Comscore Tracker

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Minuman Nikmat Saat Berbuka 

Penasaran kan rasanya? Yuk dicoba!

Bumbu dapur menjadi komposisi utama di menu makanan. Di Indonesia, bumbu dapur sangat melimpah. Aneka rempah-rempah saat disatukan akan menambah cita rasa yang luar biasa. Selain nikmat, masakan Indonesia terkenal dengan bumbu dapurnya yang super sedap. Namun, selain menjadi penyedap masakan, 5 bumbu dapur ini cukup nikmat bila disajikan menjadi minuman.

1. Kayu manis

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Minuman Nikmat Saat Berbuka Uriel Soberanes@soberanes

Kayu manis mempunyai aroma yang khas. Saat diramu menjadi masakan, kayu manis akan menambah cita rasa dari masakan itu sendiri. Namun, saat direbus untuk minuman juga lebih banyak khasiatnya. Selain enak, kayu manis adalah sumber potasium, kalsium dan zat besi. Meminum air rebusan dari kayu manis banyak sekali manfaatnya. Salah satu diantaranya bisa mendetoksifikasi sistem tubuh. Merebus kayu manis akan lebih bagus tidak menggunakan gula. Rasa manis akan timbul dengan sendirinya ketika diminum tidak dalam keadaan panas-panas. Mencampurkan kayu manis dengan madu akan menstabilkan berat badan.

2. Sereh

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Minuman Nikmat Saat Berbuka Jennifer Schmidt@jsfoodphotography

Sereh mempunyai cita rasa khas yang segar dan hampir mirip dengan jahe. Meminum sereh banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Selain menyehatkan, sereh  yang mengandung vitamin A dan C ini mampu membuat kulit menjadi sehat dan segar. Sereh juga berfungsi sebagai detoks dalam tubuh. Merebus sereh dengan air matang akan menjadi sajian tepat yang sehat saat berbuka. Ditambah jeruk nipis dan madu membuat sereh semakin nikmat bila diminum saat dingin.

3. Jahe

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Minuman Nikmat Saat Berbuka Martin@dominikmartin

Wedang jahe biasanya nikmat dihidangkan pada saat hujan. Jahe sudah menjadi minuman yang akrab dengan masyarakat Indonesia karena sudah seringnya dijadikan minuman hangat. Jahe mempunyai banyak kandungan mineral yang berfungsi membuat tubuh menjadi sehat. Jahe bermanfaat sebagai anti inflamasi dan dipercaya sebagai pengobatan. Hangat dan nikmat saat minum jahe yang ditambahkan gula aren. Selain disajikan hangat-hangat, jahe juga bisa didiamkan di lemari es dan diminum saat senggang.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik dari Kunyit, Si Rempah Kuning

4. Kunyit

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Minuman Nikmat Saat Berbuka Chinh Le Duc@mero_dnt

Siapa yang tidak kenal dengan kunyit. Sudah sering sekali kita meminum jamu kunyit asam. Sensasi rasa segar ada di lidah dan dingin saat sudah masuk perut. Kunyit mampu menjadi minuman andalan wanita saat haid. Kunyit mempunyai aktivitas estrogenik yang fungsinya merangsang uterus sehingga bisa melancarkan menstruasi. Kunyit memang beraroma lebih kuat saat disajikan tanpa apa-apa. Berikan asam jawa, madu, jeruk nipis dan lemon. Rasa Kunyit yang tadinya kuat menjadi lebih nikmat dan tidak eneg.

5. Cengkeh

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Minuman Nikmat Saat Berbuka Brooke Lark@brookelark

Teh cengkeh mungkin masih asing. Namun bisa dicoba menyeduh cengkeh dengan air hangat. Anti inflamasi dalam teh mampu mengatasi peradangan baik di kulit, gigi maupun tubuh lainnya. Merebus cengkeh dengan jahe, sereh dan gula merah bisa menjadi sajian minuman sehat yang nikmat disajikan baik dingin maupun hangat.

Bumbu dapur ternyata bukan hanya berfungsi sebagai penyedap masakan. Meminum aneka bumbu dapur mengkreasikan dengan lainnya bisa dicoba mulai sekarang. Yang terpenting selain nikmat, minuman ini sangat bermanfaat agar tubuh kita lebih sehat.

Baca Juga: 5 Resep Kudapan Ramadhan Kaya Rempah, Dijamin Cocok di Lidahmu

Defi Aryani Photo Verified Writer Defi Aryani

Teacher counselor trainer freelance writters

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You