Comscore Tracker

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahaja

Social distancing tak selamanya membosankan, kok

Bermula di Wuhan, Tiongkok, penyebaran virus corona atau Covid-19 kini telah meluas ke sekitar 166 negara, termasuk Indonesia. Untuk menekan angka penyebarannya, pemerintah menyarankan semua orang berada di rumah sementara waktu alias self quarantine.

Selama self quarantine, kita tak disarankan keluar rumah sama sekali, kecuali terpaksa untuk bekerja atau kepentingan darurat lainnya. Pergi makan ke restoran sebaiknya tak dilakukan.

Pemerintah menyarankan semua kegiatan dilakukan di rumah, termasuk bekerja dan beribadah. Nah, hal ini akhirnya membuat sebagian orang membeli makanan untuk dimakan di rumah. Sebab, merasa tak bisa memasak dan memilih praktisnya saja. 

1. Yakin mau delivery order terus?

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajayummy.co.id

Sebagian orang yang gak bisa memasak biasanya akan memilih memesan via online. Hal ini sah-sah saja dilakukan jika self-quarantine dilakukan hanya 2-3 hari. 

Faktanya, pemerintah menganjurkan #dirumahaja paling cepat selama dua pekan. Lantas, bagaimana kalau kondisi mengharuskan kita di rumah lebih lama dari itu?

Bujet kita untuk makan pastinya akan membengkak jika selalu membeli via delivery online. Misalnya, pesan makanan seharga Rp15 ribu, belum ongkos kirimnya, sehingga bisa menjadi Rp20-25 ribuan. 

Nah, sehari kamu harus makan tiga kali, bukan? Kita harus menyiapkan bujet Rp60-75 ribu per hari per orang. Bayangkan itu terjadi selama dua pekan? 

2. Daripada delivery, lebih baik masak sendiri

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajaDok. Istimewa

Daripada harus selalu beli makanan yang belum tentu murah dan sehat, memasak sendiri bisa jadi pilihan yang tepat, lho. Kita jadi bisa menghemat bujet dan menentukan masakan sesuai selera kita. Gizinya pun bisa disesuaikan. 

Gak bisa masak? Tenang, sekarang ini tak sulit menemukan inspirasi resep di dunia maya. Salah satu yang sedang tren yakni Yummy App yang bisa diunduh di Apple App Store atau Google Play Store.

Selain menemukan inspirasi berbagai resep makanan, kita juga bisa mengelompokkan beberapa kategori makanan berdasarkan bahan, porsi, harga, hingga bujet. Jadi semakin mudah mau masak apa hanya dari bahan yang sedang kita punya di rumah.

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajaDok. IDN TImes

Selain resep, kita juga bisa menikmati fitur sosialnya. Ada Fitur Ikuti Akun Teman atauFitur Notifikasi Interaksi  untuk berinteraksi dengan komunitas Yummy.

Fitur Ikuti Akun Teman memungkinkan kamu untuk mengikuti akun favoritmu. Sedangkan, Fitur Notifikasi Interaksi  berguna untuk melihat aktivitas akun yang sedang diikuti.

Baca Juga: 5 Resep Klepon ala Yummy yang Enak, Bikinnya Gampang dan Simpel

3. Bisa juga berbagi resep dan mendapatkan uang

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajaDok. Istimewa

Selain mencari inspirasi resep dan masakan, kita juga bisa berbagi resep pribadi yang kita punya, lho. Ada Fitur Upload Resep untuk mengunggah resep kreasimu sendiri. Saat resepmu berhasil diterbitkan, kamu akan mendapatkan Yummy Point yang bisa ditukar dengan uang tunai.

Begini caranya:

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajaDok. IDN Times

Pertama, kamu harus signup atau signin di Yummy App. Bisa menggunakan akun Facebook atau Google. 

Kalau kamu pengguna baru, akan muncul laman Lengkapi Data Akun. Isi informasi nama, nomor telepon, email, dan lokasi. Untuk kamu yang sudah punya akun sebelumnya, bisa langsung login dengan email dan password

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajaDok. IDN TImes

Setelah itu, masuk ke laman "Komunitas" dan klik "Buat Resep". Saat membuka laman Buat Resep, akan muncul judul, deskripsi, bahan-bahan, cara memasak, dan foto. Usahakan sudah mengisi semuanya, kemudian klik Upload Resep. 

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajaDok. IDN TImes

Selanjutnya, resep kreasimu akan muncul di menu Dashboard pada lama Akun. Kamu bisa mengecek apakah resepmu sudah disetujui atau tidak. Nantinya, resep yang berhasil publish akan muncul di laman Disetujui. 

Untuk status Ditinjau, artinya resepmu masih diproses. Sedangkan, laman Revisi menunjukkan ada bagian yang harus diperbaiki. 

Aplikasi Ini Jadi Inspirasi Masak Enak dan Sehat Selama #dirumahajaDok. IDN TImes

Untuk mengecek poin yang kamu dapatkan setelah berhasil publish resep, bisa dilihat pada laman Dashboard bagian Yummy Point. Setiap resep yang berhasil publish akan mendapatkan 100 poin atau setara Rp10 ribu. Bisa juga mendapatkan poin lebih, kalau kamu mengikuti promo yang sedang berlangsung. 

Sebelum reedeem poin, jangan lupa mengisi laman Akun Bank yang dilengkapi dengan foto rekening, KTP, nama pemilik akun, nomor rekening, nomor KTP, serta nama dan cabang bank. 

Nah, sekarang gak perlu bingung lagi mau melakukan apa saat #dirumahaja, kan?  Dengan masak setiap hari, dijamin gak akan bosan berkegiatan di rumah.

Makanannya lebih sehat, hemat bujet, dapat uang pula, ya kan? #MasakItuGampang kok! Jadi sudah kepikiran mau masak apa untuk besok? 

Baca Juga: 5 Kreasi Durian Paling Enak ala Yummy, Bikin Langsung Jatuh Cinta

yummy-banner

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya