Comscore Tracker

5 Jenis Pisau Meja yang Wajib Diketahui, Memiliki Fungsi Berbeda!

Pisau meja itu apa sih?

Pisau adalah alat yang terpintas pertama kali di pikiran kebanyakan orang saat memikirkan peralatan dapur. Sering kali pisau dikatakan senjata utama dalam memasak karena fungsinya. Namun orang-orang secara umum tidak mengetahui ada banyak sekali jenis pisau.

Karena banyaknya jenis pisau tadi, pisau dimasukan kedalam beberapa kategori. Salah satunya adalah pisau meja, pisau meja merupakan peralatan makan yang termasuk kedalam pengaturan meja. Pisau ini biasanya memiliki satu sisi tajam dengan ketajaman sedang karena diperuntukan untuk memotong masakan jadi yang sudah dimasak. Bagi kalian yang ingin tahu apa saja jenis-jenis pisau meja, berikut ini daftarnya!

1. Pisau Mentega (Butter Knives) 

5 Jenis Pisau Meja yang Wajib Diketahui, Memiliki Fungsi Berbeda!countryliving.com

Bagi kalian yang sering kesulitan saat ingin mengoleskan mentega, pisau ini sangat cocok untuk dimiliki. Pisau mentega memiliki tepian tumpul dan bulat sehingga tidak akan merobek roti saat digunakan untuk mengoleskan mentega.

Pisau ini tidak hanya dapat digunakan untuk menyebarkan mentega saja, namun dapat digunakan juga untuk selai atau toping lain.

2. Pisau Makan Malam (Dinner Knives) 

5 Jenis Pisau Meja yang Wajib Diketahui, Memiliki Fungsi Berbeda!pexels.com/RODNAE Productions

Pisau ini memiliki beberapa fungsi sehingga sering disebut pisau serbaguna. Biasa diberikan saat penyajian hidangan pembuka. Sehingga fungsi utama pisau ini adalah untuk memotong makanan pembuka seperti ikan dan sayur-sayuran.

Tidak hanya itu saja pisau makan malam juga biasa digunakan untuk memindahkan makanan, dan juga bisa digunakan sebagai pengganti pisau mentega. Karena dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi maka pisau ini layak untuk kalian miliki jika hanya ingin memiliki satu pisau saja.

3. Pisau Makanan Penutup (Dessert Knives) 

5 Jenis Pisau Meja yang Wajib Diketahui, Memiliki Fungsi Berbeda!unsplash.com/Aneta Voborilova

Setelah selesai memakan makanan utama biasanya pisau yang digunakan sudah kotor. Tujuan utama pisau ini disediakan adalah sebagai pengganti pisau utama yang sudah kotor tadi. Walaupun tidak ada perubahan besar dibanding pisau utama namun pisau makanan penutup biasanya memiliki ukuran lebih kecil.

Pisau makanan penutup digunakan untuk memakan makanan lunak seperti aneka jenis kue. sehingga sangat cocok bagi kalian yang menyukai makanan manis.

4. Pisau Ikan (Fish Knives) 

5 Jenis Pisau Meja yang Wajib Diketahui, Memiliki Fungsi Berbeda!webstaurantstore.com

Berbeda dengan pisau dapur yang digunakan untuk memotong ikan mentah, pisau ini digunakan untuk ikan yang sudah matang atau dimasak. Memiliki ukuran lebih kecil dari kebanyakan pisau, pisau ikan digunakan untuk menghilangkan tulang kecil dari potongan ikan yang halus.

5. Pisau Bistik (Steak Knives) 

5 Jenis Pisau Meja yang Wajib Diketahui, Memiliki Fungsi Berbeda!unsplash.com/Nadia Storm

Kebanyakan pisau meja memiliki ketajaman tumpul hingga sedang, namun berbeda dengan pisau bistik. Pisau ini memiliki ketajaman tinggi karena digunakan untuk memotong daging tebal yang tidak bisa dipotong dengan pisau makan malam. Umumnya pisau steak memiliki tepian bergerigi yang berfungsi untuk memudahkan saat memotong daging.

Nah, itu tadi adalah lima jenis pisau meja yang wajib kalian ketahui, apakah kalian pernah mencoba salah satunya?

Baca Juga: 5 Tips Cuci Alat Makan dengan Bersih, Gak Buang Banyak Waktu

Satrio Andiko Nurcahyo Photo Writer Satrio Andiko Nurcahyo

Seorang pelajar yang memiliki minat pada bidang kuliner, musik, dan video game.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya