Comscore Tracker

Awas, Ini 4 Bahaya Makan Makanan Panas dan Dingin Secara Bergantian!

Hentikan segera kalau gak pengin sakit

Gak ada yang mengalahkan nikmatnya sensasi menyantap makanan panas ditemani segelas es teh atau minuman dingin lainnya. Apalagi kalau makanan yang lagi kita konsumsi berkuah dan punya rasa pedas, seperti seblak. Wah, segarnya bisa berlipat-lipat deh.

Tapi tahu gak, ternyata kebiasaan makan makanan panas dan minuman dingin secara bergantian bisa menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan lho, terutama pada gigi. Seperti empat masalah di bawah ini.

1. Kerusakan lapisan dentin

Awas, Ini 4 Bahaya Makan Makanan Panas dan Dingin Secara Bergantian!Unsplash.com/Matthew Poetker

Salah satu organ yang paling terdampak akibat kebiasaan tersebut adalah gigi. Hal ini bisa menyebabkan pergerakan cairan pada tubulus dentin gigi, karena perubahan suhu. Dentin merupakan lapisan dalam gigi yang bersinggungan dengan ujung-ujung saraf.

2. Pelemahan saraf gigi

Awas, Ini 4 Bahaya Makan Makanan Panas dan Dingin Secara Bergantian!Pixabay.com/rgerber

Jika lapisan dentin terkena paparan perubahan suhu ekstrem secara terus menerus, saraf serta jaringan lunak gigi lainnya bisa mengalami pelemahan. Hal ini menyebabkan daya tahan jaringan gigi terus menurun dan terganggu. Keadaan tersebut bisa diperparah karena konsumsi makanan mengandung erosi seperti asam.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Gigi Berlubang, Sebelum Ngilu dan Sakitnya Menyiksamu

3. Menyebabkan gigi sensitif

Awas, Ini 4 Bahaya Makan Makanan Panas dan Dingin Secara Bergantian!talkdentist.com

Kebiasan itu juga menggiring kita ke dalam keadaan gigi sensitif. Saat makan makanan panas, dingin, atau manis, gigi akan langsung terasa ngilu yang sangat tajam. Meski dalam durasi yang tak lama, tentu saja ini mengganggu kalau terjadi berulang kali tiap kita makan.

4. Masalah pencernaan

Awas, Ini 4 Bahaya Makan Makanan Panas dan Dingin Secara Bergantian!drbrighten.com

Minum es setelah menyantap makanan panas juga dapat berdampak negatif terhadap sistem pencernaan. Perubahan suhu ekstrem dari panas ke dingin yang terjadi dalam waktu cepat adalah penyebabnya. Suhu dingin yang masuk ke tubuh dapat mengubah konsistensi makanan yang kita makan, sehingga lebih sulit untuk dicerna.

Saat makan makanan panas, usahakan minum dengan suhu normal atau hangat. Bukan berarti kita tak bisa sama sekali minum minuman dingin setelah makan, tapi tunggu beberapa saat setelah makan hingga suhu tubuh netral kembali.

Baca Juga: Ini 12 Cara Alami dan Mudah Memutihkan Gigi, Tanpa Perlu Bleaching! 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya