Comscore Tracker

Bikin Kangen! Inilah 7 Roti Legendaris Asli Kota Malang

Resepnya yang autentik menggugah kenangan masa lalu....

Ada masanya ketika toko-toko roti di Malang merupakan primadona bagi para warga Malang dalam memenuhi kebutuhan konsumsi roti. Ditambah lagi, rasa yang autentik sesuai resep tempo dulu khas Belanda. Kini dengan teknologi ojek online, dan penjual roti keliling lambat laun punah.

Di tengah gempuran franchise roti nasional di kota Malang serta roti-roti minimarket, toko-toko roti di Malang masih bertahan dengan berbagai inovasi teknologi dan resepnya yang autentik yang menggugah kenangan masa lalu. Berikut 7 toko roti legendaris di Kota Malang yang selalu bikin kangen.

7. Und Corner Homemade Bakery

Bikin Kangen! Inilah 7 Roti Legendaris Asli Kota Malanginstagram.com/undcorner_tugu

Berdiri sejak tahun 90an di daerah Jalan Ijen no 84, Und Corner menawarkan rasa crunchy dan crusty khas roti hangat yang baru saja keluar dari oven. Kemudian di pertengahan 2000an Und Corner diambil alih manajemen Hotel Tugu dan kemudian membuka cabang kedua di Jalan Kahuripan. Sekitar awal tahun 2019, cabang jalan Ijen ditutup dan berganti menjadi waralaba burger Amerika, sedangkan cabang jalan Kahuripan kini menjadi tempat satu-satunya untuk mendapatkan roti Und Corner atau kini bernama Roti Tugu.

Alamat: Jl. Kahuripan No.3, Malang

6. Roti Gardena

Bikin Kangen! Inilah 7 Roti Legendaris Asli Kota Malangfacebook.com/gardenabakery85

Berdiri sejak 1985, Gardena juga menjadi salah satu toko roti yang ikut menjajakan rotinya secara keliling. Namun, kini Gardena lebih fokus kepada produk roti yang organik dan supplier burger dan bun hotdog bun berkualitas tinggi kepada burger-burger joint di Malang. Untuk konsumsi umum, yang paling khas dari roti Gardena adalah roti sourdoughnya yaitu roti yang fermentasinya tanpa ragi tambahan sehingga dipercaya baik bagi penderita diabetes.

Alamat: Gg. 8 No.105, Bandulan, Malang

5. Catharina Cake and Bakery

Bikin Kangen! Inilah 7 Roti Legendaris Asli Kota Malanginstagram.com/catharina.cake/

Toko yang satu ini bisa dibilang merupakan tujuan utama para warga Malang yang mencari kue tar. Berlokasi tengah kota yang strategis yaitu Jalan Patimura, Catharina Cake and Bakery berdiri sejak tahun 80an ini juga mempunyai cabang di Surabaya. Walaupun menjual roti, Catharina sejak dulu terkenal keandalannya dalam menyajikan cake yang enak dan bentuk-bentuk yang kreatif

Alamat: Jl. Patimura No.22, Malang

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Malang yang Sulit Ditemui di Kota Lain

4. Roti Hawaii

https://www.youtube.com/embed/h1OT63AN8BE

Didirikan sejak tahun 1978, Roti Hawaii merupakan salah satu toko roti yang menggunakan peralatan dekade 70an yang memberinya rasa yang khas. Produk khasnya antara lain roti tawar hitam organik, roti srikaya, roti kacang hijau, burger spaghetti, dan roti telur keju. 

Alamat: Jl. Jend. Basuki Rahmad 80B, Malang

3. Roti Andalas

Bikin Kangen! Inilah 7 Roti Legendaris Asli Kota Malanginstagram.com/rotiandalas/

Didirikan oleh Ibu Suziana Mulia atau Ibu Suze bersama sang suami, Singgih Juwojo, Roti Andalas terkenal dengan resep-resep kunonya yang autentik khas Belanda. Ibu Suze merupakan putri dari legenda roti dan kue Malang Nyonya Tjan Boen Kwan yang mempunyai usaha pembuatan roti di Jalan Putran, tepatnya belakang SMAK Santa Maria, Malang. Setelah mengalami perkembangan, kemudian pada tahun 1963 usaha roti ini pindah ke Jalan Andalas dan mengadopsi nama Roti Andalas. Roti Andalas juga membuka cabang di Jalan Kawi Atas. Roti yang paling khas di sini adalah roti Hotdog Belanda yang disertai salad Huzarensla serta jajanan pasar seperti risoles yang disajikan bersama taoco dan mustard, kemudian kue-kue kering khas belanda dan lain-lain.

Alamat: Jl. Andalas Tengah No.9 dan Jl. Kawi No.5

2. Roti Bima

Bikin Kangen! Inilah 7 Roti Legendaris Asli Kota Malanghttps://www.instagram.com/bimabakerymalang/

Didirikan pada tahun 1959, Ibu Lauw mengawali usaha produksi rotinya dengan metode manual di tahun, baru pada tahun 1966 usahanya akhirnya menyandang merek Bima Bakery. Pada tahun 1970an, Bima Bakery kemudian mengawali metode distribusi roti dengan gerobak keliling di Kota Malang. Dengan jangkauan berbagai area di Kota Malang dengan efektif, bima populer dengan berbagai variasi produk kue basah dan roti berkualitas, namun dengan harga terjangkau.

Alamat: Jl. Basuki Rahmat 17C, Jl. Mayjend Pandjaitan No. 37, dan Jalan Mayjend Pandjaitan No. 75, Malang

1. Roti Sendowo

https://www.youtube.com/embed/Wte8mW_oU_Y

Roti ini begitu lekat dengan warga Malang karena konsistensinya memproduksi satu varian produk saja yaitu Warmball bread atau Roti Smeer. Iya, Roti Sendowo berhasil menaklukkan pasar roti setanah jawa hanya dengan satu produk saja. Tangguh bukan?

Dengan paduan rasa meses dan krim yang konsisten, serta bahan roti yang dicampur dengan apel, Roti Sendowo menjadi populer se Jawa-Bali. Uniknya Roti Sendowo juga menghadirkan rasa cokelat keju dan keju selain krim meses yang menjadi primadona. Namun, cara mendapatkan varian lain dari Roti Sendowo harus pre order dulu via Instagram di @sendowo1951

Alamat: Jl. Sunandar Priyo Sudarmo, Purwantoro

Bagaimana, bikin kangen kan? Itulah tujuh roti legendaris yang sudah menghiasi masa kanak-kanak para warga Malang. Buat kamu yang menghabiskan masa kecil di kota Malang, pasti akan mengenal setidaknya satu di antara tujuh daftar roti di atas.

Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkan

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya