Comscore Tracker

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awet

Bisa bertahan hingga berbulan-bulan, lho

Daun bawang merupakan salah satu bahan yang sering digunakan sebagai campuran suatu makanan. Biasanya, saat kita membeli daun bawang di supermarket atau pasar tradisional, kita harus membeli satu ikat daun bawang.

Kita harus bisa menyimpan daun bawang dengan benar, supaya sisanya tetap bisa digunakan. Biar gak cepat busuk, berikut cara menyimpan daun bawang supaya lebih awet.

1. Simpan di kantung plastik

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awetaliexpress.com

Cara paling mudah menyimpan daun bawang adalah di dalam kantung plastik. Setelah itu, simpan di dalam kulkas bagian bawah.

Sebaiknya lubangi kantung plastik untuk mempertahankan kelembapan dan supaya baunya gak menyebar. Dengan begitu, daun bawang gak akan cepat busuk dan bisa tahan sekitar 10 hari. 

2. Simpan di stoples

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awetaliexpress.com

Kamu juga bisa menyimpan daun bawang di dalam stoples. Sebelum menyimpan di stoples, kamu harus merebus daun bawang terlebih dahulu selama 30 detik.

Setelah direbus, langsung pindahkan daun bawang ke dalam air es. Tiriskan daun bawang hingga kering. Nah, daun bawang bisa awet selama dua hingga tiga bulan. 

3. Simpan dengan air

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awetpinterest.com/tops2kopsville

Salah satu cara sederhana menyimpan daun bawang adalah menggunakan air. Caranya, siapkan gelas berukuran besar yang sudah diisi air dingin, lalu masukkan daun bawang dan letakkan dalam suhu ruangan. Cara ini bisa membuat daun bawang tetap segar hingga dua hari. 

4. Simpan di botol

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awetoffgridworld.com

Kamu juga bisa memanfaatkan botol bekas untuk menyimpan daun bawang. Caranya, bersihkan botol, lalu iris-iris daun bawang. Setelah diiris, keringkan daun bawang dengan tisu atau lap bersih.

Setelah itu, masukkan ke dalam botol yang bersih. Daun bawang bisa tahan lama hingga tiga pekan. 

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basi

5. Simpan di freezer

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awettastyseasons.com

Bisa juga menyimpannya di dalam freezer. Potong akar dan belah batang daun bawang. Setelah itu, cuci daun bawang, kemudian iris-iris.

Setelah diiris, rebus daun bawang dengan air mendidih dan sedikit garam selama 30 detik. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan daun bawang ini di dalam freezer. Cara ini dapat membuat daun bawang tahan lama hingga tiga bulan.

6. Pisahkan daun dan batangnya

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awetcleangreensimple.com

Cara lainnya, pisahkan bagian daun dan batangnya, karena bagian daun cenderung lebih cepat membusuk. Jadi, pisahkan daun bawang dan batang di dalam dua wadah berbeda. 

7. Simpan dalam kondisi kering

7 Cara Menyimpan Daun Bawang, supaya Tetap Segar dan Lebih Awetthrivinghomeblog.com

Jika kamu gak memiliki kulkas, kamu juga bisa menyimpan daun bawang dalam keadaan kering. Caranya cuci daun bawang terlebih dahulu. Setelah itu, serap air dengan tisu hingga benar-benar kering.

Tekan secara perlahan supaya daun bawang gak rusak. Hal ini bertujuan supaya daun bawang gak cepat menguning. Setelah itu, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah. 

Itulah tujuh cara menyimpan daun bawang supaya lebih awet. Coba cek di kulkasmu ya, sudah benar belum cara menyimpan daun bawangmu.

Download aplikasi mencari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Bawang Merah yang Tahan Lama dan Gak Gampang Busuk

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya