Comscore Tracker

5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar untuk Pemula, Periksa Sisiknya!

Membeli ikan di pasar butuh cara agar gak salah beli

Mengandung protein tinggi, ikan jadi salah satu lauk yang digemari banyak orang. Gak hanya itu, ikan juga enak dimasak menjadi beragam olahan.

Terkadang, ikan juga sering dijadikan lauk pengganti saat tengah bosan mengonsumsi daging ayam. Ikan sendiri mudah didapatkan di mana saja, mulai dari supermarket hingga pasar sekali pun.

Membeli ikan di supermarket jelas lebih mudah karena sudah dikemas sedemikian rupa dan terlihat lebih fresh. Namun, lain halnya saat ingin membeli ikan yang segar di pasar. Kamu wajib teliti sebelum membeli, apalagi kalau pemula!

Buat yang ingin membeli, ada baiknya melihat sejumlah tips memilih ikan segar di pasar berikut ini, deh. Pemula sepertimu wajib tahu supaya gak salah pilih!

1. Cium aroma ikan 

5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar untuk Pemula, Periksa Sisiknya!ilustrasi memegang ikan (pixabay.com/rafablues81)

Saat ingin memilih ikan segar di pasar, kamu wajib mengandalkan indra penciuman, nih. Sebab, cara untuk mengetahui bahwa ikan tersebut masih segar atau tidak adalah dengan menciumnya menggunakan hidung.

Ikan yang masih segar berbau seperti laut. Lain halnya kalau saat kamu cium justru bau anyir atau bau aneh lainnya. Apabila bau-bau semacam itu yang kamu dapatkan, itu tandanya ikan yang kamu pegang saat ini dalam kondisi tidak segar.

2. Pastikan sisik ikan masih menempel

5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar untuk Pemula, Periksa Sisiknya!ilustrasi cek sisik ikan (pixabay.com/rafablues81)

Semua ikan yang dijual di pasar pasti akan terlihat bagus dan mengkilap. Namun, gak ada salahnya untuk mengecek sendiri. Coba gunakan tanganmu untuk meraba bagian tubuh ikan.

Apabila masih terdapat sisik yang menempel, itu tandanya ikan masih dalam kondisi segar. Sementara, kalau saat menyentuh ikan, lalu sisik tiba-tiba lepas begitu saja, itu menandakan bahwa ikan sudah dalam kondisi lama dan gak segar lagi.

3. Periksa bagian mata ikan

5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar untuk Pemula, Periksa Sisiknya!ilustrasi memeriksa bagian mata dari ikan (pixabay.com/artellliii72)

Sebagai pembeli apalagi seorang pemula yang belum pernah masak ikan sebelumnya, kamu memang harus teliti dalam memilih ikan. Mata ikan yang segar harusnya terlihat bersih dengan pupil hitam menonjol.

Kalau kebingungan, ikan segar seharusnya punya kondisi mata tak berbeda ketika ia masih hidup. Namun, apabila yang kamu dapati sebaliknya, yakni pupil mata tampak keruh, artinya kualitas ikan sudah menurun.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan yang Biasa Dijadikan Ikan Asap, Ada Favoritmu? 

4. Cek sirip dan ekor ikan

5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar untuk Pemula, Periksa Sisiknya!ilustrasi ikan segar di pasar (vecteezy.com/Wahid Firmansyah)

Dengan penanganan yang salah, sirip ikan bisa langsung sobek atau rusak. Sirip dan ekor yang masih utuh menandakan bahwa ikan tersebut ditangani dengan baik. Gak hanya itu, sirip dan ekor yang masih layak menandakan bahwa ikan tersebut masih segar.

Sebaiknya hindari memilih ikan dengan sirip atau ekor yang rapuh apalagi kering. Biasanya, ikan semacam itu gak cuma menurun kualitasnya, tapi juga gak ditangani dengan baik.

5. Jangan lupa cek bagian insang ikan

5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar untuk Pemula, Periksa Sisiknya!ilustrasi cek insang ikan (vecteezy.com/ada_aj)

Saat membeli ikan di pasar, penjual akan memperbolehkan kita untuk mengecek sendiri keadaan ikan. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini. Kamu bisa mengetahui ikan tersebut masih segar atau tidak dengan mengecek bagian insang.

Insang ikan biasanya terletak di bagian samping, tepatnya di bagian kiri atau kanan kepala ikan. Apabila insang dari ikan yang kamu lihat tersebut masih berwarna merah, itu tandanya ikan masih dalam keadaan segar.

Gak sulit memilih ikan yang masih segar di pasar, kan? Semoga tips di atas bisa membantu, khususnya kamu yang masih pemula saat ingin membeli ikan di pasar. Jangan sampai salah memilih, ya!

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Ikan Lele agar Bebas Lendir, Yuk Praktikkan!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya