Comscore Tracker

Ternyata Pisang Kurang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini Lho Alasannya

Padahal bikin kenyang ya

Selama ini, pisang dianggap sebagai buah yang ideal dimakan pagi hari untuk sarapan. Selain praktis, pisang bisa membuat kita cepat kenyang dan memberikan energi yang cukup. Namun, nyatanya hal tersebut dibantah Dr. Daryl Gioffre, pembuat diet AlkaMind asal Amerika Serikat.

1. Tingginya kandungan gula dalam pisang bisa berbahaya

Ternyata Pisang Kurang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini Lho Alasannyascmp.com

Ia mengatakan kandungan gula tinggi dalam pisang justru bisa mengganggu  metabolisme. "Kandungan buah pisang adalah 25 persen gula. Mungkin glukosa bisa memberi energi dengan cepat, tapi tak lama kemudian kita akan merasa lapar lagi," katanya seperti dilansir Byrdie.com.

Alasan lainnya, karena saat gula dikonsumsi dalam bentuk apa pun (termasuk gula alami) akan mengalami proses fermentasi, berubah jadi asam dan alkohol. Hal ini bisa menyumbat sistem pencernaan.

Baca juga: Duh, Ini 7 Kesalahan Fatal Menggunakan Pisau yang Jarang Kita Sadari

2. Hanya makan pisang dalam perut kosong bisa menghilangkan gizi

Ternyata Pisang Kurang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini Lho AlasannyaNationalgeographic.com

Seperti yang kita tahu, pada umumnya pisang punya kandungan yang baik untuk tubuh. Di antaranya seperti potassium, magnesium, dan serat. Namun, Daryl Gioffre mengatakan banyak manfaat gizi pisang yang hilang kalau tak diseimbangkan dengan lemak sehat. 

Ia menyarankan untuk tidak makan pisang saja atau menyantapnya setelah makan berat. Hal ini bisa mengakibatkan lonjakan insulin hingga berimbas pada peradangan dan kenaikan berat badan.

3. Kombinasi yang pas untuk makan buah pisang

Ternyata Pisang Kurang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini Lho Alasannyawellplated.com

Bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali makan buah pisang saat sarapan. Sebaiknya kombinasikan pisang dengan  bahan makanan lain yang bisa menetralkan asam dan memperlambat lonjakan gula darah.

Sejumlah bahan yang bisa ditambahkan dengan olahan pisang antara lain chia seed, kacang almond mentah, mentega kelapa, minyak kelapa, kayu manis, dan kunyit. 

Selain itu, bisa juga tambahkan pisang dan selai kacang di atas roti bakar, atau mengolah pisang jadi smoothies dengan campuran oatmeal dan plain yogurt. Dengan begini, dijamin kamu bisa kenyang sampai siang dan bisa mendapatkan gizi seimbang saat sarapan.  

Baca juga: 12 Kreasi Unik Pisang Ini Bikin Ngakak, Gak Tega Mau Makan

 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya