Comscore Tracker

5 Macam Kudapan Penutup Super Lembut Berbahan Durian, Pecah di Mulut

Sudah pernah coba cheesecake panggang rasa durian?

Durian acap kali dinikmati sebagai salah satu makanan favorit, termasuk di Indonesia. Tidak cuma disantap langsung, buah ini cocok sekali ketika diolah menjadi suatu hidangan populer, bahkan kudapan penutup yang super creamy.

Buat pencinta durian dan orang-orang yang senang akan penganan lembut. Berikut ini ada lima varian kudapan penutup dari durian yang bisa dijadikan inspirasi, untuk memikat orang-orang terkasih biar suka akan durian.

1. Durian egg tart 

5 Macam Kudapan Penutup Super Lembut Berbahan Durian, Pecah di Mulutilustrasi durian egg tart (pixabay.com/namyuha1009)

Egg tart adalah kudapan populer yang dibuat dari kulit pastry dengan isian super creamy. Makanan ini kerap kali dijadikan inspirasi kudapan penutup atau dijadikan oleh-oleh ketika mengunjungi keluarga terkasih.

Isian dari egg tart sendiri dilengkapi menggunakan adonan telur. Namun beberapa tangan kreatif memodifikasi isiannya supaya lebih sedap, salah satunya dengan menambahkan durian. Jenis bahan yang dipakai adalah durian segar, telur, hingga susu kental manis, sehingga rasa dan aromanya tetap memikat.

2. Durian cream puff 

5 Macam Kudapan Penutup Super Lembut Berbahan Durian, Pecah di Mulutilustrasi durian cream puff (pixabay.com/俊哉 佐伯)

Kelezatan durian yang lembut bisa pula kamu temukan dalam pastry seperti cream puff. Makanan satu ini sangat legendaris, makanya tidak heran jika isiannya kerap dikombinasikan menggunakan bahan-bahan unik.

Rasa dari cream puff biasanya didominasi oleh krim vanila. Tetapi kali ini makanan tersebut akan terasa spesial lantaran isiannya diganti menggunakan daging buah durian. Gak sendiri, kamu bisa menambahkan heavy cream untuk melembutkan adonan isi tersebut.

Baca Juga: 5 Ide Hidangan Penutup dari Singkong, Gurih Manisnya Bikin Nagih!

3. Durian burnt cheesecake 

5 Macam Kudapan Penutup Super Lembut Berbahan Durian, Pecah di Mulutilustrasi durian burnt cheesecake (pixabay.com/insdi666)

Burnt basque adalah olahan cheesecake yang sangat populer, karena memiliki penampilan seperti kue gosong. Namun di situlah ciri khas dari kue tersebut terletak. Di mana bagian dalamnya cenderung lebih lembut dan creamy.

Proses pembuatan cheesecake sendiri sangat beragam. Kali ini durian akan digunakan sebagai penambah rasa alami terhadap makanan tersebut. Selain itu, ada penggunaan krim cheese, gula kastor, whipping cream, telur, dan tepung maizena.

4. Durian mooncake 

5 Macam Kudapan Penutup Super Lembut Berbahan Durian, Pecah di Mulutilustrasi durian mooncake (pixabay.com/Cedric Yong)

Mooncake menjadi kudapan yang istimewa di Asia. Makanan ini memiliki guratan yang khas, sehingga menambah kecantikan terhadap penampilan kue tersebut. Mooncake umumnya akan diisi menggunakan berbagai macam krim, salah satunya adalah durian.

Sebagai pendamping cita rasa durian mooncake, bagian kulitnya lebih cocok ditambah menggunakan bubuk matcha. Sehingga warna dan rasanya pun jadi semakin maksimal. Kemudian buat adonan isinya menggunakan daging buah durian dan gula halus.

5. Durian flan

5 Macam Kudapan Penutup Super Lembut Berbahan Durian, Pecah di Mulutilustrasi durian flan (pixabay.com/ALFONSO CHARLES)

Flan sering dijadikan kudapan penutup favorit untuk berbagai kalangan. Ciri khas dari makanan ini terletak pada bagian dasar olahan yang ditutupi menggunakan lapisan karamel, sehingga custard-nya akan terasa lebih manis ketika dinikmati.

Bila umumnya pembuatan flan ini didukung oleh pemakaian telur. Maka kali ini bahan tersebut akan dimaksimalkan menggunakan daging buah durian. Kebayangkan, bagaimana lembutnya makanan ini disertai dengan aroma khas yang datang dari buah populer tersebut?

Durian memang memiliki aroma yang cukup tajam. Oleh sebab itu, banyak orang yang terpikat pada buah yang satu ini. Nah, dengan dijadikan aneka macam makanan bertekstur creamy, kamu bisa membuat sajian favorit baru di rumah.

Baca Juga: 10 Camilan Lezat Berbahan Dasar Tahu, Cocok untuk Kudapan atau Lauk!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya