Comscore Tracker

5 Santapan Manis Pakai Tamarillo, Buah Segar yang Bikin Kesengsem

Mari coba salah satu olahan dari buah unik yang satu ini

Tahukah kamu apa itu tamarillo? Buah ini merupakan hasil tanam yang juga populer dengan sebutan terong Belanda. Kerap kali digunakan dalam proses masak-memasak di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Rasa buah cenderung manis, tetapi ada sedikit sensasi asam yang membuatnya lebih segar dibandingkan dengan yang lain. Namun begitu, tamarillo cocok untuk dijadikan sebagai aneka olahan lezat. Bisa kamu jadikan inspirasi memasak dengan menyimak lima daftar di bawah ini. Yuk, cari tahu!

1. Tamarillo smoothie

5 Santapan Manis Pakai Tamarillo, Buah Segar yang Bikin Kesengsemilustrasi tamarillo smoothie (pexels.com/Josh Sorenson)

Selayaknya buah pada umumnya, tamarillo bisa dibuat sebagai smoothie. Olahan ini cocok dijadikan sebagai penunda lapar maupun menu sarapan sehari-hari. Selain manis, pilihan komposisi yang tepat akan membuat smoothie jadi terasa lebih menyenangkan.

Bila kamu tertarik untuk menjadikan tamarillo sebagai smoothie, maka bahan-bahan yang perlu dipersiapkan terdiri dari aneka buah beri, yoghurt, ekstrak vanila, dan sebagai pemanis kamu bisa menggunakan madu alih-alih memilih gula pasir.

2. Tamarillo loaf cake

5 Santapan Manis Pakai Tamarillo, Buah Segar yang Bikin Kesengsemilustrasi tamarillo loaf cake (pexels.com/Eiliv Aceron)

Menambahkan buah utuh ke dalam adonan kue sudah menjadi tradisi yang kerap kali dilakukan selama beberapa waktu belakangan ini. Hal itu berfungsi untuk menambahkan rasa sekaligus tekstur terhadap adonan kue bolu supaya berbeda dibandingkan dengan versi biasa.

Proses tersebut juga berlaku ketika kamu ingin mengolah tamarillo menjadi hidangan yang sedap. Tamarillo dimasukkan ke dalam adonan loaf cake, sehingga kudapan ini terasa lebih segar dan memiliki tekstur yang cocok untuk dijadikan teman ngemil atau ngopi sehari-hari.

Baca Juga: 5 Santapan Manis dengan Macerated Fruit yang Bikin Segar

3. Tamarillo tart

5 Santapan Manis Pakai Tamarillo, Buah Segar yang Bikin Kesengsemilustrasi tamarillo tart (pexels.com/Eva Elijas)

Selanjutnya, ada menu camilan populer yang tidak bisa dilewatkan, terlebih jika menggunakan isian yang terdiri dari buah segar. Makanan yang dimaksud adalah tar. Salah satu sajian andalan yang berbalut kulit pastry sebagai dasar hidangan.

Tamarillo tart tersendiri bisa dimasak dengan metode yang simpel. Tinggal siapkan kulit pastry siap pakai, kemudian masak isian dari percampuran antara tamarillo segar dengan buah pir, gula, dan sedikit tepung supaya jadi lebih padat. Setelah itu adonan tinggal di panggang sampai matang.

4. Tamarillo vanilla custard

5 Santapan Manis Pakai Tamarillo, Buah Segar yang Bikin Kesengsemilustrasi tamarillo vanilla custard (pexels.com/Devi Shinta)

Bagi pencinta makanan lembut, keberadaan custard sangat membantu untuk dapat dijadikan camilan juara dengan sensasi rasa yang manis dan lembut. Kepopuleran hidangan ini melahirkan berbagai inovasi menarik, yang salah satunya dapat dikombinasikan bersama tamarillo.

Custard dan tamarillo dimasak secara terpisah sebelum dicampur di dalam piring saji yang sama. Vanilla custard akan dibuat menggunakan campuran antara kuning telur, krim, gula, dan susu, lalu ada juga custard bubuk. Sedangkan, tamarillo perlu dimasak menggunakan gula biar lebih lumer ketika disajikan.

5. Tamarillo crumble cake

5 Santapan Manis Pakai Tamarillo, Buah Segar yang Bikin Kesengsemilustrasi tamarillo crumble cake (pexels.com/Igor Murakhin)

Terakhir, pencinta buah-buahan akan dimanjakan melalui olahan tamarillo yang berbentuk kue crumble. Crumble cake merupakan salah satu hidangan dengan bagian topping yang memiliki taburan berupa adonan tepung yang dibuat renyah.

Ada dua lapisan utama yang diperlukan dalam membuat tamarillo crumble cake ini. Pertama adalah lapisan buah yang terbuat dari campuran tamarillo dan pir. Kemudian, buah dimasak menggunakan air dan gula.

Selanjutnya, buat adonan topping dengan menyiapkan tepung terigu, oat, kacang yang sudah dihaluskan, gula cokelat atau brown sugar, mentega, kayu manis sebagai penambah aroma, serta parutan kelapa kering biar terasa makin gurih.

Tamarillo sukses membawa rasa baru di dalam dunia kuliner, terutama untuk disajikan sebagai aneka kudapan manis yang bikin hari-hari kamu jadi terasa lebih segar. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu sajian yang telah disebutkan di atas?

Baca Juga: 5 Santapan yang Bakal Semakin Lezat Jika Dilengkapi Buah Barberry

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya