Comscore Tracker

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!

Semua makanannya sungguh menggoda

Mungkin tidak banyak di antara kita yang tahu, namun sebagian besar makanan yang berasal dari Inggris Raya sebenarnya memiliki reputasi yang kurang baik. Banyak orang mencap buruk karena mereka mengatakan kalau hidangan khas Inggris kebanyakan tawar, membosankan, gak bervariasi, atau hanya sekadar direbus ataupun overcooked.

Padahal, klaim yang sedimikian itu tidaklah benar. Nyatanya, kuliner khas Britania Raya ada berbagai macam. Selain itu, tidak hanya secara visual, namun makanan dari negara tersebut juga tak kalah menggoyang lidah.

Kira-kira, ada apa saja, ya? Langsung aja, kita cus melihat aneka kuliner dari Inggris yang bikin ngiler!

1. Full English breakfast

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!britishgrubhub.com

Bukan sarapan namanya kalau belum coba full English breakfast. Disebut full karena sajian sarapan ini terdiri atas aneka jenis lauk, seperti bacon, telur goreng, sosis, tomat panggang, jamur, kacang panggang, dan hash brown.

Saat menyantap full English breakfast, biasanya ditemani dengan secangkir teh ataupun kopi hangat beserta roti panggang yang nikmat. Meskipun disebut breakfast, tidak jarang juga orang lokal yang menyantapnya sebagai brunch. Selain itu, hidangan sarapan ini juga memiliki variasi unik di setiap daerahnya.

2. Scotch egg

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!corriecooks.com

Kamu yang suka olahan telur wajib banget mencoba hidangan yang satu ini. Namanya scotch egg, yakni sajian telur rebus yang dibungkus dalam daging, berlapis tepung panir. Jadi, setelah dibaluri bahan-bahan tadi, telurnya akan di-deep fry hingga crispy.

Belum ada yang tahu pasti asal-muasal dari makanan ini. Kendati demikian, scotch egg tidak hanya terkenal di Inggris, masyarakat Negeri Paman Sam pun juga menyukainya dan mereka sering memakannya bersama berbagai saus, salah satunya ranch dressing. Enak banget!

3. Cornish pasty

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!bbc.co.uk

Termasuk ke dalam warisan kuliner negara, cornish pasty merupakan sajian pastel yang berisikan daging sapi, kentang, rutabaga, dan bawang bombai. Usut punya usut, pastel ini muncul atas ide dari penambang Cornwall.

Karena sering tidak bisa kembali ke permukaan untuk makan siang, mereka pun memutuskan untuk membuat sesuatu yang enak, namun mudah disantap. Lantas, cornish pasty pun tercipta.

4. Shepherd's pie

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!bbc.co.uk

Masih dengan hidangan berbahan daging, shepherd's pie merupakan varian pie yang berisi daging domba cincang. Bukan cuma daging, bagian atas dari pie yang satu ini dibaluri dengan lapisan kentang tumbuk yang tebal.

Melansir laman Britannica, makanan ini bisa tercipta untuk mengolah kembali daging sisa dari Sunday roast, yakni pesta makan daging tradisi orang Inggris, supaya tidak terbuang percuma.

5. Fish and chips

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!getfish.com.au

So pasti, kalau membahas makanan khas Inggris, maka fish and chips gak boleh terlupakan. Sesuai dengan namanya, fish and chips adalah masakan yang terdiri atas fillet ikan goreng yang disantap bersama kentang goreng.

Meskipun termasuk olahan yang digoreng, fish and chips ini juga lumayan bernutrisi, lho, yakni mengandung protein, serat, zat besi, dan vitamin. Di samping itu, untuk lebih menikmati kelezatannya, kamu bisa menuangkan cuka malt di atasnya atau bisa juga dimakan dengan saus tomat.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Kaur yang Unik dan Lezat, Bikin Cepat Lapar!

6. Steak and kidney pie

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!bbc.co.uk

Tidak hanya shepherd's pie, Inggris juga memiliki olahan pie kebanggaan lainnya, yaitu steak and kidney pie. Diperkirakan sudah ada sejak abad ke-19, steak and kidney pie merupakan sajian pie daging yang terbuat dari campuran bistik, bawang bombai, dan ginjal yang dimasak dalam brown gravy

Steak and kidney pie sendiri sangatlah populer bagi orang lokal. Pie crust yang begitu renyah, ditambah lagi dengan campuran daging dan ginjal yang nikmat sungguh memanjakan lidah. Selain itu, hidangan yang satu ini juga kerap kali disebut sebagai "Kate and Sydney Pie". Unik, ya?

7. Bubble and squeak

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!taste.com.au

Bubble and squeak merupakan hidangan non-daging berbahankan sayur, seperti kubis dan kentang. Akan tetapi, resep aslinya malahan menggunakan daging, lho. Jadi, daging yang masih tersisa dari jamuan Sunday roast, selain dijadikan shepherd's pie, juga bisa diolah menjadi bubble and squeak

Itu sebabnya, bubble and squeak biasanya dimakan di hari Senin setelahnya, saat makan siang atau makan malam. Di samping itu, karena menggugah selera, kudapan ini cocok dan bahkan populer sebagai makanan pembuka.

8. Sticky toffee pudding

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!boyncow.com

Dari hidangan yang gurih, kita beralih ke dessert yang manis-manis. Yang pertama ada sticky toffee pudding. Namanya saja yang pudding, namun kudapan ini adalah sebuah sponge cake yang dibaluri saus toffee yang manis.

Bukan hanya dengan saus toffee, kamu juga bisa menikmatinya dengan custard ataupun satu scoop es krim vanila dingin. Sebagai informasi, dessert ini terbuat dari potongan buah kurma, lho. Wah, berarti cocok untuk menu buka puasa, nih!

9. Trifle

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!taste.com.au

Bisa dibilang, trifle merupakan panganan yang Inggris banget karena kudapan ini tercipta pada abad ke-18, dan pastinya asli dari daratan Inggris. Trifle sangat identik dengan berbagai macam lapisan isiannya.

Biasanya, trifle disusun menjadi 3-4 lapisan yang terdiri atas potongan buah, sponge cakewhipped cream, dan custard. Tidak lupa juga terdapat taburan beberapa potong jeli. Selain itu, orang lokal juga sering menambahkan alkohol ke dalam kudapan tersebut. Tertarik mencoba?

10. Victoria sponge cake

10 Makanan khas Inggris yang Bikin Ngiler, Jangan Baca pas Puasa!oetker.co.uk

Sekilas, kue ini tampak biasa-biasa saja. Malahan, mirip seperti sponge cake pada umumnya. Akan tetapi, yang membuat Victoria sponge cake spesial ialah penambahan dari baking powder. Ini dikarenakan kue-kue terdahulunya hanya menggunakan telur sehingga teksturnya tipis; berbeda sekali dengan Victoria sponge cake.

Pada umumnya, kudapan yang satu ini terdiri atas dua tumpuk kue dengan lapisan selai rasberi dan buttercream vanila di antaranya. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang light and fluffy cocok banget menjadi teman minum teh di sore hari. Pantas saja Ratu Viktoria menyukainya, ya?

Kamu sudah lihat 10 hidangan lezat khas Inggris. Mulai dari full English breakfast hingga Victoria sponge cake, mana nih yang paling menggugah selera?

Baca Juga: 5 Inspirasi Hidangan Lezat Berbahan Kerang Abalon

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

"Maju tak gentar, raibkan geletar" | #SAVELOONA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya