Comscore Tracker

5 Alasan Wajib Cobain Pallubasa Serigala, Kuliner Lezat Khas Makassar

Bertahan lebih dari tiga dekade! #LokalIDN

Selain coto makassar dan sop konro, pallubasa adalah kuliner berkuah lain yang wajib masuk bucket list kalau kamu lagi jalan-jalan di Makassar. Tampilannya memang terlihat hampir sama dengan coto makassar. Tapi, pallubasa punya keistimewaannya sendiri, lho.

Mencari kedai pallubasa di Makassar tidaklah sulit. Hanya saja, ada satu kedai yang sudah dikenal melegenda dan selalu menjadi tujuan utama para wisatawan, bernama Pallubasa Serigala. Namanya yang terdengar seram, pasti makin bikin kamu penasaran, kan?

Yuk, cari tahu kenapa kamu harus banget cobain Pallubasa Serigala ini.

1. Kuliner legendaris berusia lebih dari tiga dekade

Jauh-jauh datang ke suatu daerah, pantang hukumnya untuk gak menjajal makanan legendarisnya. Hal inilah yang menjadi alasan penting kenapa Pallubasa Serigala gak boleh lolos dari agenda kulineranmu. Dirintis pertama kali pada tahun 1986, membuktikan kalau cita rasa Pallubasa Serigala berhasil diterima lidah pelanggan.

Sukses melayani pembeli lebih dari tiga dekade, kini pengelolaan kedai Pallubasa Serigala dipercayakan kepada generasi kedua. Kedainya hampir gak pernah terlihat sepi, terutama saat weekend dan libur panjang.

2. Lokasi kedai berada gak jauh dari pusat kota Makassar

5 Alasan Wajib Cobain Pallubasa Serigala, Kuliner Lezat Khas Makassarinstagram.com/dep808

Penamaan Pallubasa Serigala terinspirasi dari nama jalan yang menjadi letak kedai kuliner ini berada, yaitu Jalan Serigala XIV, Mamajang Dalam, Makassar. Sedangkan nama "pallubasa" berasal dari bahasa Makassar yang artinya makanan berkuah.

Lokasi kedai utama yang hanya berjarak sekitar 3,7 kilometer dari Pantai Losari yang menjadi ikon Makassar, memudahkan kamu mencapainya. Jika kamu datang dari arah utara, maka kedai Pallubasa Serigala ada di sisi kanan jalan.

Baca Juga: Resep Pallubasa Khas Makassar, Dagingnya Empuk dan Nikmat Banget

3. Resep memasak Pallubasa Serigala yang masih autentik

5 Alasan Wajib Cobain Pallubasa Serigala, Kuliner Lezat Khas Makassarinstagram.com/fredy.prabowo

Rahasia terpeliharanya cita rasa kuliner ini adalah resep autentik yang gak pernah diubah sedikit pun sejak 35 tahun silam. Termasuk pemilihan daging yang seratus persen menggunakan daging sapi lokal dan masih segar alih-alih memakai daging impor.

Aneka jenis rempah-rempah dan proses memasak daging hingga menjadi empuk sempurna adalah rahasia di balik dapur yang akan terus dijaga. Gak heran jika kuah Pallubasa Serigala yang berwarna kecokelatan terasa begitu legit, gurih, bahkan ada sedikit rasa manis.

4. Telur ayam kampung dan serundeng bikin kuah makin maknyus

5 Alasan Wajib Cobain Pallubasa Serigala, Kuliner Lezat Khas Makassarinstagram.com/cheddymotret

Ciri khas sajian pallubasa adalah adanya tambahan alas, yaitu kuning telur ayam yang masih mentah dan dituangkan ke atas kuah yang masih mengepul. Di Pallubasa Serigala, kuning telur mentah tersebut hanya menggunakan telur ayam kampung, lho. Sehingga bisa dipastikan kuah pallubasa terasa creamy dan makin menggigit.

Biar makin komplet, jangan lupa padukan potongan daging dan tetelan di dalam semangkuk pallubasa dengan serundeng kelapa dan sambal serigala khas kedai ini. Kalau doyan, kamu bisa tambahkan kacang mete, kecap, dan jeruk nipis juga. Hmm, jangan heran kalau kamu bakal auto jatuh cinta dengan kombinasi rasanya.

5. Punya dua cabang di Makassar dan satu cabang di Jakarta

5 Alasan Wajib Cobain Pallubasa Serigala, Kuliner Lezat Khas Makassarinstagram.com/fajartriadi

Melayani pembeli dari jam 10.00 WIB sampai jam 23.00 WIB, cabang utama Pallubasa Serigala seolah gak mampu lagi menampung banyaknya pembeli yang berduyun-duyun ingin mencicipi kekhasan rasa kuliner ini. Karena itulah, pemilik akhirnya memutuskan untuk membuka cabang di Makassar, bahkan yang terbaru ada di Jakarta.

Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, boleh banget mampir ke cabang Pallubasa Serigala kalau belum berkesempatan terbang ke Makassar. Jangan lupa catat alamat cabang-cabang berikut, ya.

  • Jalan Letjen Hertasning Nomor 12B, Kecamatan Panakkukang, Makassar
  • Jalan Perintis Kemerdekaan KM.11, Ruko Permata Biru Nomor 8, Tamalanrea, Makassar
  • Jalan Boulevard Raya Blok FW1 Nomor 7, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara

Cukup merogoh kocek Rp30 ribuan per porsi Pallubasa Serigala, segala rasa penasaranmu dengan sajian legendaris ini dijamin terbayar lunas. Mau mencoba?

Baca Juga: Serba-serbi Pallubasa, Kuliner Menggoyang Lidah dari Makassar

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya