Comscore Tracker

Beda Pentol, Cilok, dan Sempol yang Harus Kamu Tahu

Serupa tapi tak sama, kamu suka yang mana?

Indonesia dari dulu dikenal punya ragam jajanan pinggir jalan atau street food yang enak dan bikin nagih. Kamu pastinya sudah kenal dengan pentol, cilok, atau sempol.

Ketiganya sama-sama mudah ditemukan di pinggir jalan dan punya rasa yang serupa, meski tak sama. Nah, kira-kira apa saja perbedaan pentol, cilok, dan sempol? Simak ulasan berikut ya!

1. Pentol

Beda Pentol, Cilok, dan Sempol yang Harus Kamu Tahuinstagram.com/pentolgila

Kita mulai dari pentol terlebih dahulu. Pentol diklaim berasal dari Jawa Timur. Makanan berbentuk bulat kecil ini terbuat dari campuran tepung tapioka, daging sapi, daun bawang, dan seledri.

Adonan pentol kemudian dibulatkan menggunakan sendok, lalu direbus hingga mengapung seperti bakso, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Pentol punya tekstur yang kenyal dan sedikit kasar lantaran campuran daging sapi. Pentol biasa disajikan bersama dengan saus tomat, saus kecap, atau kuah kaldu.

Nah, kalau kamu pengin mencoba membuat pentol di rumah, yuk intip resepnya di sini.

2. Cilok

Beda Pentol, Cilok, dan Sempol yang Harus Kamu Tahuinstagram.com/ledia_and_food

Kalau pentol berasal dari Jawa Timur, cilok justru berasal dari Jawa Barat. Nama cilok sendiri merupakan singkatan dari aci dicolok.

Dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak jajanan ini terbuat dari apa. Yap, sama seperti pentol, cilok juga terbuat dari campuran tepung kanji atau tepung aci atau tepung tapioka.

Bedanya, adoanan cilok biasanya tidak dicampur dengan daging sapi. Cilok juga sering diberi isian di tengahnya seperti telur, daging cincang, atau abon.

Cilok memiliki tekstur yang kenyal, tapi permukaannya lebih licin, karena tidak ada campuran daging di adonannya. Cilok biasa disajikan bersama saus kacang, saus sambal, saus kecap, atau saus tomat.

Cara membuat cilok juga gak susah, kok. Kamu bisa intip resepnya di sini.

Baca Juga: Resep Sempol Ayam Pedas yang Mudah dan Enak, Bisa Makan Sepuasnya!

3. Sempol

Beda Pentol, Cilok, dan Sempol yang Harus Kamu Tahuyummy.co.id

Nah yang terakhir, ada yang namanya sempol. Sempol diklam sebagai kudapan kaki lima asli Malang.

Sekilas, tampilan sempol mirip tempura. Sempol juga berbahan dasar tepung tapioka, tapi biasanya dicampur dengan daging ayam giling.

Jika pentol dan cilok dimasak dengan cara dikukus atau direbus, sempol justru digoreng.

Sebelum digoreng, adonan sempol biasanya dicelupkan ke dalam kocokan telur sebanyak dua lapis. Gak heran sempol punya rasa yang gurih dan tekstur yang renyah.

Nah, untuk resep sempol kamu bisa intip di sini ya. Gak susah kok cara buatnya.

Itulah beberapa perbedaan pentol, cilok, dan sempol yang harus kamu tahu. Kamu sendiri paling suka yang mana, nih?

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Pentol Kanji ala Yummy yang Kenyal dan Pedas

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya