Comscore Tracker

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Ini

Hobi makan? Buruan coba kuliner Yogyakarta berikut

Salah satu destinasi wisata kuliner di Pulau Jawa adalah kota Yogyakarta. Selain terkenal sebagai destinasi wisata favorit, kota Yogyakarta juga menyuguhkan berbagai macam pilihan kuliner yang menarik untuk dicicipi.

Berikut 8 rekomendasi kuliner yang layak untuk kamu coba. Siap siap ketagihan ya!

1. Soto Pak Zaenal

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/jogjafood

Soto Pak Zaenal adalah salah satu menu soto di Yogyakarta yang harus kamu coba. Warung soto yang selalu ramai pembeli ini berlokasi di Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 62 Janturan Yogyakarta. Lokasinya yang strategis di sebelah utara Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan membuat tempat ini menjadi tempat favorit para mahasiswa.

Warung soto ini akan buka dari jam 06.00-15.00 dan akan tutup lebih cepat jika stok sudah habis. Menu yang ditawarkan beragam dari soto sapi, soto ceker, soto balungan, dan soto ayam.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp 10.000 – Rp 15.000 saja kamu sudah bisa menikmati segarnya sarapan atau makan siang soto yang lezat ini. 

2. Bakso Kuning Gading

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/jogjamakanbossku

Bakso Kuning Gading yang kini berlokasi di Jl. Dr. Soetomo No. 23 ini menyajikan bakso dengan toping suwiran ayam atau babat yang melimpah. Bakso ini merupakan bakso legend karena sudah berdiri sejak 33 tahun yang lalu.

Penyajiannya pun beda dari bakso pada umumnya. Jangan kaget ya ketika bakso pesananmu datang dengan porsi yang jumbo. Harga baksonya Rp 23.000 sangat worth it dengan rasa dan banyaknya isian. Tertarik mencoba?

3. Mie Ayam Contreng

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/tumbarmerica

Mie ayam yang satu ini termasuk model mie ayam modern di Yogyakarta. Berbeda dengan mie ayam yang biasanya dibeli di gerobak-gerobak berjalan, tekstur mie yang tipis dan kenyal dengan kuah yang super gurih membuat mie ayam ini memiliki kelezatan tersendiri.

Kamu bisa mendapatkan variasi mie ayam seperti mie ayam biasa, mie ayam bakso, mie ayam pangsit rebus dan mie ayam pangsit goreng. Harga mie ayam dibanderol sekitar Rp 12.000 – Rp 17.000 saja. Cukup murah bukan? Kapan kapan jangan lupa mampir ya ke Mie Ayam Contreng yang berlokasi di Jl. Parangtritis no. 26 ini.

4. Ayam Goreng Code

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/jelajahkulineran

Ayam goreng satu ini merupakan salah satu rekomendasi kuliner yang patut kamu coba. Cita rasa baceman manis dan gurihnya membuat lidah terasa dimanjakan.

Resto Ayam Code kini memiliki 3 cabang dengan cikal bakal resto yang berlokasi di Jl. Jagalan – Beji No. 19, tepat di sebelah timur bantaran kali Code. Harga yang ditawarkan pun masih standar.

Bagi kamu yang tidak ingin membeli ayam secara utuh, terdapat ayam goreng yang sudah dipotong potong sesuai bagiannya. Untuk 1 potong paha atas atau dada kamu perlu membayar sekitar Rp 20.000 – Rp 28.000. Sedangkan untuk 1 ayam goreng utuh kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 110.000. 

Baca Juga: 20 Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Paling Populer dan Murah

5. Mangut Lele Mbah Marto

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/kulinerjogja

Apakah kamu pencinta kuliner ikan? Jika iya, kuliner legendaris satu ini wajib kamu coba.

Mangut lele asli Mbah Marto yang kini berlokasi di daerah Panjangjiwo, Patalan, Jetis, Bantul ini menyajikan menu ikan lele asap dengan rempah yang berlimpah sehingga menjadikan menu ini memiliki cita rasa yang komplit nan legit.

Mangut lele ini adalah racikan dari Mbah Marto sehingga rasanya sangat orisinal. Untuk bisa mencapai lokasi kamu disarankan untuk banyak bertanya dengan masyarakat sekitar, karena tidak ada petunjuk khusus menuju ke arah sana.

Jangan kaget juga ketika sampai di lokasi karena mangut lele Mbah Marto ini bukan seperti resto pada umumnya. Kamu akan mengambil makanan secara prasmanan di dapur beliau sekaligus kamu dapat melihat proses memasaknya.

Harga yang ditawarkan pun masih tergolong standar yakni Rp 20.000 – Rp 30.000 saja kamu sudah bisa menikmati lezatnya mangut lele buatan Mbah Marto. Tertarik mencoba??

6. Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/voilajogja

Beralih ke kuliner malam di Yogyakarta, kuliner satu ini juga tidak diragukan lagi. Nasi goreng sapi yang berada di depan SMA Negeri 3 Yogyakarta atau yang biasa disebut Nasi Goreng Padmanaba ini selalu ramai dipenuhi penikmat kuliner malam. Jika kamu kehabisan kursi, jangan khawatir karena ada tikar yang disediakan di sepanjang jalan depan SMA tersebut.

Satu porsi nasi goreng ini disajikan dengan telur ceplok dan emping serta terdapat 2 varian porsi yaitu porsi biasa dan jumbo dengan selisih harga hanya Rp 1.000. Harga untuk 1 porsi nasi goreng biasa yaitu Rp 13.000 sedangkan untuk yang jumbo Rp 14.000.

Satu yang perlu diingat, saat makan di sana biasanya akan banyak pengamen yang datang silih berganti. Siapkan bujet dan waktumu untuk mencoba kuliner malam satu ini ya.

7. Gudeg Pawon

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/jogjafoodhunter

Kuliner malam yang satu ini juga tak kalah menarik. Kuliner dengan konsep yang mirip dengan mangut lele Mbah Marto ini juga menyajikan makanan andalannya di dapur pribadi. Dapur yang masih sangat tradisional dan menggunakan kayu bakar membuat aroma Gudeg Pawon ini menggelitik perut.

Kuliner legendaris yang eksis sejak tahun 1958 ini dulu dikenal dengan Gudeg Sentul yang awalnya buka di pasar Sentul Yogyakarta. Baru sekitar tahun 2000-an memilih untuk buka di rumah yakni di dapur sederhana yang sekarang banyak dikunjungi penikmat kuliner. Harga juga masih terjangkau sekitar Rp 11.000 – Rp 24.000 tergantung jenis dan banyaknya lauk.

Kalau kamu tertarik mencoba kuliner ini, harap datang lebih awal dan ikuti antrean ya. Gudeg Pawon ini biasa buka mulai jam 22.00 – habis. Tetapi biasanya sebelum jam buka, sudah banyak orang yang mengantre untuk bisa mencicipi kuliner malam tersebut. 

8. Angkringan KR

Liburan ke Yogyakarta? Jangan Lupa Coba 8 Rekomendasi Kuliner Iniinstagram.com/angkringanjabrik

Masih tentang kuliner malam, salah satu yang identik dengan Yogyakarta adalah angkringan.

Seperti kata Joko Pinurbo, bahwa Yogyakarta terbuat dari pulang, rindu, dan angkringan. Tidak dapat disangkal lagi bahwa angkringan adalah salah satu tempat yang melekat di hati masyarakatnya. Bagaimana tidak? Kamu dapat menemukan banyak angkringan di Yogyakarta dari mulai yang kecil sampai yang besar.

Salah satu angkringan hits di Yogyakarta adalah Angkringan KR yang tepat berada di depan kantor redaksi harian Kedaulatan Rakyat Jl. Margo Utomo No. 40-46 Yogyakarta. Banyak menu yang ditawarkan seperti nasi kucing, gorengan, aneka sate, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilihnya sesuai selera.

Harga yang ditawarkan juga bersahabat yakni berkisar antara Rp 3.000 – Rp 15.000 saja. 

Nah, menarik sekali bukan kulineran di Yogyakarta? Kamu pasti akan bahagia jika bisa berlibur ke Yogyakarta sekaligus mencicipi kulinernya. Jadi tunggu apalagi, siapkan cutimu dan sampai bertemu di Kota Gudeg setelah pandemi ini mereda.

Download aplikasi makanan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Lagi Hits dan Kekinian, Seru Abis!

Astri Desmayanti Photo Writer Astri Desmayanti

Pharmacist, singer and travel-addict. Enjoy reading my article and follow me on instagram @astridesmayanti.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya