Comscore Tracker

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat 

#IDNTimesFood Anak kos bisa coba

Pasta sering dianggap makanan mewah di tanah air. Panganan khas Italia ini identik dengan bahan-bahan impor nan mahal. Alhasil, jarang deh anak kos yang meliriknya untuk menu makanan sehari-hari. Padahal kamu bisa membuat sajian sedap dan mengenyangkan ini secepat bikin mi instan. Lebih sehat pula.

Gak percaya? Simak sembilan ide saus pasta termudah berikut. Pasti tergoda buat mempraktikan. 

1. Pasta Al Limone, saus lemon yang segar  

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Pasta al limone (instagram.com/donalskehan)

Pasta al limone adalah salah satu saus khas Italia yang cuma butuh dua bahan utama, yaitu krim dan parutan kulit lemon. Krim kental bisa kamu ganti susu cair saja jika sulit menemukannya di pasar.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melelehkan mentega di wajan. Kemudian menuang susu cair ke dalamnya, dilanjut parutan kulit jeruk lemon. Setelah itu, kamu bisa tambah beberapa bumbu tambahan seperti merica, garam, serta parutan keju parmesan atau cheddar.

Tinggal masukkan pasta yang sudah direbus matang dan aduk sampai saus krim lemon menyelimutinya dengan sempurna. Untuk garnish dan penyegar, tambahan cincangan daun seledri juga boleh ditaburkan. 

2. Pasta dengan saus telur orak-arik

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Pasta dengan telur orak-arik (instagram.com/nytimes)

Perpaduan pasta dan telur juga sedap, lho. Caranya hampir sama dengan pembuatan aglio olio, kamu wajib menumis bawang putih dalam minyak sayur. Kemudian, angkat bawang putihnya dan gunakan sisa minyak tersebut untuk menggoreng telur.

Terakhir, tinggal masukkan pasta yang sudah direbus ke dalam wajan berisi telur dan aduk rata. Santap bersama keju dan taburan merica hitam. 

3. Aglio Olio, modalnya bawang putih

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Aglio e olio (instagram.com/hyenmood)

Resep lainnya yang tak kalah mudah dibuat adalah pasta aglio olio. Kamu cuma butuh modal minyak zaitun dan bawang putih untuk membuatnya. Gampang banget, tinggal siapkan beberapa siung bawang putih yang sudah digeprek. Kemudian, panaskan minyak zaitun di wajan dan tumis bawang putih geprek tersebut sampai warna berubah kekuningan. Lalu, matikan api dan angkat bawang putih sebelum gosong.

Sisa minyak ini silakan dipakai untuk membumbui spaghetti. Agar makin sedap, kamu bebas menambahkan komponen tambahan seperti jamur, sayuran hijau, dan keju parut. 

4. Beef Ragu 

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Beef ragu pasta (instagram.com/cookscountry)

Beef ragu juga saus khas Italia yang sering disamakan dengan Bolognese. Agak beda di kekentalan dan jenis wine yang dipakai. Beef ragu menggunakan anggur merah dalam komponennya. Namun, bagi yang tidak mengonsumsi alkohol, gak masalah menghilangkan wine dalam resep dan tambah volume kaldu sapinya. 

Dengan begitu, kamu cuma butuh kaldu sapi, daging sapi, pasta tomat, wortel, daun bawang, dan bawang bombay. Wortel, daging sapi, daun bawang, dan bawang bombay peru ditumis dulu sampai matang merata dan lunak. Kemudian, kaldu sapi dan pasta tomat dituang ke dalamnya.

Proses ini akan butuh waktu agak lama karena kamu ingin konsistensi saus yang kental. Baru bumbu tambahan seperti merica dan garam ditaburkan sebelum pasta dimasukkan. 

Baca Juga: 5 Menu Pasta dari Sicilia, Italia yang Punya Beragam Varian Rasa

5. Saus pedas Arrabiata

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Arrabiata (instagram.com/terianncarty)

Jangan bayangkan pedas seperti sambal Indonesia, ya. Saus Arrabiata ala Italia ini sebenarnya didominasi tomat. Seperti biasa, pembuatan dimulai dengan menumis bawang putih dan bawang bombay sampai berubah warna dan harum. Lalu, masukkan pasta tomat. Baru potongan buah tomat dan cayenne atau cabai besar ditambahkan.

Untuk memperkuat rasa pedas, bubuk paprika atau bubuk cabai bisa ditambahkan. Baru bumbu esensial seperti garam dan merica di akhir. 

6. Pasta Al Tonno

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Pasta al tonno (instagram.com/____dorci)

Pasta al Tonno pada dasarnya adalah pasta dengan tuna. Caranya hampir sama dengan cara pembuatan pasta lainnya. Dimulai dengan menumis bawang putih dalam minyak zaitun hingga wangi dan lunak.

Bawang putih bisa diangkat atau dibiarkan tetap dalam masakan, yang jelas minyak zaitun akan lebih kaya rasa setelahnya. Siap dipakai untuk menumis komponen lain seperti ikan tuna dan pasta tomat. Pasta tomatnya bisa bikin sendiri dari tomat yang direbus, dikupas kulitnya dan dihaluskan. 

7. Spaghetti Napolitana

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Spaghetti Napolitana (instagram.com/mon__esthetique)

Spaghetti Napolitana gak kalah gampang. Cocok buat vegetarian karena hanya berbahan tomat, bawang putih, dan minyak zaitun. Seperti biasa minyak zaitun dipakai untuk menumis bawang putih dulu. Baru kemudian potongan tomat dimasukkan dan dimasak sampai lunak dan mulai hancur. 

Di saat itu, pasta yang sudah matang boleh dimasukkan. Terakhir, bumbu tambahan lain  seperti merica dan garam ditambahkan. Sajikan di piring bersama daun basil dan taburan keju parut.

8. Bechamel atau saus putih 

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Bechamel sauce (instagram.com/the.foodgalore)

Saus putih yang anggun ini hanya perlu empat bahan saja, mentega, tepung terigu, susu cair, dan keju cheddar parut. Caranya gampang banget, mentega dilelehkan di wajan dengan api kecil. Kemudian, ditambah tepung dan diaduk sampai rata. Baru, susu cair dituang sedikit demi sedikit ke dalam wajan sambil diaduk-aduk terus. Terakhir, parutan keju. Ditambah bumbu juga boleh, merica dan pala misalnya.

Saus bechamel yang gampang ini siap dijadikan selimut pasta yang sedap. Langsung disantap saat itu juga atau mau dipanggang dulu, bebas.  

9. Pasta dengan saus paprika panggang

9 Ide Saus Pasta Termudah, Solusi Masak Sajian Sehat dengan Cepat Saus paprika panggang (instagram.com/lunchin_)

Bosan dengan saus pasta yang berbahan tomat, coba paprika panggang. Caranya paprika perlu dipanggang dulu di dalam oven atau boleh kok ditumis di atas wajan dengan sedikit minyak sampai sisi-sisinya mulai berubah warna kecoklatan.

Setelah itu, paprika perlu dikupas dari kulitnya dan diblender bersama susu atau krim, bawang putih, dan kaldu. Saus kemudian dimasak sampai mendidih sebelum dicampur dengan pasta dan komponen lain yang dimau. 

Gampang, bisa langsung dipraktikan dengan bahan-bahan di kulkas. Solusi masak cepat gak melulu bertumpu pada makanan instan kemasan. Kalau ada yang lebih sehat, kenapa tidak?

Baca Juga: Resep Kimchi Spaghetti, Hidangan Pasta Pedas Bercita Rasa Khas Korea!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya