Comscore Tracker

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!

Ternyata lebih lezat kalau dimakan jadi satu!

Kuliner jadi agenda wajib para traveler kala ke Banyuwangi. Yang istimewa, kota gandrung ini terkenal dengan kuliner unik yang menggabungkan dua hidangan sekaligus. Sensasi rasa baru khas makanan campuran ini selalu mengundang rasa penasaran. Salah satunya yang wajib dicicipi yakni rujak soto.

Bumbu kacang petisnya yang diuleg dadakan terasa segar. Cocok dikombinasi sama sayuran rebus, tempe tahu goreng dan lontong. Ditambah potongan daging plus jeroan. Terakhir, disiram kuah soto yang panas.

Kreasi rujak berkuah ini memang nagih banget meskipun awalnya banyak yang malas mencoba karena terkesan aneh. Tapi kalau sudah masuk mulut dijamin rujak soto ini ternyata lezat. Rujak versi hangat ini gurih dan segarnya lebih nampol.

Nah, biar gak menyesal cobain rujak sotonya wajib di tempat yang jago mengolah kuliner hybrid ini. Simak yuk, 12 list lokasi rujak soto terenak di Banyuwangi berikut!

1. Rujak Soto Mbok Mbret

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/nininzandrea

Alamatnya ada di Jalan Raya Jember, Benculuk, Banyuwangi. Warungnya berada tepat didepan bekas gedung bioskop Slyva. Meskipun tempatnya sederhana tapi warung ini tak pernah sepi pembeli. Sejak jam sepuluh pagi, kalian sudah bisa antri buat mencicipi rujak soto.

Rujak disini memang terkenal enak. Bumbu kacangnya super legit, kental dan berlimpah. Komposisi kacang dan petisnya terasa nikmat. Pedasnya pun bebas, bisa request jumlah cabe rawitnya.

Begitu pula dengan isian komplitnya berupa sayuran rebus, potongan tahu dan tempe goreng, babat, telur puyuh rebus, ketimun, daging sapi serta lontong. Tak lupa kerupuk buat pelengkap bersantap rujak soto.

Terakhir tinggal guyur dengan kuah soto lalu ditaburi seledri dan bawang goreng. Sedapnya langsung tercium menyatu bersama rujaknya. Kalau gak suka lontong rujak soto ini bisa dinikmati dengan sepiring nasi putih. Porsinya yang jumbo ini cukup ditebus seharga Rp20.000 saja.

Kalau masih belum kenyang bisa cobain rujak cingur, lontong soto, rujak manis dan lainnya. Boleh juga jajan gorengan seperti tahu isi dan pisang goreng. Ada juga jenang ketan hitam dan es campur yang yahud banget!

2. Pondok Rujak Soto

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/alvaliafw

Cukup merogoh uang sebesar Rp20.000, kalian bisa menyantap seporsi rujak soto. Terdiri dari rujak sayur yang dicampur kuah soto. Dengan tambahan potongan babat, daging sapi dan telur rebus.

Beda dari tempat lain, bumbu kacangnya diuleg agak kasar jadi pas diseruput kuahnya masih ada tekstur renyah kacang goreng yang nikmat.

Lokasinya di Jalan Basuki Rahmat No 113, Singotrunan, Banyuwangi. Bukanya mulai jam sembilan pagi hingga sembilan malam.

3. Rujak Soto "Baluk" Bu Islamiyah

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/indrastwn

Berada di Jalan Airlangga 62, Kebalenan, Banyuwangi. Bukanya dari jam sebelas siang sampai lima sore.

Rujak sayur dibuat terlebih dulu dengan menguleg bumbu kacang yang dicampur dengan sayuran rebus, potongan lontong tahu dan tempe goreng serta irisan ketimun. Dalam mangkuk tinggal diberi potongan daging, daun bawang, seledri dan daun bawang. Lalu siram dengan kuah soto yang panas.

Kalau bosan daging, isian soto ini bisa diganti dengan iso atau babat sapi. Kombinasi unik ini bikin rasa kuahnya kental, creamy dan gurih. Biar ada tekstur krenyesnya bisa dimakan sama emping goreng. Enak dan harganya terjangkau yakni Rp 20.000 seporsi.

Kalau mau coba varian lain masih ada rujak cingur, rujak gobet, rujak ramonan, rujak kecut dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!

4. Rujak Soto Bu Yuyun

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/ichasavitry

Lokasinya ada di Depan Alun Alun, Jalan A Yani, Banyuwangi. Bukanya jam sebelas siang sampai lima sore.

Cukup banyak varian rujak yang ditawarkan warung ini. Salah satu favorit pengunjung adalah rujak soto. Rujak sayur dengan campuran daging dan jeroan sapi. Dikasih toping kerupuk bawangnya yang mantap. Untuk menyantap rujak soto disini cukup tebus dengan Rp15.000.

Kalau masih muat coba sekalian rujak cemplung. Beda dari rujak soto yang tersaji panas, rujak cemplung justru hadir dengan es batu yang dingin. Terdiri dari aneka buah yang dipotong dadu ukuran kecil dicampur bumbu khas bercitarasa manis. Selain rujak cemplung tersedia rujak buah, rujak ramonan, tahu bumbu dan masih banyak lainnya.

Buat penawar rasa haus jangan lupa pesan es cincau juga. Sensasi adem di tenggorokan paling cocok diminum usai makan rujak.

5. Rujak Soto Mak Sum

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/alannobita

Rujak soto mak sum termasuk kuliner blusukan yang hits di Banyuwangi. Alamatnya di Jalan Letjen Di Panjaitan No 24, Kampung Mandar, Banyuwangi. Kedai ini bukanya mulai jam sebelas pagi sampai delapan malam.

Sepiring rujak soto bisa ditebus Rp12.000 per porsi. Kalau disini itu ngulegnya satu persatu jadi mesti sabar kalau makan disini. Meskipun lama, penantian kalian akan terganti dengan kenikmatan rasa rujak sotonya. Isinya ada potongan lontong, sayuran rebus, tahu dan tempe goreng dan kuah soto. Untuk isian sotonya ada tiga macam pilihan seperti jeroan sapi, ayam dan daging sapi.

Biar gak bosen, di sini ada banyak varian rujak lain yang khas Banyuwangi seperti rujak petis, rujak cumplung, rujak dulit, rujak buah dan masih banyak lagi.

Sambil nunggu pesanan lebih seru kalau ngemil dulu jajanan manis disini seperti bubur ketan hitam yang diguyur kuah santan. Kalau suka yang gurih pesan pula tahu walik yang dijual disebelah kedai rujak Mak Sum.

6. Rujak Soto Ayam Mbok Siyam

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!omprogosing.com

Kalau kalian gak siap mencoba sajian rujak soto karena tampilannya yang kurang menggoda. Di warung ini rujak dan sotonya tidak langsung dicampur dalam satu wadah tapi tersaji terpisah.

Isi sotonya bukan daging sapi melainkan suwiran daging ayam, sayap ayam dan ceker. Rujak soto bisa dinikmati dengan sepiring kerupuk. Kalian pasti bakal suka makan di sini karena harganya juga cukup miring yakni Rp8.000 saja seporsi.

Lokasinya terletak Di Desa Adat Osing Kemiren, Banyuwangi.

7. Warung Rujak Mbok Ijah

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/hobimakan.banyuwangi

Sempat menyabet juara dalam lomba festival kuliner, rasanya jadi patokan tersendiri kalau rujak disini memang haucek rasanya. Cukup sediakan uang sebesar Rp15.000 untuk menyantap rujak sayur yang disiram soto babat. Lengkap dengan topping kerupuk plus telur rebus.

Kalau mau goyang lidah lagi, disini banyak varian rujaknya. Ada rujak cingur, rujak manis, tahu lontong dan masih banyak lagi. Dengan didampingi es campur dijamin kalian makin lahap makannya. Perpaduan rasa segar dan manisnya mantul.

Lokasinya ada di Jalan Borobudur, Tamanbaru, Banyuwangi. Bukanya dari jam sembilan pagi sampai empat sore.

8. Rujak Soto Losari

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/cao0o

Lokasinya blusukan dibelakang Masjid Agung Banyuwangi.

Seporsinya Rp20.000, sudah dapat rujak sayur bercampur kuah soto yang isinya potongan babat dan usus.

Pilihan menu lain ada rujak cingur, gado gado atau rujak cemplung. Kalau mau yang ada lontong bisa pesan rujak berkomposisi buah. Ada rujak manis dan rujak kecut. Pembeda keduanya adalah bumbunya. Kalau rujak manis dominan manisnya karena bumbunya memakai gula merah sedang rujak kecut rasanya cenderung asam karena menggunakan cuka.

Untuk minumnya paling nikmat kalau pesan es dawet yang isinya ada dawet, tape ketan hitam, potongan nangka, gula merah cair dan kuah santan. Tak ketinggalan es batu biar tambah nyess saat diteguk.

9. Rujak Soto Bu Salam/Mak Pur

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/hendra_k_wardhana

Berada di Desa Srono, Sukonatar, Banyuwangi. Buka mulai jam setengah sepuluh pagi sampai setengah lima sore.

Cobain racikan rujak soto khas Mak Pur yang haucek! Terdiri dari rujak cingur yang dicampur soto babat. Diatasnya diberi taburan bawang goreng. Wah pasti suka deh, apalagi potongan babatnya banyak dan besar. Rasanya pas begitu juga tekstur babatnya empuk banget, sepiringnya bisa kalian nikmati dengan kerupuk udang.

Rujak soto di sini memang porsinya bikin kenyang jadi gak rugi buat merogoh uang sebesar Rp20.000 seporsi. Komposisi petisnya sangat terasa di lidah. Pokoknya ada gurih, pedas, manis sekaligus segar. Cocok diseruput selagi masih panas.

10. Rujak Soto Warung Citra/Mbak Har

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/banyuwangifoods

Berlokasi di Jalan Agung Wilis Temenggungan, Banyuwangi. Buka mulai jam delapan pagi sampai tiga sore.

Semangkuk rujak soto bisa kalian nikmati dengan membayar Rp15.000. Pakai potongan babat usus dan telur rebus. Kuah campur bumbu kacangnya mantap. Isinya penuh jadi pasti kenyang.

Baca Juga: 15 Kuliner Khas Solo Ini Bikin Ketagihan, Kamu Sudah Coba?

11. Rujak Soto Warung Bu Har

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/warung_buhar

Resto ini bertempat di Gapangan, Cungking, Banyuwangi. Kalau di sini spot paling favorit adalah area gazebo yang bikin santai saat bersantap. Untuk datang sama keluarga sangat recommended karena cozy dan luas. Suasana sekitarnya juga sangat asri.

Varian rujaknya gak cuma rujak soto tapi masih banyak banget. Mulai dari yang mengenyangkan seperti rujak cingur atau rujak gobet yang isinya serutan buah dicampur bumbu kacang. Menu khas Banyuwangi seperti sego cawuk, pecel pitik, sego tempong dan masih banyak lainnya.

Soto rujak babat ini potongan babatnya empuk dan wangi bumbunya sedap. Sayuran rebusnya terasa masih segar. Yang terpenting bumbu kacang petisnya pas. Untuk menyantapnya cukup siapkan uang sebesar Rp20.000.

12. Rujak Soto Bu Ning

12 Warung Rujak Soto Terenak di Banyuwangi, Wajib Coba!instagram.com/budekus

Rujak sayur yang telah diracik, disiram soto yang berisi babat campur daging sapi. Potongannya sangat banyak nyaris memenuhi seluruh mangkuk. Porsinya ini bikin puas banget.

Begitupun dengan bumbu kacangnya yang kental, petisnya berasa dan legit. Selain lontong, rujak soto bisa dinikmati bersama nasi putih. Nikmatnya rujak soto racikan Bu Ning cukup ditebus dengan harga yang murah yakni Rp 10.000 per porsi. Murah meriah!

Kalau gak doyan yang berkuah, pesan saja sajian rujak cingur siap goyang lidah. Potongan cingurnya gak pelit. Rasanya pas, baunya sedap dan empuk. Porsinya cukup banyak dengan kerupuk udang sebagai pelengkap. Minumnya paling cocok sama es campur yang segarnya memang mantap. Kombinasi potongan buah buahan, sirup dan es serutnya juara. Cocok buat lepas dahaga usai bersantap rujak.

Untuk bersantap kalian bisa mampir di Jalan Tiga Berlian, Kepatihan, Banyuwangi.

Nah, kalau sudah tahu mau coba di mana dulu nih? Pasti rasanya nagih tiap ke Banyuwangi.

Baca Juga: 5 Rekomedasi Kedai Soto Legendaris di Kota Medan

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You