Comscore Tracker

Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parah

Dijamin ampuh banget

Pergantian musim seperti saat ini, membuat tubuh kita rentan tertular penyakit seperti demam, flu dan batuk. Kalau sudah terjangkit batuk, pasti bikin capek dan gak enak di seluruh badan. Mulai dari teggorokan yang mengganjal, dada sesak, sampai perut kram karena tak kunjung sembuh.

Tapi tenang saja, setiap penyakit pasti datang dengan obatnya. Beberapa bahan makanan alami yang dapat diolah menjadi minuman di bawah ini bisa menenangkan dan meredakan batuk agar tidak timbul gejala lain, sekaligus dapat menjaga tubuh untuk tetap fit.

1. Obat batuk turun-temurun, terbuat dari kecap dan jeruk nipis

Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parahobatqnvjellygamat.com

Sesendok larutan kecap masnis dan perasan jeruk nipis mampu meredakan gejala-gejala yang menyertai batuk, seperti susah bernafas dan tenggorokan gatal. Obat turun temurun ini sudah menjadi resep orang-orang terdahulu. Kamu bisa mengonsumsinya satu sendok makan setiap setelah makan.

2. Gak suka kecap, seduh saja jeruk nipis dan segelas air panas

Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parahinovase.com

Pada intinya, jeruk nipis sendiri memiliki beberapa manfaat. Di antaranya melemaskan otot-otot pernapasan, obat penurun panas, dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan yang gatal. 

Perasan satu buah jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat dapat segera memberikan efek lega di tenggorokan. Tidak perllu menambahkan gula lagi. Kalau tidak suka rasanya yang terlalu asam, tambahkan madu agar rasanya lebih enak. Tapi jangan kebanyakan juga ya, cukup 1-2 sendok saja.

Baca juga: 10 Menu Makan Siang Paling Enak di Kantor Twitter, Mewah Banget!

3. Madu yang efektif untuk meredakan batuk anak

Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parahpixabay.com/stevepb

Anak-anak cenderung tidak menyukai obat karena rasanya yang pahit. Untuk itu, madu dapat digunakan sebagai solusi peredanya. Khasiat madu sebagai obat batuk anak juga telah diakui langsung oleh World Health Organisation (WHO). 

Caranya gampang. Tinggal minumkan satu sendok makan madu setiap beberapa jam sekali pada anak. Madu dapat mengurangi dan mengobati iritasi pada tenggorokan. Orang dewasa juga bisa merasakan khasiat madu dalam meredakan luka di tenggorokan akibat batuk.

4. Jamu kencur

Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parahresepasik.com

Salah satu penyebab jamu dianggap sebagai obat yang manjur adalah khasiatnya yang langsung terasa setelah dikonsumsi. Jamu herbal kencur ini juga biasa dikonsumsi oleh banyak penyanyi untuk menjaga kondisi pita suara. Selain itu, kencur juga dapat melegakan tenggorokan yang terasa berlendir ketika kita batuk.

5. Wedang jahe di malam hari

Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parahinstagram.com/vinalinwijaya

Jahe mengandung minyak astiri, yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Dari beberapa jenisnya, jahe merah dinilai paling ampuh karena mengandung minyak astiri 2,5 persen lebih banyak. 

Baik wedang jahe, atau air rebusan jahe dapat dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Sebab, batuk biasanya semakin menjadi-jadi saat malam hari. Oleh karena itu, agar tidur bisa nyenyak tanpa gangguan batuk, minumlah segelas wedang jahe sebelum tidur.

Namun, jika batuk tidak kunjung reda lebih dari dua pekan, sebaiknya periksakan ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Baca juga: 7 Wadah Kopi Paling Unik, Aestetik dan Bikin Rasanya Makin Mantap

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya