Comscore Tracker

5 Olahan Unagi, Ikan Sidat Khas Jepang yang Rasanya Istimewa

Dinikmati bareng sushi semakin sedap!

Sejenis ikan sidat asal Jepang, unagi bentuknya mirip belut. Bahan pangan ini mengandung banyak gizi dibanding ikan lainnya. Unagi banyak ditemukan di kolam air tawar Negeri Sakura tersebut. Diolah menjadi beberapa hidangan yang lezat.

Unagi sangat populer di kalangan wisatawan atau pencinta makanan Jepang. Mulai dari sushi hingga hitsumabushi atau nasi kuah teh, berikut lima olahan unagi yang banyak digemari dan menjadi favorit pencinta kuliner Jepang.

1. Unagi don

5 Olahan Unagi, Ikan Sidat Khas Jepang yang Rasanya IstimewaUnagi don (justonecookbook.com)

Unagi don adalah hidangan nasi khas Jepang dengan daging unagi yang dipanggang. Unagi don atau unagi donburi sangat lezat dimakan kapan saja. Sebelum unagi disajikan di atas donburi, biasanya dibumbui dengan saus tare terlebih dahulu. 

Saus tare dibuat dari campuran kecap asin, mirin, gula dan sake. Setelah dibumbui, unagi dipanggang di atas api hingga saus tare meresap ke dalam unagi

2. Unagi sushi

5 Olahan Unagi, Ikan Sidat Khas Jepang yang Rasanya IstimewaUnagi sushi (instagram.com/tokyoboyslv)

Seperti sushi lainnya, daging unagi disajikan di atas nasi dan diikat dengan nori atau rumput laut. Berbeda dari sushi Jepang pada umumnya yang menyajikan daging mentah.

Unagi sushi menggunakan daging unagi panggang sebagai isiannya. Selain itu, daging unagi juga dimasak dengan kecap asin dan lainnya. 

Makanan ini mudah ditemukan di restoran-restoran Jepang. Rasa istimewa dari unagi sushi tak akan pernah terlupakan selepas kamu mencicipinya. Saking enaknya, sih!

3. Kabayaki

5 Olahan Unagi, Ikan Sidat Khas Jepang yang Rasanya IstimewaKabayaki (instagram.com/yoshitakakohama)

Kabayaki unagi adalah sajian unagi panggang khas Jepang. Unagi dipanggang dengan saus yang dibuat dari kecap asin, mirin, sake, dan gula pasir atau biasa disebut tare. Hal ini membuat rasa unagi menjadi manis dan gurih. 

Di Jepang, kabayaki unagi dihidangkan dalam potongan yang panjang dan tak pernah dipotong kecil kecil. Jadi, jangan heran saat memesan kabayaki unagi, karena mangkukmu akan penuh nasi dengan daging unagi.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan dari Unagi, Ikan Sidat Mirip Belut dari Jepang

4. Shirayaki

5 Olahan Unagi, Ikan Sidat Khas Jepang yang Rasanya IstimewaShirayaki (instagram.com/saigongeek.4288)

Shirayaki unagi dimasak tanpa saus. Unagi yang sudah diasap disajikan bersama nasi yang terpisah. Selain itu, bisa juga langsung diletakkan di atas nasi atau disebut donburi. Rasa gurih shirayaki unagi berasal dari ikan sidat Jepang. 

Dalam hidangan shirayaki unagi, kualitas ikan sidat sangat mempengaruhi rasanya. Di Jepang, shirayaki unagi disajikan bersama wasabi atau saus khas Jepang dan shoyu atau kecap asin Jepang. 

5. Hitsumabushi

5 Olahan Unagi, Ikan Sidat Khas Jepang yang Rasanya IstimewaHitsumabushi (justonecookbook.com)

Hitsumabushi adalah hidangan unagi yang disajikan dengan kuah teh. Teh disiramkan ke dalam semangkuk nasi saat akan disantap. Hidangan ini terbilang unik dan sering dikatakan mirip ochazuke atau nasi siram khas Jepang. Bedanya unagi di dalam hitsumabushi tidak dipotong kecil.

Makanan ini menjadi salah satu menu unagi paling populer di Jepang. Selain rasanya, tapi juga karena keunikannya yang menarik perhatian. Meski cukup unik, banyak wisatawan yang menyukai hidangan unagi ini, lho. 

Enak dengan rasa istimewanya yang khas banget, kan? Kelima olahan berbahan unagi di atas wajib banget kamu cobain saat berkunjung ke Negeri Sakura. Dijamin kelezatannya bikin gagal move on, deh!

Baca Juga: 5 Makanan Pendamping Khas Jepang yang Sayang untuk Dilewatkan

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya