Comscore Tracker

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!

Salah sebut bisa rusak rasanya

Kuliner Jepang memang tidak pernah membuat bosan para penikmatnya. Selain penyajian yang menarik dan membuat penasaran, rasanya juga enak banget. Semua karena perpaduan yang pas antara lauk pauk dan saus yang digunakan.

Saat makan di restoran Jepang, mungkin kita bisa langsung menyantapnya. Tetapi saat mencoba masak sendiri, kita justru bingung mau pakai saus apa. Biar gak salah tuang dan bikin rasa jadi aneh, yuk simak jenis sausnya!

1. Saus teriyaki

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/soccer_mama

Teriyaki adalah salah satu teknik masak Jepang, yakni memanggang atau menumis dengan menyelupkan daging sapi atau ikan ke dalam saus sebelum dimasak. Bahan sausnya terdiri dari mirin, kecap soya, sake, dan gula. Disajikan bersama potongan acar jahe dan irisan daun bawang. 

2. Saus yakitori

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/goods_from_japang

Bahan dasarnya hampir sama dengan saus teriyaki. Saus yakitori digunakan untuk bumbu bakaran sate ayam khas Jepang. 

3. Sesame dressing 

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/harutomi_select

Seperti mayonaise dengan rasa wijen yang kuat, saus jenis ini sering digunakan untuk dressing salad, daging panggang, sayuran rebus, dan mi dingin. Katanya enak banget lho! Sudah pernah nyobain?

4. Saus katsu

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/m1cha3l_78

Di Jepang, hidangan katsu disajikan dengan siraman saus khas. Bahan sausnya terdiri dari bubuk wijen, saus tomat, kecap soya, worcestershire sauce, mirin, gula, dijon mustard, dan bawang putih. Rasanya manis gurih, bikin ketagihan!

5. Saus ponzu

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/otakapyon0024

Kecap ini berisi campuran mirin, tuna flakes, kombu, atau rumput laut, cuka beras, air perasan jeruk yuzu atau lemon. Biasanya dihidangkan sebagai dipping sauce untuk sashimi dan bumbu shabu-shabu. Rasanya yang asam, segar, dan gurih mengilangkan bau amis.

6. Saus yakiniku

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/meatdistrict_ph

Rasa saus yakiniku adalah campuran antara manis gurih dan rasa wijen yang tajam. Biasanya dioleskan pada permukaan daging yang sedang dipanggang.

Baca juga: 10 Kue Artis dengan Rasa Green Tea Paling Lezat, Bikin Ngiler!

7. Kecap soya 

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/studio29photography

Kecap berbahan dasar kedelai yang rasanya sedikit asin ini sudah cukup familiar di lidah kita. Kecap soya akan tersedia di atas meja setiap restoran Jepang. Biasanya digunakan untuk cocolan atau dipping sauce berbagai macam hidangan.

8. Nitsume atau unagi sauce

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/salganz

Biasa digunakan untuk cocolan sushi. Teskturnya sedikit kental. Terdiri dari campuran kaldu ikan belut atau unagi, mirin, kecap shoyu, dan gula. Rasanya sedikit mirip saus tiram tetapi manis. Bisa jadi topping takoyaki dan okonomiyaki juga, lho.

9. Karashi atau mustard Jepang

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/locari_jp

Mustard Jepang sedikit lebih pedas dari mustard pada umumnya. Warnanya kuning terang dan berbentuk pasta. Hanya perlu sedikit untuk diletakkan di pojokan piring saji. Biasanya digunakan untuk cocolan oden, katsu, siomay, dan campuran natto.

10. Mentsuyu

10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!instagram.com/denisechandesign

Saus mentsuyu bisa dipakai untuk hidangan apa saja, tetapi lebih sering digunakan untuk dipping sauce mi soba, udon, tofu, dan tempura. Rasanya ringan, gurih, dan beraroma laut. Mentsuyu terbuat dari sake, mirin, kecap soya cair, rumput laut kering, dried bonito flakes, dan kedelai yang difermentasi.

Nah, sudah gak bingung lagi, kan? Ayo masak!

Baca juga: Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Matcha dan Green Tea yang Jarang Diketahui

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya