Comscore Tracker

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favorit

Pengin berhenti, tapi gimana caranya?

Pernah gak sih kamu kepikiran untuk mengatur pola makan sehat? Tidak mudah memang, tapi hal ini bisa menjadi investasi untuk masa tuamu nanti. Banyak penghalang untuk memulainya, terutama jika tergoda makanan cepat saji.

Seakan-akan tak ada kenyangnya, kita bisa menghabiskan banyak porsi untuk terus membelinya. Padahal kebanyakan makanan yang mereka sajikan kurang baik bagi tubuh kita.

Melansir dari blog.paleohacks.com, ada beberapa alasan mengapa makanan tersebut dirasa kurang sehat. Mulai dari jumlah kalori yang berlebihan, bahannya yang mungkin berkualitas rendah, asupan gula berlebihan, lemak trans, dan masih banyak lagi yang lainnya. Contohnya seperti beberapa di bawah ini.

1. Meat lover’s, Pizza Hut

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favoritpizzadonairhub.com

Varian menu satu ini cukup populer di Pizza Hut. Sayangnya, kamu harus "tahu diri" ketika mengonsumsinya. Sebab, satu iris pizza Meat Lover's mengandung 210 kalori, lemak 12 gram, dan sodium 540 miligram.

Mengingat tingginya kalori yang dikonsumsi, kamu membutuhkan olahraga cukup keras untuk bisa membakaranya. Hal ini berguna supaya kamu terhindar dari bahaya obesitas, masalah jantung, bahkan diabetes.

2. Triple whopper with cheese, Burger King

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favoritla.eater.com

Dari nama menunya saja, kamu pasti sudah paham seberapa banyak daging yang akan kamu makan. Menu ini mengandung 1.230 kalori, lemak 32 gram, lemak trans 2 gram, dan sodium 1.550 gram. Angka tersebut tentu sudah melonjak jauh dibandingkan seiris pizza, kan?

3. White hot chocolate, Starbucks

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favoritthedailybeast.com

Starbucks menjadi salah satu gerai kopi paling favorit saat ini. Tapi, tahukah kamu kandungan gizi dalam sebuah cokelat hangatnya?

Menurut calorieking.com, segelas cokelat hangat tanpa whipped cream mengandung 563 kalori. Belum lagi adanya tambahan gula sebanyak 76 gram. Selain itu, minuman ini juga mengandung lemak 21 gram dan lemak jenuh sebanyak 13 gram.

4. Kentang goreng, McDonald's

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favoritinews.co.uk

Banyak orang yang menyukai kentang goreng dari McDonald's. Jika kamu salah satunya, lebih baik kamu rela menyantapnya secara bersamaan. Seporsi kentang goreng berukuran sedang mengandung 373 kalori, Lemak 17,6 gram, karbohidrat 48,7 gram, dan protein hanya 4,1 gram.

Baca Juga: 7 Menu Fast Food yang Enak tapi Rendah Kalori, Ada Kesukaanmu?

5. Kebab

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favoritbbc.com

Siapa yang gemar menyantap makanan khas Timur Tengah saat malam hari? Makanan ini memang cukup fleksibel karena isiannya bisa kita atur sesuai selera. Seporsi kebab pada umumnya biasanya mengandung 620 kalori.

Gak heran sih, jumlah daging kambingnya cukup melimpah. Adapun kandungan gizi dalam satu porsi kebab antara lain lemak 16,63 gram; karbohidrat 77,1 gram; dan protein 37,87 gram. 

6. Ayam goreng, KFC

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya FavoritIDN Times/Reza Iqbal

Sulit rasanya menolak kelezatan dari renyahnya ayam goreng KFC. Di saat "khilaf", mungkin kita rela membeli bucket ayam untuk camilan, ya gak?

Perlu diketahui, untuk seporsi ayam goreng dada KFC mengandung 520 kalori. Menurut fatsecret.co.id, kandungan gizinya antara lain lemak 34 gram, 6 gram lemak jenuh, 100-120 miligram kolesterol, 1.100 miligram sodium, dan 39 gram protein.

7. Double cheeseburger, Carls Jr

7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favoritbrandeating.com

Melansir dari laman resminya, menu ini mengandung 390 kalori. Disajikan dalam ukuran 171 gram, menu ini mengandung lemak 19 gram, lemak jenuh 8 gram, kolesterol 60 gram, karbohidrat 37 gram, dan sodium 860 mg. Burger favoritmu dari franchise mana, nih?

Sebenarnya tujuh makanan di atas tidak buruk, selama kamu bisa mengatur pola makanmu. Sebab turun atau naik berat badan kita tergantung kalori yang keluar dan masuk. Meski demikian, banyak faktor lainnya yang mempengaruhi kesehatanmu, seperti kolesterol, asupan gula, garam, dan sebagainya. 

Baca Juga: 5 Menu Fast Food bagi Vegetarian Ini Kalorinya Lebih Besar dari Daging

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya