Comscore Tracker

5 Fakta Kawa Daun, Minuman Unik dari Sumatera Barat

Berkhasiat lho buat tubuh!

Kawa adalah bahasa Minang untuk tanaman kopi, kawa daun berarti kopi daun. Minuman ini akan tambah nikmat bila ditemani dengan gorengan panas disertai duduk di lesehan atau di kursi sambil menikmati keindahan alam yang menjadi lokasi dari warung kawa daun ini pada umumnya.

Minuman ini banyak diminati oleh orang Sumatera Barat, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang singgah di warung  pada sore hari, ditambah lagi dengan harganya yang  terjangkau.

1. Cara pengolahan

5 Fakta Kawa Daun, Minuman Unik dari Sumatera Baratpicsoci.com

Kopi adalah tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia, selain bijinya, daun kopi juga bisa diolah menjadi minuman nikmat  berkhasiat yang terbuat dari daun kopi pilihan, tidak daun yang masih muda atau yang terlalu tua, daun itu lah nanti yang akan menjadi minuman kawa daun.

Proses pembuatannya pun bervariasi,  ada yang hanya dikeringkan di bawah terik matahari, diasapkan dan ada juga disangrai. Setelah cukup kering atau diasapkan dengan ukuran kering yang pas dan tidak gosong, lalu daun disobek kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam panci berisi air untuk direbus beberapa lama hingga mendidih. Kemudian dituang ke dalam wadah unik dengan ditambahkan gula atau pun susu.

2. Memiliki rasa yang khas

5 Fakta Kawa Daun, Minuman Unik dari Sumatera Baratvinascookingjourney.blogspot.com

Kawa daun memiliki bentuk seperti minuman teh, kalau dari segi rasa memiliki keunikan tersendiri, rasanya hampir mirip teh namun ada sedikit  aroma kopi. Terkadang ada sebagian orang yang tak begitu menyukai rasa original, ada juga yang menambahkan susu kental, dua-duanya sama nikmat, tergantung selera masing-masing.

Baca Juga: Kopi Raja, Minuman Kopi Berbahan Baku Biji Buah Okra

3. Wadah minum yang unik

5 Fakta Kawa Daun, Minuman Unik dari Sumatera Barattwitter.com/infoSumbar

Wadah minum yang dipakai memang berbeda dari yang lain, bukan lah gelas ataupun cangkir pada umumnya, namun sebuah tempat unik yang sudah dipercantik terbuat dari batok kelapa, atau dalam bahasa Minang dinamakan tampuruang

4. Berkhasiat untuk kesehatan

5 Fakta Kawa Daun, Minuman Unik dari Sumatera Baratasrilwardhani.wordpress.com

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa daun kopi memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari teh hitam dan teh hijau. Bahkan kandungan mangiferin di dalamnya bermanfaat sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol darah, hipertensi dan penyakit lainnya.

5. Dijual di warung dengan nuansa alam terbuka

5 Fakta Kawa Daun, Minuman Unik dari Sumatera Barattiktogram.com

Pada umumnya kawa daun ini dijual di sepanjang pinggir jalan raya yang ada di Sumatera Barat yang dilengkapi dengan background pemandangan nan alami. Biasanya dijual di warung-warung sederhana namun memikat hati setiap orang untuk datang berkunjung.

Mungkin karena rasa dan nuansa alami yang ditawarkan membuat orang tertarik dan betah berlama-lama di sini untuk sekadar menyeruput kawa daun dan sepiring gorengan bersama keluarga atau sahabat.

Bagaimana? Kamu penasaran?mari sejenak mampir untuk mencoba minuman unik yang satu ini!

Baca Juga: 5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Keju

Lathifah. B Photo Verified Writer Lathifah. B

Jika lisan tak cukup mewakilkan, biarkan pena yang bicara lewat tulisan. Menulislah demi menebar manfaat!☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya