Comscore Tracker

Mengenal Lontong Kupang, Makanan Khas Jawa Timur

Rugi kalau belum coba

Siapa yang tidak kenal makanan khas Jawa Timur yang satu ini?Ya lontong kupang adalah makanan khas dari Jawa Timur khususnya daerah Sidoarjo. Memiliki cita rasa yang menggoda membuat siapa saja penasaran untuk mencobanya. Yuk kita mengenal lebih jauh tentang kuliner yang satu ini

1. Berbahan dasar kupang, apaan tuh?

Mengenal Lontong Kupang, Makanan Khas Jawa TimurKompas.com

Bahan utama dalam pembuatan lontong kupang ialah kupang putih yaitu hewan laut sejenis kerang yang memiliki ukuran kurang dari 1 cm atau sebesar butiran beras.

2. Kupang hanya ditemukan di pesisir Timur Jawa Timur

Mengenal Lontong Kupang, Makanan Khas Jawa TimurTempatwisata.com

Kupang hanya dapat ditemukan di pesisir timur Jawa Timur khususnya di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan sehingga kuliner ini menjadi ciri khas tersendiri di Jawa Timur.

3. Proses menangkap kupang yang unik

Mengenal Lontong Kupang, Makanan Khas Jawa TimurAntarafoto

Pernah dengar kalau menangkap kupang dengan cara menggunakan tinja manusia sebagai umpan?ternyata itu semua hanya rumor belaka. Cara menangkap kupang sangat sederhana.

Nelayan hanya menggunakan alat sederhana berupa sabit untuk menyabit rumput atau ganggang laut dimana banyak kupang yang menempel disana. Nelayan juga bisa menggunakan tanah liat berwarna kuning yang biasa ditemukan di pantai utara Jawa Timur sebagai umpan untuk menangkap kupang.

Baca Juga: 7 Kuliner yang Viral di Tahun 2018, Sudah Nyobain Semua?

4. Memiliki cita rasa pedas, manis dan asam

Mengenal Lontong Kupang, Makanan Khas Jawa Timur3.bp.blogspot

Kupang yang sudah dikupas dan dimasak, disajikan dengan kuah yang telah di campur petis yang telah diolah, kemudian diuleg dengan potongan bawang putih mentah, gula, bawang putih goreng dan diberi perasan jeruk nipis, serta diberi tambahan cabe bagi yang menyukai pedas. Hmm sudah terbayang bagaimana rasanya?

5. Lontong kupang harus disajikan bersama es kelapa muda

Mengenal Lontong Kupang, Makanan Khas Jawa TimurUnsplash.com

Bagi sebagian orang mengonsumsi makanan yang berasal dari laut bisa menyebabkan keracunan. Karena itu penjual lontong kupang selalu menyediakan es kelapa muda untuk menawar racun dari kupang.

6. Kupang memiliki kandungan nutrisi yang baik

Mengenal Lontong Kupang, Makanan Khas Jawa TimurNusantarapedia.com

Kupang merupakan sumber asam amino esensial yang baik. Kupang memiliki 17 asam amino. Dimana 10 diantaranya ialah asam amino esensial yang diperlukan untuk tubuh, antara lain : treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin. Asam amino esensial tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia, tetapi harus didapat dari makanan sehari-hari.

Kupang juga memiliki kandungan mikronutrien yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah, sedangkan Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia.

Asam lemak esensial omega-3 membentuk komponen yang melancarkan transportasi oksigen dan nutrisi makro (protein, lemak, dan karbrohidrat) ke dalam sel-sel tubuh sehingga dapat membantu pembuangan produk sisa metabolisme seperti karbondioksida dari sel, sedangkan EPA sangat efektif mengurangi kerusakan otot.

Bagaimana?tertarik untuk mencicipi kuliner khas jawa Timur yang lezat dan menyehatkan ini?

Baca Juga: 10 Kuliner yang Terinspirasi SpongeBob Squarepants, Gak Tega Makannya

Fanny Ariyandini Photo Writer Fanny Ariyandini

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya