Comscore Tracker

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandel

Sebaiknya bersihkan setiap pekan ya

Saat membersihkan dapur, mungkin kita lebih sering memperhatikan bagian lantai dan meja daripada lemari dapur, ya gak? Padahal lemari dapur juga membutuhkan perhatian yang sama dan harus secara rutin dibersihkan.

Selain bisa jadi sarang bakteri, lemari dapur juga bisa mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Yuk, simak cara membersihkan lemari dapur berikut ini!

1. Bersihkan bagian luar lemari dapur

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandelwundertips.com

Jenis lemari dapur yang terbuat dari kayu, logam, atau vinil bisa dibersihkan dengan sabun cuci piring cair dan air hangat. Caranya, kosongkan semua isi lemari terlebih dahulu, lalu semprotkan larutan secara langsung ke permukaan lemari.

Gunakan kain pembersih, bersihkan dari bagian atas, lalu turun hingga ke bawah. Untuk membersihkan bagian kaca, cukup gunakan pembersih kaca biasa.

Selanjutnya, semprotkan ke kain terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Hindari menyemprotkan cairan pembersih ke kaca secara langsung, karena dapat meresap ke dalam permukaan lemari dan menyebabkan perubahan warna.

2. Bersihkan gagang lemari

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandelthespruce.com

Setelah membersihkan bagian permukaan, kamu juga perlu membersihkan gagang lemari. Caranya, gunakan sikat gigi bekas yang sudah diberi larutan cuka dan air hangat. Setelah itu, gosokkan hingga bersih, lalu bilas dengan air. 

3. Bersihkan bagian dalam lemari dapur

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandelthespruce.com

Biasanya bagian dalam lemari menjadi kotor akibat bumbu atau remahan makanan yang tumpah. Jika kondisinya seperti itu, sebaiknya gunakan penyedot debu setelah isi lemari dikosongkan.

Bersihkan bagian dalam lemari dengan air hangat dan sedikit deterjen ringan. Bilas dengan kain lembab, lalu usap dengan lap kering. 

4. Hilangkan noda yang membandel

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandeleastvillagekitchen.com

Jika terdapat penumpukan noda membandel, kamu bisa menggunakan pasta soda kue dan air. Gosok area tersebut secara perlahan dengan sikat atau spons.

Kamu juga bisa menggunakan minyak lemon, lalu diamkan selama dua hingga empat menit. Gosok hingga bersih. 

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Panci Gosong dan Berkerak, Bersih Bersinar Lagi!

5. Cara mengeringkan lemari dapur

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandelwikihow.com

Pastikan sudah membilas permukaan lemari sebelum dikeringkan. Jika tidak dibilas, lemari akan menghitam, karena masih ada cairan pembersih atau sabun yang tersisa.

Setelah selesai dibersihkan, kamu harus mengeringkan lemari dengan kain kering untuk mencegah kerusakan pada permukaan lemari dapur. 

6. Cara memoles bagian permukaan lemari dapur

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandeleverydaycheapskate.com

Pilih jenis polesan furnitur yang berfungsi untuk mengilapkan. Semprotkan polesan tersebut pada kain kering. Gosok perlahan secara keseluruhan. Lanjutkan dengan membersihkan sudut lain dari lemari dapur.

Lakukan pembersihan yang kedua untuk menghilangkan poles yang berlebih, sehingga membuat lemari dapur terlihat lebih berkilau.

7. Tips menjaga lemari dapur bersih lebih lama

7 Cara Membersihkan Lemari Dapur, Bebas Bau dan Noda Membandelmenagetotal.ca

Ada beberapa tips menjaga kebersihan lemari dapur jadi lebih lama, antara lain:

  • Bersihkan lemari dapur setidaknya sepekan sekali dengan kain lembut atau kain standar.
  • Segera bersihkan tumpahan dengan kain atau spons lembab. Jika semakin lama dibiarkan, maka kotoran akan lebih cepat menempel dan lebih sulit dibersihkan.
  • Hindari menyimpan peralatan dapur yang menghasilkan panas seperti pemanggang roti. Sebab, suhu panas atau lembap yang berlebih dapat merusak permukaan lemari dapur.

Itulah cara membersihkan lemari dapur supaya bebas bakteri dan bau. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktikkan!

Download aplikasi kuliner terbaru Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Teflon Gosong yang Benar dan Mudah, Ini Tipsnya!

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya