Comscore Tracker

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!

Nomor 5 dan 11 menggugah selera

Siapa yang belum pernah mendengar mango sticky rice? Yap, makanan ini memang sedang booming beberapa waktu terakhir. Di negara asalnya Thailand, mango sticky rice disebut dengan Khao Neeo Mamuang yang terdiri dari ketan putih yang telah dimasak kemudian ditambah dengan irisan buah mangga manis dan disiram dengan kuah santan kental.

Rasanya gurih dan manis. Orang-orang Thailand menjadikan makanan ini sebagai dessert atau makanan penutup dan banyak dijual di berbagai tempat makan mulai dari restoran hingga pedagang kaki lima (streetfood). 

Jika diperhatikan, mango sticky rice yang berbahan dasar ketan ini tidak asing di lidah orang Indonesia (bedanya hanya ditambahkan mangga). Ketan sangat mudah didapat di pasar tradisional dan supermarket. Begitu pula dengan mangga. Hmm, kira-kira sebelum mango sticky rice itu booming, apa saja makanan khas Indonesia yang terbuat dari ketan?

1. Ketan Susu

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!kabarbisnis.com

Makanan ini terbuat dari ketan yang dikukus matang kemudian diberi susu kental manis dan parutan kelapa. Salah satu kedai ketan susu legendaris adalah Pos Ketan Legenda 1967 yang terletak di dekat Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur. Di sana terdapat berbagai topping untuk ketan susu. Mulai dari keju, meises, bubuk kedelai hingga durian.

2. Lemper

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!selerasa.com

Lemper biasa disebut sebagai jajanan pasar karena banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Makanan ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan. Setelah matang, ketan dibungkus menggunakan daun pisang dan diberi isian berupa daging ayam cincang yang telah dibumbui atau abon sapi. Rasanya sangat gurih dan legit.  

3. Semar Mendem

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!anekamenuresep.blogspot.co.id

Semar mendem hampir sama dengan lemper. Bedanya hanya pada pembungkusnya. Lemper dibungkus dengan daun pisang, sedangkan semar mendem dibungkus dengan dadar yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu.

4. Lupis Ketan

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!menjualkerupuk.com

Lupis juga termasuk jajanan pasar yang terbuat dari ketan dimasak dengan daun pisang seperti lontong. Cara penyajiannya adalah lupis diiris kecil-kecil kemudian disiram kuah gula aren kental dan parutan kelapa. Makanan ini tidak tahan lama sehingga setelah dihidangkan harus segera dimakan.

5. Wajik Ketan

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!resepmasakansiemak.com

Wajik ketan terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, daun pandan dan gula merah hingga berminyak dan terasa lembut. Setelah matang, wajik kemudian dicetak atau diiris sesuai selera. Di pasar tradisional, wajik yang dijual berbentuk belah ketupat atau jajaran genjang. Di wilayah Jawa, wajik juga sering digunakan sebagai salah satu seserahan yang dibawa seorang laki-laki ketika hendak melamar seorang perempuan.

6. Tape Ketan

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!roomvi.blogspot.co.i

Tape atau tapai ketan terbuat dari beras ketan (baik yang hitam maupun putih) yang dimasak dan dikukus kemudian dibubuhi ragi. Adonan tersebut kemudian dibungkus kecil-kecil menggunakan daun pisang agar tidak terkena udara selama 2-4 hari. Setelah 2-4 hari, tape berair dan siap dimakan atau digunakan sebagai campuran minuman seperti es dawet.

7. Rengginang

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!hamamisaputradoang.blogspot.co.id

Rengginang merupakan sejenis camilan kerupuk yang gurih dan renyah. Makanan ini terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dimasak bersama bumbu-bumbu. Setelah matang, rengginang dicetak kecil-kecil dan dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. 

Rengginang yang telah kering kemudian digoreng dengan minyak panas hingga mekar. Agar tidak melempem, sebaiknya simpan rengginang di dalam toples kedap udara. Tidak heran jika setiap lebaran kalian akan sering menemukan kaleng biskuit tetapi isinya rengginang.

8. Bubur Ketan

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!agrowindo.com

Ketan yang sering digunakan untuk membuat bubur ini adalah ketan hitam. Sebelum dimasak, ketan hitam harus dicuci hingga bersih dan direndam air selama lima jam. Kemudian ketan dimasak bersama air, daun pandan, gula dan garam secukupnya sampai mendidih dan meletup-letup. Ketan yang sudah matang kemudian disajikan dengan kuah santan yang telah direbus dengan daun pandan dan garam.

9. Klepon

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!resepseharihari.com

Siapa yang tidak kenal klepon? Kue kecil berbentuk bulat seperti bakso dan ketika digigit ada gula merah lumer di dalamnya ini melegenda di kalangan masyarakat Indonesia. Teksturnya lembut dan kenyal sehingga disukai oleh siapa pun dari berbagai kalangan usia.

Klepon terbuat dari tepung ketan dan tepung beras yang diuleni sampai kalis. Adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil dan diberi isi gula merah kemudian direbus ke dalam air mendidih hingga matang. Penyajiannya adalah dengan mencampur klepon yang telah matang dengan parutan kelapa.

10. Kue Talam Lapis Ketan

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!cookpad.com

Kue talam memiliki banyak varian, salah satunya talam lapis ketan. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mengukus ketan bersama air, santan dan garam secukupnya. Setelah agak matang, ditimpa dengan adonan tepung tapioka, telur, gula, santan, air dan daun pandan.

Setelah itu, kukus kembali sampai benar-benar matang. Kue ini cocok digunakan sebagai teman minum teh di sore hari.

11. Onde-Onde

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!indonesia-tourism.com

Siapa yang tak kenal dengan onde-onde? Kue ini termasuk jajanan pasar yang paling populer di Indonesia. Onde-onde terbuat dari tepung ketan, gula, garam, air dan vanili yang dibentuk pipih kemudian diisi dengan kacang hijau yang telah dikukus hingga matang. Adonan kemudian dibulatkan, digulingkan dengan biji wijen dan digoreng.

12. Gemblong

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!jajananuenak.com

Gemblong adalah kue yang sangat familiar di kalangan masyarakat Betawi dan Sunda. Kue ini terbuat dari adonan tepung ketan putih yang diuleni hingga kalis kemdian dibentuk bulat lonjong dan digoreng. Gemblong yang telah matang dan dingin kemudian dilapisi dengan gula aren yang dicairkan. Rasanya tentu saja manis bercampur gurih.

13. Intip Ketan

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!akper470115063.blogspot.co.id

Intip di sini bukan kata kerja ya, melainkan kata benda berupa makanan yang terbuat dari ketan putih yang dimasak dengan berbagai metode. Mulai dari dikukus, direbus hingga dibakar di atas bara api. Rasanya? Pastinya gurih dan enak, apalagi jika ditaburi bubuk kedelai dan parutan kelapa.

14. Jadah

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!bonvoyagejogja.com

Jadah merupakan kue tradisional yang sering kita temui di berbagai acara, seperti lamaran, pernikahan dan khitanan. Para pedagang kaki lima juga banyak yang menjajakan jadah dengan cara dibakar atau biasa kita sebut jadah bakar.

15. Wingko Babat

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!yogyakarta.panduanwisata.id

Wingko babat merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak pedagang kaki lima menjajakan makanan ini di terminal, stasiun dan juga terdapat di toko oleh-oleh. Bahan utama pembuatan wingko babat adalah tepung ketan, kelapa parut, dan gula yang dikukus kemudian dibentuk bulat pipih dan dipanggang di dalam oven atau di atas teflon hingga matang.

16. Iwel-Iwel

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!pictame.com

Sekilas namanya terkesan lucu dan imut-imut ya? Yap, iwel-iwel memang berhubungan dengan yang imut-imut. Kue tradisional ini umumnya dibuat untuk acara selamatan bayi yang baru lahir atau berumur sepasar (5 hari) dan selapan (35 hari). Kue ini dibuat dari ketan yang digiling kasar dan ditambahkan garam, kelapa parut dan air. Kemudian dibungkus kecil-kecil menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang.

17. Mochi

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!katalogwisata.com

Ini bukan kue mochi Jepang, tapi kue mochi yang terkenal di seantero Jawa Barat, khususnya di wilayah Bogor dan Sukabumi. Kue mochi terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan bahan-bahan lain kemudian diuleni dan dibentuk bulat kecil.

Pada bagian tengah diisi dengan kacang tanah. Beberapa kue mochi diberi pewarna makanan agar terlihat menarik. Biasanya kue ini dikemas menggunakan wadah dari bambu yang dianyam berbentuk kotak.

18. Brem Madiun

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!tokopedia.com

Siapa yang belum kenal dengan makanan padat berbentuk batangan tetapi jika dimakan langsung lumer di mulut ini? Yap, Brem Madiun. Makanan berbahan baku ketan ini memang sangat melekat dengan Kota Madiun. Belum lengkap ke Madiun jika belum menikmati Brem.

Makanan ini terbuat dari tape ketan yang disaring dengan kain bersih kemudian dicampur dengan air matang dan direbus sembari diaduk. Setelah kental, adonan brem dicetak sesuai selera dan dikeringkan menggunakan oven atau di bawah terik matahari langsung selama seminggu.

19. Dodol

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!acc-ukm.blogspot.co.id

Siapa yang tak kenal dodol? Makanan manis nan legit ini memiliki banyak sekali varian yang bisa dibeli di toko oleh-oleh, mulai dari dodol garut, dodol apel, dodol durian, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak varian dodol, dodol garut merupakan salah satu dodol tradisional dan memiliki rasa original, teksturnya pun kenyal dan lembut. Makanan ini terbuat dari tepung ketan, santan kental, gula pasir atau merah yang dicampur menjadi satu lalu diaduk selama 3-4 jam hingga mengental. 

20. Jenang Grendul

20 Jajanan Indonesia Berbahan Ketan, Mango Sticky Rice Sih Lewat!bukuresep.net

Jenang grendul atau biasa dikenal sebagai bubur candil ini sangat mudah ditemui pada bulan Ramadhan sebagai menu favorit berbuka puasa atau takjil. Di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, jenang grendul banyak dijual di pasar tradisional dan umumnya dicampur dengan jenang-jenang yang lain seperti jenang sumsum (bubur sumsum). Rasanya kenyal bercampur manis dan gurih cocok untuk dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya