Comscore Tracker

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnya

Jangan memasak di rice cooker ya

Tumpeng biasanya disajikan untuk merayakan acara spesial, seperti tasyakuran atau hari ulang tahun, termasuk hari kemerdekaan RI. Awalnya, tumpeng berasal dari masyarakat Jawa yang memasaknya untuk persembahan para leluhur pada zaman dulu.

Bentuknya yang kerucut terinspirasi dari Gunung Semeru yang dipercaya sebagai tempat bersemayam para Dewa dan leluhur. Nah, buat kamu yang ingin merayakan kemerdekaan dengan membuat tumpeng, simak dulu cara memasak dan tipsnya berikut ini!

1. Tentukan beras yang akan digunakan

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnyatopsushimaker.com

Untuk membuat tumpeng, disarankan memilih beras putih yang berkualitas baik dan bersih. Meski harganya lebih mahal, tetapi kualitasnya lebih terjamin, sehingga bisa menghasilkan tumpeng yang bagus dan enak. 

2. Masak dengan campuran beras ketan

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnyamedicalnewstoday.com

Supaya hasilnya lebih nikmat, gunakan beras dan ketan dengan takaran 10:1, misalnya beras sepuluh dan ketan satu. Rendam campuran beras dan ketan selama satu jam. Setelah itu, kukus hingga setengah matang supaya hasilnya pulen. 

3. Gunakan santan yang tepat

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnyafoodviva.com

Supaya lebih nikmat, tambahkan santan ke dalam campuran beras dan ketan bersama dengan bumbu-bumbu. Selain menambah rasa gurih, santan juga bisa menimbulkan efek mengilap dari minyak alami yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, pilih tekstur santan yang pas. Jangan terlalu cair atau terlalu kental, karena bisa merusak rasa nasi tumpeng. Tumpeng pun akan lebih mudah dicetak jika tekstur santannya pas. 

4. Tambahkan air jeruk nipis supaya mengilap

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnyatasteofhome.com

Untuk membuat tumpeng lebih menarik dan mengilap, kamu bisa menambahkan air jeruk nipis. Jangan lupa aduk hingga merata dan diamkan di dalam panci selama 15 menit. Nasi pun menjadi lebih padat dan mudah dicetak. 

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Nasi Tumpeng Enak, Bikin Acara Makin Meriah

5. Hindari menggunakan rice cooker

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnyafifteenspatulas.com

Meski zaman sudah modern, tetapi disarankan memasak tumpeng dengan cara tradisional. Caranya dimasak dengan dandang penanak nasi. Jika memasak dengan rice cooker, hasilnya akan kurang bagus. Apalagi kalau kamu terlanjur menggunakan santan kental, maka hasilnya akan kurang matang. 

Selain itu, cara mengaduk juga berpengaruh pada tekstur tumpeng, lho. Jika gak diaduk secara merata, maka akan ada nasi yang lembek dan atau terlalu keras.

6. Cetak dengan cara yang benar

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnyayoutube.com/apshatv

Sebelum mencetak tumpeng, disarankan ujung cetakan diberi daun pisang. Sehingga saat dibalik, tumpeng gak akan lengket dan mudah dilepas.

Caranya, masukkan nasi selagi panas ke dalam cetakan sambil ditekan-tekan supaya padat dan gak mudah retak. Setelah itu, keluarkan tumpeng dari cetakan, lalu letakkan di atas tampah beralas daun pisang. 

7. Pilih lauk dan hiasan yang menarik

7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnyainstagram.com/encim.gendut

Terakhir, gunakan lauk dan hiasan yang menarik. Untuk lauk tumpeng biasanya menggunakan ayam goreng, telur, perkedel, tempe, abon, hingga sambal. Sedangkan, hiasan tumpeng biasanya menggunakan potongan timun, sawi, wortel, hingga cabai berbentuk bunga.

Sebaiknya rendam semua sayuran supaya menimbulkan warna alami yang lebih kuat. Hal ini juga akan membuat sayuran mengembang dan terlihat mekar.

Cukup rendam selama lima menit. Pasalnya, jika terlalu lama, akan membuat sayur menjadi layu. Penggunaan hiasan juga sebaiknya gak berlebihan, karena akan menutup tampilan asli dari lauknya. 

Nah, itulah beberapa cara memasak tumpeng, beserta tipsnya. Selamat membuat tumpeng yang lezat untuk perayaan hari spesial!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Bagian Tumpeng yang Sarat Makna dan Punya Filosofi Mendalam

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya