Comscore Tracker

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? 

Kamu lebih suka nongkrong di mana?

Tempat ngopi semakin banyak digandrungi semua kalangan, terutama anak muda. Terbukti dari menjamurnya kedai kopi kekinian di berbagai daerah di Indonesia. 

Nah, sebelum ada kedai kopi kekinian, tempat ngopi yang paling populer adalah kopitiam. Meski sama-sama kedai kopi, tetapi ada beberapa perbedaan kopitiam dan kedai kopi kekinian, lho. Berikut tujuh perbedaannya yang harus kamu tahu. 

1. Perbedaan budaya

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? Ilustrasi kedai kopi kekinian (unsplash.com/@krisatomic)

Kopitiam berasal dari bahasa Melayu, kopi dan Tionghoa. Tempat ngopi ini identik dengan budaya Melayu dan China. Maka dari itu, kopitiam bisa kamu temukan di kawasan Pecinan. Biasanya suasananya sederhana dan nyaman. 

Berbeda dengan kedai kopi kekinian yang lebih modern, mulai dari konsep hingga bangunannya. Ada kedai kopi dengan desain minimalis, industrialis, hingga ala Korea. 

2. Nama kopi

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? Ilustrasi menu kopi (unsplash.com/joshcouch)

Untuk pemberian nama menu, setiap kedai memiliki ciri khas masing-masing. Kopitiam memiliki standar menu seperti kopi o, yakni kopi hitam tanpa gula atau sudah dicampur gula, kopi peng merupakan es kopi dengan gula, atau kopi c berarti kopi dengan campuran kental manis dan gula.

Sementara di kedai kopi kekinian, menunya lebih beragam, seperti es kopi susu yang diberi nama sesuai kreativitas pemilik kedai kopi. Selain itu, ada coffee latte, cappuccino, dan lain-lain. 

3. Alat membuat kopi

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? ilustrasi alat pembuat kopi (unsplash.com/Mahaztra Yedhi Syaelendra)

Hal yang membedakan kedua tempat ngopi ini adalah alatnya. Kopitiam menggunakan alat tradisional berupa teko besar dengan leher panjang. Teko tersebut lengkap dengan saringan untuk menyaring ampas kopi.

Sementara kedai kopi kekinian menggunakan mesin kopi modern, seperti french press, V60, dan lain-lain. 

4. Jenis susu yang digunakan

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? Ilustrasi susu UHT (unsplash.com/@anvision)

Kopitiam dan kedai kopi kekinian memiliki menu kopi susu. Namun, bedanya adalah jenis susu yang digunakan. Kopitiam menggunakan susu evaporasi, sedangkan kedai kopi kekinian menggunakan susu UHT. 

Baca Juga: 10 Tips Membuat Kopi Seenak Kafe, Lebih Enak dan Hemat 

5. Pembuat kopi

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? Ilustrasi alat pembuat kopi di kopitiam (pinterest.com/nytimes)

Kedai kopi kekinian memiliki barista profesional yang sudah bersertifikat. Berbeda dengan kopitiam, pembuat kopi di tempat ini merupakan pemilik kopitiam sendiri yang sudah turun temurun. Biasanya pemilik kopitiam belajar otodidak untuk membuat kopi. 

6. Makanan pendamping

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? Ilustrasi menu kopitiam (pinterest.com/vsco)

Makanan pendamping yang disajikan pun berbeda. Di kopitiam biasanya selalu ada roti panggang dengan selai srikaya, telur setengah matang, kwetiau, atau nasi lemak.

Sedangkan, kedai kopi kekinian biasanya menawarkan roti bakar kekinian, cake, cookies, atau makanan khas Western.

7. Perbedaan harga

7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? Ilustrasi menu di kopitiam (pinterest.com/kopitiamny)

Tentunya kedua tempat ngopi ini harga menunya berbeda. Harga menu di kopitiam cenderung lebih murah daripada kedai kopi kekinian. Kopitiam bisa menjadi pilihan hemat saat berada di luar negeri.

Itulah tujuh perbedaan kopitiam dan kedai kopi kekinian yang perlu kamu tahu. Keduanya sama-sama tempat ngopi yang populer. Kalau kamu akan pilih tempat ngopi yang mana? 

Baca Juga: 7 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica, Asal Muasal Beragam Minuman Kopi

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya