Comscore Tracker

5 Olahan Bolu Berbahan Ketan Putih, Rasa Boleh Diadu!

Tepung dari beras ketan ini bikin makanan semakin enak

Ketan putih sering dijumpai di Indonesia untuk digunakan sebagai penunjang aneka makanan. Bahan tersebut akan membuat hidangan terasa kenyal dan cocok dijadikan alternatif dalam pembuatan kue bolu.

Terdapat lima variasi bolu ketan putih yang rasanya boleh diadu. Sajian pun pas untuk menemani waktu bersantai atau dijadikan inspirasi peluang bisnis makanan.

1. Bolu kukus ketan putih 

5 Olahan Bolu Berbahan Ketan Putih, Rasa Boleh Diadu!ilustrasi bolu kukus ketan putih (pexels.com/İclâl Ağlamaz)

Bolu kukus ketan putih adalah makanan favorit yang sering dijadikan alternatif bolu tepung terigu. Makanan ini memiliki tekstur yang unik dan agak padat, lebih cocok kalau dinikmati bersama minuman favorit.

Ketan putih perlu digiling menjadi tepung lalu digabungkan bersama bahan-bahan dari santan, minyak goreng, vanili, telur, pengembang, gula pasir, dan susu kental manis. Kue ini adalah makanan klasik yang memiliki sensasi legit dan patut untuk dijadikan camilan andalan.

2. Bolu pandan ketan putih 

5 Olahan Bolu Berbahan Ketan Putih, Rasa Boleh Diadu!ilustrasi bolu pandan ketan putih (unsplash.com/Nathalie Jolie)

Bolu pandan adalah kue jadul yang masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini pun terlihat dari kesuksesan bolu pandan dalam bersaing di dunia cake and bakery, terutama untuk dijadikan pelengkap saat acara-acara penting.

Ada banyak cara untuk membuat bolu pandan bertekstur menul, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan dari tepung terigu dan beras ketan putih. Selain itu, ada juga gula pasir, ovalet, santan, minyak goreng, telur, serta perasa pandan.

Baca Juga: 5 Bolu Kukus Jadul Berbahan Santan yang Masih Disukai, Idola Banget!

3. Bolu cokelat ketan putih 

5 Olahan Bolu Berbahan Ketan Putih, Rasa Boleh Diadu!ilustrasi bolu cokelat ketan putih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tepung ketan putih juga bisa digunakan sebagai penunjang pembuatan bolu cokelat. Hidangan ini akan memiliki tekstur yang kenyal dan agak padat, tetapi sukses untuk memikat banyak orang, terutama para pencinta kue legit nan lembut.

Pada proses pembuatan bolu kukus cokelat ini, tepung yang digunakan hanya ketan putih. Lalu minyak goreng, telur, baking powder, soda kue, vanili, dan cokelat bubuk. Adonan juga bisa dimasak melalui proses pengukusan atau pemanggangan.

4. Bolu marmer ketan putih 

5 Olahan Bolu Berbahan Ketan Putih, Rasa Boleh Diadu!ilustrasi bolu marmer ketan putih (pixabay.com/Muhammad Ragab)

Siapa yang tak kenal bolu marmer? Ciri khas dari kue ini terletak pada kombinasi warnanya yang terlihat berantakan tapi sangat cantik ketika dipotong. Kue ini terbilang populer di Indonesia dan bisa kamu temui di berbagai acara santai atau penting sekalipun.

Pembuatan bolu marmer bisa dilakukan dengan menggunakan tepung ketan putih dan terigu. Kemudian ada minyak goreng, santan, telur, pengembang, gula pasir, dan sejumput garam. Makanan perlu dipanggang sampai mengembang lalu nikmati selagi hangat.

5. Bolu pisang ketan putih

5 Olahan Bolu Berbahan Ketan Putih, Rasa Boleh Diadu!ilustrasi bolu pisang ketan putih (pexels.com/Flora Westbrook)

Bolu pisang merupakan makanan yang memiliki karakteristik unik, ini lantaran kue memiliki perpaduan rasa yang manis dan aroma cukup harum. Kelebihan itu berasal dari pemakaian buah pisang utuh sebagai perasa alaminya.

Membuat bolu pisang agar terasa istimewa dapat dilakukan dengan mengganti bahan menggunakan tepung ketan putih dan maizena. Selain itu, siapkan juga susu bubuk supaya bolu ini terasa lebih creamy ketika disantap sebagai camilan favorit.

Tepung ketan putih adalah salah satu bahan yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Aneka makanan bertekstur kenyal umumnya dibuat menggunakan komponen ini, tetapi bolu juga bisa dibuat memakai bahan yang sama dengan hasil tak kalah sedap.

Baca Juga: 5 Resep Kue Bolu Gulung, Cocok untuk Pemanis Segala Acara

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya