Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Cepu Ini Wajib Kamu Coba!

Bikin ingat terus sama Kota Cepu deh!

Ada yang belum tahu Cepu? Cepu merupakan kota kecil yang terletak di perbatasan Bojonegoro dan Blora, Jawa Tengah. Meski hanya sebagai kota kecamatan, Cepu memiliki potensi yang tidak bisa dianggap remeh. Terbukti dengan adanya wilayah pengeboran minyak yang membuat Cepu menjadi terkenal.

Kota ini tak hanya menyuguhkan wisata alam yang ciamik, tapi juga wisata kuliner yang akan memanjakan lidah. Apa saja itu?

1. Serabi khas Cepu

5 Kuliner Khas Cepu Ini Wajib Kamu Coba!instagram.com/christinaveny

Kalau di daerah lain, kita akan menjumpai kue serabi dengan berbagai topping, maka di Cepu ada serabi dengan topping parutan kelapa. Selain rasanya yang gurih, kue ini terhitung cukup ramah di kantong. Hanya dengan merogoh kocek Rp2.000 per bungkus, maka serabi ini bisa kita nikmati kala sarapan pagi.

2. Sego pecel Mbah Ribut

5 Kuliner Khas Cepu Ini Wajib Kamu Coba!sego-pecel-mbah-ribut.business.site

Selain serabi yang bisa dinikmati kala pagi, sego pecel mbah Ribut bisa menjadi alternatif lain. Ada satu ciri khas sego pecel di kota minyak Cepu, yaitu sambel pecelnya yang benar-benar pedas dan berbagai sayuran lengkap termasuk kembang turi.

Sego pecel Mbah Ribut sudah melegenda di kalangan masyarakat Cepu. Belum lengkap rasanya jika ke Cepu tapi belum menyicipi sego pecel fenomenal ini. Untuk menikmatinya, cukup dengan Rp5.000 per porsi dengan lauk tempe. Adapun untuk lauk babat harganya sekitar Rp10.000.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terus

3. Lontong opor pak Pangat

5 Kuliner Khas Cepu Ini Wajib Kamu Coba!inibaru.id

Bagi kalian penyuka pedas, Lontong Opor Pak Pangat akan memanjakan lidah. Aroma kuah santannya menggoda selera. Tak hanya itu, bumbu rempah yang melimpah dan cabai rawitnya pun terasa mantap. Tak heran jika warung lontong opor ini selalu dipadati pengunjung sampai-sampai kita harus booking sehari sebelumnya untuk menikmati kuliner lezat satu ini.

Warung lontong opor Pak Pangat ini terletak di desa Ngloram, kira-kira 30 menit dari pusat kota Cepu. Untuk sebuah masakan kaya dengan cita rasa, jarak tempuh tersebut tidak mengecewakan.  

Satu porsi lontong opor ini dihargai Rp18.000. Cukup murah, bukan?

4. Egg roll waluh

5 Kuliner Khas Cepu Ini Wajib Kamu Coba!pegimakan.id

Namanya saja egg roll waluh, maka tentu saja kuliner ini terbuat dari waluh atau labu merah. Egg roll waluh banyak diminati khalayak, alasannya karena teksturnya yang lembut tapi tetap renyah. Berbeda dengan kue semprong, egg roll waluh lebih banyak menggunakan telur demi terjaganya kelembutan rasa. 

Egg roll waluh tersedia dalam berbagai variant rasa, di antaranya rasa original, melon, stroberi, wijen, keju, durian, nangka, nanas, coklat, kacang ijo, pandan, jambu biji, susu, pisang, ketela, vanilla dan kelapa muda. 

Masalah harga, cukup murah yaitu sekitar Rp15.000 per kotaknya. 

5. Kopi kothok

5 Kuliner Khas Cepu Ini Wajib Kamu Coba!lintaskopi.com

Pernah mendengar kopi kothok? Mungkin terdengar asing, tapi bagi penggemar kopi rasanya tak lengkap kalau belum mencoba kopi kothok.

Kopi yang biasa kita minum, biasanya disajikan dengan menambahkan air panas dan gula ke dalam cangkir berisi kopi. Tapi tidak dengan kopi kothok. Ia direbus di dalam wadah khusus bersama gula. Aroma wanginya yang khas akan membuat siapa saja tergoda. 

Secangkir kopi kothok ini bisa dinikmati hanya dengan Rp3.000 yang warungnya bisa kita jumpai di sepanjang jalan Kota Cepu.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Bekasi, Siap Memanjakan Lidahmu!

Renita Photo Writer Renita

A keep-learning mommy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya