Comscore Tracker

5 Resep Cara Membuat Donat yang Enak dan Mudah untuk Ditiru!

Gak bingung harus delivery order

Ngemil donat saat santai memang enak banget, apalagi ditemani secangkir kopi atau teh. Jadi kudapan spesial, terutama saat musim hujan seperti ini nih. Sayangnya kalau sudah hujan, kita jadi sulit pergi ke mana-mana. Mau pesan antar makanan pun susah. 

Daripada keburu ngidam tapi nunggu hujan gak kelar-kelar, mending kita bikin sendiri kreasi donat sesuai selera kita. Gampang kok, Berikut IDN Times kasih resep cara membuat donat yang enak dan mudah buat di contek, simak yuk!

1. Donat kentang

5 Resep Cara Membuat Donat yang Enak dan Mudah untuk Ditiru!unileverfoodsolutions.co.id

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 buah kentang, direbus, lalu ditumbuk hingga halus
  • 250 gram tepung terigu
  • 1/2 bungkus fermipan
  • 2 kuning telur
  • 1 sendok makan mentega, cairkan
  • 1 sendok gula pasir
  • susu bubuk secukupnya

Cara membuat donat kentang:

  • Campur semua bahan ke dalam mangkuk dan diuleni hingga kalis (tidak lengket di tangan) dan elastis. 
  • Kemudian tutupi mangkuk dengan kain basah hingga mengembang (kira-kira setengah sampai satu jam)
  • Bentuk adonan menjadi donat, jika ingin rapi bisa menggunakan cetakan. Ulangi hingga semua adonan selesai dibentuk.
  • Goreng di minyak panas, angkat dan hias sesuai selera.
  • Donat kentang siap disajikan selagi hangat.

2. Donat ala J.CO

5 Resep Cara Membuat Donat yang Enak dan Mudah untuk Ditiru!Berbagai sumber

Bahan pertama:

  • 220 gram tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi 
  • Garam secukupnya
  • 7 gram ragi instan
  • 150 ml air mineral

Bahan kedua :

  • 50 gram tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi
  • 1 butir telur, kocok hingga berbusa
  • 15 gram susu bubuk full cream 
  • 30 gram gula pasir
  • 30 gram mentega putih

Cara membuat donat ala J.CO:

  1. Ayak tepung bahan pertama dan kedua hingga benar-benar halus dan bebas dari kotoran.
  2. Masukkan bahan pertama (tepung, ragi, dan garam) ke dalam mangkuk, aduk hingga rata.
  3. Tambahkan air ke dalam adonan bahan pertama, aduk hingga rata.
  4. Tutup mangkuk dengan kain dan diamkan selama 90 menit agar mengembang sempurna.
  5. Masukkan bahan kedua (tepung, telur, susu bubuk, gula pasir, dan mentega putih) ke dalam mangkuk adonan pertama. Aduk hingga rata atau uleni dengan menggunakan tangan hingga kalis dan elastis.
  6. Tutupi mangkuk dengan kain dan diamkan selama 15 menit agar mengembang sempurna.
  7. Bentuk adonan menjadi donat, jika ingin rapi bisa menggunakan cetakan. Ulangi hingga semua adonan selesai dibentuk, lalu diamkan kembali selama 10 menit.
  8. Selagi menunggu, kamu bisa memanaskan minyak dulu.
  9. Masukkan adonan ke dalam minyak. Selama proses penggorengan gunakan sumpit untuk memutar mutar donat supaya lubang tengahnya terbentuk sempurna.
  10. Donat ala J.CO siap disantap, deh!

3. Donat isi selai

5 Resep Cara Membuat Donat yang Enak dan Mudah untuk Ditiru!yummymedley.com

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan ragi instant
  • 2 sendok makan margarin
  • 100 gram selai sesuai selera
  • 50 ml air
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara membuat donat isi selai:

  • Campur tepung terigu dan ragi instan hingga rata.
  • Tambahkan gula pasir, telur, margarin dan air, aduk semua hingga rata.
  • Uleni adonan hingga kalis dan tidak menempel di tangan.
  • Tutup adonan dengan serbet bersih dan diamkan selama satu jam. Tunggu hingga adonan mengembang dua kali ukuran semula.
  • Jika sudah mengembang, kempiskan adonan dengan cara menekannya dengan genggaman tangan.
  • Ambil sekitar 10 gram dari adonan untuk dibentuk bulat, lalu pipihkan. Isi dengan selai kemudian bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan selama 15-20 menit.
  • Goreng donat dalam minyak memakai api sedang. Tunggu hingga donat berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  • Setelah dingin, berikan taburan gula di atasnya.
  • Donat isi selai siap dihidangkan.

Baca Juga: 4 Resep Kue Putri Salju, Enak Tanpa Harus Beli Mahal-mahal

4. Donat mini

5 Resep Cara Membuat Donat yang Enak dan Mudah untuk Ditiru!cookingclassy.com

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung terigu cakra
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh fermipan
  • 1 butir telur
  • susu cair secukupnya
  • 3 sendok makan mentega
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat donat mini:

  1. Campur tepung terigu, gula, dan fermipan. Masukkan telur, aduk hingga rata. 
  2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan kalis (hentikan pemberian susu jika adonan sudah kalis).
  3. Tambahkan mentega. Uleni kembali hingga adonan kalis dan elastis. Tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 45 menit. 
  4. Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Bentuk adonan menjadi donat berukuran kecil atau gunakan cetakan donat. 
  5. Diamkan dulu selama 15 menit sebelum digoreng pada minyak panas.
  6. Goreng satu bagian hingga menguning, lalu balik hingga semua bagian berwarna kuning keemasan.
  7. Beri topping sesuai selera.

5. Donat warna-warni

5 Resep Cara Membuat Donat yang Enak dan Mudah untuk Ditiru!asubtlerevelry.com

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus ragi instan
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 kuning telur
  • 100 gram mentega
  • 250 ml susu cair

Bahan untuk topping:

  • 800 gram mentega putih
  • 1 sendok makan margarin
  • 200 gram gula salju
  • 2 sendok makan sirup aneka rasa

Cara membuat donat warna-warni:

  1. Campur tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder dan garam, aduk dengan tangan.
  2. Tambahkan kuning telur, uleni hingga berbentuk butiran halus.
  3. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan mentega, uleni lagi dengan gerakan memutar, sesekali banting adonan. Lakukan hingga adonan licin dan kalis, kurang lebih 15 menit.
  5. Kumpulkan adonan menjadi satu dalam baskom. Tutupi dengan kain bersih, diamkan selama satu jam.
  6. Pukul adonan hingga udara keluar, lalu bagi adonan menjadi 30 bagian. Bentuk bulatan seperti bola, diamkan lagi selama 10 menit.
  7. Lubangi masing-masing adonan, untuk hasil terbaik, lakukan dengan tangan.
  8. Goreng donat dalam minyak panas menggunakan api kecil atau sedang. Goreng satu bagian hingga menguning, lalu balik hingga semua bagian berwarna kuning keemasan.
  9. Angkat, tiriskan dan tunggu hingga dingin.
  10. Untuk membuatnya terlihat warna-warni, cairkan mentega hingga leleh, tambahkan sirup dan gula salju. Aduk hingga rata.
  11. Tuang campuran tersebut dalam wadah yang lebar, aduk lagi.
  12. Ambil donat dan celupkan ke dalamnya. Nikmat banget, kan?

Nah, gimana resep cara membuat donat yang enak? Gak ribet, kan? Sekarang kamu bisa menikmati kreasi donat sepuasnya di rumah sambil nonton film. Gak perlu kelaparan saat hujan, deh!

Baca Juga: Resep Kue Nastar dan Cara Membuatnya dengan Mudah di Rumah

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You