezat!mbaksutik.com

Babat dan jeroan lainnya juga termasuk bagian dari sapi lainnya yang aman untuk dikonsumsi. Olahan babat memang biasa diolah menjadi aneka menu lezat, sebut saja seperti sup atau pun soto. Namun, proses pengolahan babat haruslah secara benar dan tepat karena jika salah justru akan menjadi alot atau pun beraroma tak sedap. 

Baca Juga: 7 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Mana Favoritmu? 

3. Kaki sapi

5 Bagian dari Sapi yang Dapat Dikonsumsi Selain Dagingnya, Lezat!spainforpleasure.com

Bukan secara utuh layaknya ceker ayam, bagian kaki sapi yang diambil hanyalah tulang rawannya. Olahan berbahan kaki sapi ini banyak kamu temukan di rumah makan padang dan biasanya diolah dengan bumbu santan yang gurih dan pedas. Teksturnya juga sangat kenyal dan lembut. 

4. Lidah

5 Bagian dari Sapi yang Dapat Dikonsumsi Selain Dagingnya, Lezat!YouTube.com/Travel Thirsty

Bagian dari sapi yang satu ini mungkin tak dapat kamu bayangkan bagaimana cita rasanya, namun cukup populer untuk diolah, lho. Lidah sapi tak hanya banyak diolah di Indonesia, melainkan juga di luar negeri.

Selain itu, teksturnya yang lembut dan sekilas tampak seperti daging sapi membuatnya sangat lezat dan cocok diolah menjadi beragam jenis menu. 

5. Ekor

5 Bagian dari Sapi yang Dapat Dikonsumsi Selain Dagingnya, Lezat!mishimareserve.com

Tak terlewati, bagian ekor juga dapat kamu olah menjadi aneka jenis makanan. Bagian ekor harus melalui proses pengolahan yang ekstra keras karena memang banyak bulu yang harus dibersihkan dan harus menjaga kebersihannya. Biasanya ekor akan dipotong berbentuk bulat-bulat dengan tekstur yang relatif keras bila dibandingkan dagingnya.

Nah, beberapa bagian dari sapi di atas dapat dikonsumsi secara aman selain daging tentunya. Pernah coba yang mana? 

Baca Juga: 5 Resep Olahan Iga Sapi yang Bisa Jadi Menu Harianmu, Endeus Banget!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya