Comscore Tracker

Jangan Dibuang, Begini Cara Menyimpan & Menghangatkan Makanan Sisa

Hemat, biar bisa dimakan lagi

Makanan sisa sering kita temui di rumah, hal ini bisa dikarenakan memasak dalam jumlah banyak atau kelebihan membeli makanan. Nah, jika kamu menemui makanan sisa, segera amankan ke dalam kulkas ya guys, supaya tidak basi dan terbuang sia-sia. Sebab makanan sisa juga bisa dimakan lagi lho, asal disimpan dengan benar. Bagaimana caranya? Yuk simak.

1. Pindahkan makanan sisa ke dalam wadah kecil

Jangan Dibuang, Begini Cara Menyimpan & Menghangatkan Makanan Sisaunsplash/Caroline Attwood

Supaya makanan sisa dapat disimpan dalam keadaan baik, maka kemasi  makanan segera setelah tidak dimakan, paling tidak dalam jangka waktu dua jam. Simpan makanan sisa menggunakan wadah kecil atau bagi makanan menjadi beberapa porsi kecil. Penggunaan wadah kecil bertujuan untuk menghemat ruangan di dalam kulkas serta memudahkan ketika ingin menghangatkannya kembali.

2. Segera masukkan makanan ke dalam kulkas

Jangan Dibuang, Begini Cara Menyimpan & Menghangatkan Makanan Sisapixabay.com/stevepb

Nah, setelah siap dalam wadah kecil segera masukkan makanan ke dalam kulkas, kamu bisa memasukkannya ke dalam rak pendingin (fridge) atau freezer, tergantung jenis makanannya. Jika makanan disimpan di dalam fridge, gunakan paling tidak dalam jangka waktu dua hari agar rasanya tidak terlalu berubah.

Baca Juga: Musim Hujan, Hindari 6 Makanan Ini Biar Gak Kena Radang Tenggorokan!

3. Hangatkan makanan hingga 70 derajat celcius

Jangan Dibuang, Begini Cara Menyimpan & Menghangatkan Makanan Sisapexels/Tookapic

Jika ingin dikonsumsi, dan sebelum dipanaskan, sebaiknya keluarkan makanan dari fridge atau freezer lalu hilangkan es atau suhu dinginnya terlebih dahulu (defrost) pada suhu ruang. Setelah itu panaskan hingga suhu 70 derajat celcius sekitar dua menit dan pastikan seluruh bagian makanan terkena panas termasuk juga bagian dalamnya.

Jangan terburu-buru ya, bisa jadi makananmu panas di luar tetapi masih dingin di dalam, terutama jika menghangatkan daging, ayam, ikan atau makanan lainnya yang memiliki ketebalan ekstra dan keras.

4. Jangan panaskan makanan berulang kali

Jangan Dibuang, Begini Cara Menyimpan & Menghangatkan Makanan Sisapixabay/olafBroeker

Ini penting guys! Makanan yang sudah dipanaskan jangan dimasukkan kembali ke dalam kulkas ya, cukup dipanaskan sekali saja dan segera dimakan. Jika berulang kali disimpan dan dipanaskan maka akan mempengaruhi kualitas dan rasa makanan tersebut.

Itulah mengapa sebaiknya menyimpan makanan sisa ke dalam wadah kecil, agar makanan tidak tersisa dan berpotensi untuk dimasukkan kembali ke dalam kulkas. Makanan yang sudah dihangatkan ulang sebaiknya segera dimakan.

5. Ambil makanan secukupnya

Jangan Dibuang, Begini Cara Menyimpan & Menghangatkan Makanan Sisaunsplash/Andrik Langfield

Supaya makanan tidak terbuang sia-sia, cukup ambil seperlunya saja ya guys. Kenali kebutuhan makanmu dan jangan berlebihan. Makanan sisa memang tampak sepele, tetapi ketahuilah bahwa masih banyak orang di luar sana yang kesulitan makan.

Nah, coba terapkan beberapa langkah di atas ya, supaya makanan tidak terbuang begitu saja.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Mengolah Makanan Sisa dalam Kulkas, Yuk Cobain!

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You