Comscore Tracker

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Pengganti

Protein nabati bahkan lebih baik dari telur

Telur dikenal murah, enak, dan berprotein sehingga menjadi makanan sehari-hari yang disukai banyak orang. Namun bagi yang menjalani diet vegan atau memiliki alergi pada telur maka perlu mencari pilihan sumber protein lainnya.

Beruntungnya ada banyak sumber protein yang berasal dari tanaman. Bahkan ini memiliki protein yang lebih banyak dan sehat daripada telur. Apa saja?

1. Pistachio

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Penggantihealthline.com

Kacang pistachio tidak hanya enak namun mengandung protein yang lebih banyak daripada jenis kacang lainnya. Kita bisa mendapatkan sekitar 10 gram protein dari telur setara dengan sepertiga cup pistachio. Saat ini ada beragam jenis pistachio yang bisa dibeli dengan mudah baik online maupun offline.

2. Tofu

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Penggantithespruceeats.com

Tofu atau tahu yang berasal dari kacang kedelai mengandung banyak protein. Makanan ini juga mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, vitamin B, serat, potasium, dan magnesium. Mengukus tahu menjadi salah satu cara masak terbaik agar tetap bisa menjaga kandungan baik di dalamnya.

3. Oats

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Penggantiyogajournal.com

Tak hanya sebagai sumber karbohidrat, oats juga mengandung protein, serat, magnesium, dan zinc. Kandungan protein solid yang ada dalam oats bisa mengatur hiperglikemik. Menurut studi yang dirilis di Nutrients pada 2016, ini dapat merendahkan kadar gula dalam darah dan menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Pilihan Protein Nabati Bagi Kamu yang Puasa Namun Vegetarian

4. Spirulina Algae

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Penggantindtvimg.com

Nama Spirulina Algae lebih sering dikenal sebagai suplemen. Sering berbentuk bubuk, sumber protein yang satu ini dapat ditambahkan dalam minuman seperti smoothies atau susu alternatif yang terbuat dari tanaman. Setiap 1,76 ons Spirulina Algae mengandung 28 gram protein dengan kualitas tinggi, 400 mg omega-3, vitamin B, serta mineral lainnya.

5. Kacang lupin

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Penggantifoodtolive.com

Lupini beans atau kacang lupin termasuk jenis kacang-kacangan. Ini mengandung 7,8 gram protein untuk setiap 1,76 ons. Selain mengandung protein nabati, mengudap kacang lupin secara teratur juga dapat mengatasi tekanan darah rendah, meningkatkan sensitivitas insulin, serta mengubah bakteri baik dalam usus.

6. Biji labu kuning

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Pengganticolumbian.com

Biji labu kuning mengandung protein yang cukup banyak yaitu 15 gram protein setiap 7 sendok makan. Biji labu ini bisa dibeli mentah atau yang sudah dipanggang. Ini dapat dicampurkan dengan makanan lain seperti salad.

7. Selai kacang

Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Penggantijewel1067.com

Jika dibandingkan dengan telur dalam jumlah sama maka selai kacang mengandung lebih banyak protein. Selai kacang juga diketahui mengandung serat dan paling baik jika dimakan bersama dengan buah dan sayuran seperti irisan apel atau stik seledri.

Memakan sumber protein yang berasal dari tanaman disebut lebih sehat daripada protein hewani. Jadi tak ada salahnya untuk sesekali mengganti konsumsi telur dengan sumber makanan dari tanaman yang mengandung banyak protein, apalagi bagi yang alergi.

Sumber:

https://www.livestrong.com/article/13722532-plant-based-protein-foods/

https://www.popsci.com/plant-protein-healthier/

Baca Juga: Bosan dengan Susu Kedelai? Coba 5 Alternatif Susu Nabati Lainnya

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya